Daftar Film 2018 (Agustus-November)

38. Mission Impossible: Ghost Protocol

39. Mission Impossible: Rogue Nation

Nonton ulang seri Mission Impossible gara-gara banyak yang bilang film Mission Impossible: Fall Out berhubungan dengan seri sebelumnya. Jadi sebelum nonton Fall Out, nonton ulang GP dan RN untuk menyegarkan ingat. Ngomong-ngomong, kedua film Mission Impossible ini cukup menghibur untuk ditonton ulang.

40. Mission Impossible: Fall Off

Nonton di IMAX, kepuasan terasa maksimal. Semua adegan aksi lebih terasa tegang dan mencekam, Tom Cruise emang gila-gilan nekad. Salah satu film action paling seru yang pernah saya tonton. Film ini memang lebih maknyuss kalau nonton pakai sistem IMAX, sampai-sampai pas kebelet pengen pipis di tengah seru-serunya Tom Cruise beraksi, rela ditahan karena gak mau kehilangan momen ketegangan.

41. Trinity, The Nekad Traveler

Entah apa yang ingin diutarakan film ini karena isinya absurd, seabsurd Rizal Mantovani mengarahkan beberapa anak muda mendaki gunung Semeru lalu tiba-tiba jadi nasionalis dadakan.

Satu-satunya kelebihan film ini adalah Maudy Ayunda yang cantik, tetap cakep secakep-cakepnya dengan busana keren dan full make-up walau sedang travel ke daerah-daerah yang biasanya dijelajahi para petualangan, dengan kaos oblong dengan wajah lelah tapi puas.

42. Bleach

Lumayan, layak tonton walau gak bisa dibilang memuaskan.
Silahkan baca review lengkapnya di sini

43. Ploey – You Never Fly Alone

Nonton bareng si bocil. Dari awal udah sadar kalau animasi ini bukan buatan hollywood, ternyata setelah dicek buatan Islandia (Iceland). Plot sangat sederhana dengan konklusi yang juga sederhana. Lumayan membuat si bocil terhibur.

44. Posesif

Ditonton gara-gara film ini masuk nominasi film terbaik FFI 21017 dan jadi kontroversi karena memiliki nominasi untuk 10 kategori.

Filmnya sendiri lumayan bagus, intrik dan thrillernya juga berjalan dengan mulus. Yang paling menonjol adalah akting 2 pemeran utamanya yaitu Adipati Dolken dan Putri Marino. Untuk penyutradaraannya sendiri walaupun bagus menurutku tidak luarbiasa untuk jadi pemenang sutradara terbaik FFI 2017.

45. The Meg

Jaws KW ke-sekian demi jualan hiburan.
Menghibur? O ya jelas menghibur dan seru  dengan plot khas film kelas B, tapi jangan dipikirin kenyataan latar saintifik film layaknya film dokumenter.

46. Skycraper

Lagi-lagi film hiburan buat dinikmati sambil mematikan fungsi otak.

Lakban (duck tape) buat aksi memanjat gedung tinggi? Tom Cruise aja pake sarung tangan khusus untuk memanjat Burj Kalifa, pake lakban itu mission im-im-im-im-im-impossible

Polisi bego nuduh ibu sengaja membiarkan anaknya dikepung api sementara suaminya yang jelas-jelas bertaruh nyawa menyelamatkan anaknya sebagai tipu muslihat? Itu karakter polisi bego mending ditiadakan aja, toh tidak mengganggu plot film.

dan terakhir, The Rock dalam film hampir semuanya nyaris. Nyaris jatoh lah, nyaris kena tembak lah, nyaris ketimpa tiang lah, bahkan Bruce Willis yang susah mati itu aja kalah die hard sama The Rock.

Yang menarik dalam film ini, tokoh utamanya penderita cacat yang harus menggunakan kaki palsu. Tentu saja hal ini untuk menambah ketegangan, tapi tetap saja harus diapresiasi karakterisasi tokoh utama seorang jagoan yang menderita cacat fisik.

47. Greatest Showman

Plot klise tapi saya selalu suka film musikal.
Adegan musikalnya keren dan untuk hal ini saja saya sudah melupakan kurangnya pengolahan karakter para anggota sirkus pimpinan P.T. Barnum yang mentok cuma sekedar orang aneh yang ingin dihargai sebagai manusia.
Oh, saya sudah baca biografi tentang Barnum, jadinya rada meh menonton betapa mulianya karakter Hugh Jackman “menolong” orang-orang yang direkrut untuk tampil di arena sirkusnya.

48. Detective Dee: The Four Heavenly Kings

Entah kenapa Tsui Hark doyan bikin serial Di Renjie yang diplot sebagai detektif era dinasti Tang. Film pertamanya bagus, lalu muncul prequel The Rise of Sea Dragon yang tak perlu. Sekarang muncul lagi sequel dan prequel tersebut.

Film ini bisa dibilang lanjutan dari The Rise of Sea Dragon yang menampilkan tiga sekawan tak akur Di Renjie sang detektif, Shatuo si tabib, dan Yuchi Zhengjin sang pengawal kaisar, bekerja sama memecahkan misteri demi menyelamatkan kaisar dan permaisuri.

Seperti halnya film prequelnya, film ini juga sarat dengan efek CGI tanggung, plot misteri yang tidak bikin penasaran dan gaya menyelidik Di Renjie a la Sherlock Holmes era Tiongkok kuno.

Hasilnya ya biasa saja, malah saya lebih suka film The Thousand Faces of Dunjia yang diproduseri oleh Tsui Hark.

49. Big Brother

Donnie Yen tampil sebagai mantan tentara Amerika yang pulang ke Hongkong dan mengajar di SMA tempat dia bersekolah sebelum pergi ke Amerika dan jadi tentara di sana.

Maunya sih film ini bergaya Dangerous Mind a la Hongkong, tapi ya semuanya serba tanggung. Dramanya klise, isu pendidikan yang dibahas juga tanggung, bahkan adegan aksi juga tanggung. Walau Kenji Tanigaki (yang bikin koreografi untuk Ruruoni Kenshin) berhasil mengkoreografi adegan tarung dengan baik, dengan hanya ada 2 adegan berantem di sepanjang film, tentunya membuat penggemar Donnie Yen kurang puas.

50. Sicario 2: Soldado

Film bagus, tapi tidak seistimewa prequelnya. Akting keren duo del Toro – Brolin dan kebrutalan aksi mereka masih jadi sajian utama.

51. Mojin: The Lost Legend

Tomb Rider versi China, lengkap dengan bongkar kuburan kuno a la fengsui dan 8 diagram bagua. Lumayan sih walau kadang rada lebay, tapi spesial efek a la China gak jelek-jelek amat. Btw, ada Shu Qi main jadi Chinese Lara Croft buat obat kangen.

52. Ant-man and the Wasp

Agak dragging dan membosankan dibanding prequelnya, komedinya juga tak selucu film pertamanya gara-gara tokoh yang dimainkan Michael Pena tak semenonjol film sebelumnya. Tapi layaknya kacang goreng, film ini masih menghibur kalau gak ngantuk pas nonton.
Kejutan: Michelle Pfeiffer!

In Memoriam My Father

———————————-

Mengenang Ayahku

Muhamad Jusuf bin Denan bin Hasan

(8 Januari 1943 – 25 Oktober 2018)

Continue reading ‘In Memoriam My Father’

Condor ( Serial TV 2018 )

Condor-Posters

Plot

Joe Turner (Max Irons), lulusan terbaik MIT,  direkrut pamannya Bob (William Hurt) untuk menjadi analis CIA.

Semakin lama bergelut dengan CIA, Joe yang idealis semakin merasa tak nyaman karena aksi CIA sering kali berlawanan dengan idealismenya. Hingga suatu hari program buatannya untuk mendeteksi aksi terorisme dipakai CIA dan berhasil mencegah teror yang berpotensi membunuh ribuan jiwa dalam DC Stadium yang penuh penonton.

Terlalu bersemangat mengungkap siapa orang dibalik teror tersebut malah membuat tim analis CIA tempat Joe bekerja didatangi pembunuh. Berhubung hanya Joe yang lolos hidup-hidup dari pembantaian di kantor analis CIA, Joe jadi buruan CIA yang menuduhnya terlibat pembantaian sekaligus juga diburu pihak yang tak mau plot terorisme mereka dibongkar oleh Joe.

Continue reading ‘Condor ( Serial TV 2018 )’

BLEACH (2018)

Bleach_2018_0420_01

Plot

Mengambil adaptasi dari story arch pertama manga Bleach, film ini memperkenalkan tokoh utama Ichigo Kurosaki (Sota Fukushi), seorang anak SMA yang tanpa sengaja mendapat transfer kekuatan shinigami dari Rukia Kuchiki (Hana Sugisaki) agar bisa menyelamatkan adiknya dari serangan makhluk halus jahat yang disebut Hollow. Rukia terpaksa menetap di dunia manusia sambil menunggu Ichigo mampu mengendalikan kekuatan shinigami dan mengembalikannya kekuatan tersebut ke Rukia.

Di dunia Shinigami, Byakuya Kuchiki (Miyavi) kakak Rukia menyuruh anak buahnya Renji Abarai (Taichi Saotome) untuk mencari dan menjemput Rukia yang menghilang di dunia manusia.

Sementara itu Hollow dengan kekuatan tak biasa bernama Grand Fisher muncul mengincar keluarga Kurosaki.

Continue reading ‘BLEACH (2018)’

Daftar Film 2018 (April – Juli)

16. Golden Slumber

Adaptasi novel thriller Jepang yang juga pernah diadaptasi menjadi film Jepang di tahun 2010.

Secara ini film Korea, tentu saja bisa ditebak efek melodrama naik level beberapa derajat dibanding adaptasi versi film original Jepangnya yang reviewnya pernah kutulis 8 tahun yang lalu.

Ada beberapa detail perubahan yang tidak ditemukan di versi original dan memang lebih masuk akal versi Korea ini. Orang yang menolong Aoyagi ada 2 orang yaitu seorang serial killer aneh Kill-O dan boss Yakuza dengan motif tak diketahui, sedangkan versi Korea ini hanya satu orang yang menolong Kim Gun-woo yaitu Mr. Min, mantan agen pemerintah yang membelot.

Dari sisi adegan aksi, terus terang saja versi Korea lebih menarik dan seru. Tapi kalau dilihat dari segi penggarapan sutradara, versi Jepang lebih unik karena penonton ditempatkan sebagai si tersangka yang kebingungan harus melarikan diri. Kalu di versi Korea ini, seluruh kebingunan dijabarkan dengan jelas sehingga penonton tinggal menikmati film tanpa harus susah mikir.

Gang Don-won bermain bagus sebagai orang lugu yang gampang dimanfaatkan orang lain, sayangnya tokoh polisi yang mengejarnya tak mendapat porsi sebanyak counterpart-nya di versi Jepang.

Lumayan buat ngisi waktu luang koq, selain menghibur juga pelipur kangen bagi fans cewek yang kangen sama Gang Dong-won.

17. Fullmetal Alchemist
Salah satu manga dengan plot cerita favoritku diadaptasi menjadi film live action.
Review panjangnya ada di sini

18. You Were Never Really Here

Joe (Joaquin Phoenix) mantan tentara dan agen FBI penderita PTSD akut , hidup bersama ibunya yang sudah tua. Suatu hari Joe disewa senator Votto untuk menyelamatkan Nina anak remajanya yang katanya diculik. Tak disangka Votto malah dikabarkan bunuh diri ketika Joe berhasil menyelamatkan Nina.
Joaquin Phoenix di sini hampir tak bisa kukenali, dia benar-benar berubah jadi sosok Joe sosok brutal yang mengalami depresi akut. Entah kapan panitia Oscar bersedia rela memberikan si patung emas buat Joaquin. Jangan-jangan harus seperti Leonardo DiCaprio, harus tua dulu baru dikasih.
19. The Commutter
Mbah Liam tetap heroik aksinya, plotnya juga sebenarnya lumayan seru. Cuma ya karakternya kering sekali dan plot twist gampang sekali ditebak.
Ya udah, nonton aksi mbah Liam aja. Tua tua keladi, makin tua makin jagoan.

20. Pasific Rim Uprising

Kalau lihat spesial efek, sequel Pasific Rim ini lebih bagus dibanding seri Transformer yang bikin pusing kayak liat kaleng bertumbukan, pertarungan bisa terlihat lebih jelas. Walau demikian, adegan aksi pertarungan Jaeger dan Kaiju sama sekali tak efektif, malah cenderung dragging dan makin membosankan.

Selain plot dangkal dan maksa banget, dialognya cheesy dan usaha menciptakan suasana humornya sama sekali gak lucu. Iya saya ngerti, masukin setting China dan barisan para aktornya itu demi mendulang duit box office dari daratan RRC. Tapi yah di sisi lain membuat film ini kering dari kreativitas seperti yang ditampilkan oleh Del Toro dalam prequelnya.
Ngomong-ngomong, aku merasa kayak nonton film Ultraman the movie.

21. Psychokinesis

Plot.
Seorang lelaki setengah baya (RyuSeung-ryong) yang pecundang tiba-tiba memperoleh kekuatan super.
Dengan kekuatan supernya, dia berusaha untuk memperbaiki hubungannya dengan anak perempuan tunggalnya (Sim Eun-kyung) yang sudah tak pernah ditemui bertahun-tahun.

Komentar.
Idenya lumayan, sayang penggarapannya tidak menarik. Komedinya garing, dramanya juga khas melodrama korea yang rada lebay. Yang menarik perhatian justru tokoh antagonis utamanya cewek cakep.

22. The Third Murder

Sebuah karya terbaru sutradara Hirokazu Kore-eda yang pertama kali menampilkan tema pengadilan kasus pembunuhan. Review panjangnya ada di sini

23. Avengers: Infinity War

Akhirnya nonton juga, padahal belum nonton Black Panther 😛
Merasa terasa beda sama Justice League karena film ini bukan cuma sekedar kumpul-kumpul superhero Marvel tapi memang titik kulminasi dari apa yang sudah dipersiapkan dari berbagai macam film MCU sebelumnya, dari seri Ironman, Captain America, Thor, hingga Guardian of Galaxy.
Dan yang paling menyenangkan, Thanos bukanlah Steppenwolf dalam Justice Leage yang cuma sekedar ingin menguasai dunia. Thanos memang bukan bandit biasa, dia super-villain hipster 😛

24. Black Panther

Habis nonton Avengers: Infinity War, rasanya kurang kafah kalau belom nonton Black Panther. Kebetulan tadi buka situs streaming langganan, versi HD BP udah keluar.
Jadilah kupaksa nonton supaya kelar kewajiban agar tidak menjadi dosa.

Anyway, filmnya anti mainstream gak kayak film2 superhero yang biasanya memuja Ameriki. Tumben ada film superhero mengentaskan kehebatan sebuah negara di benua afrika yang biasanya dianggap terbelakang.
Tapi yah bagaimanapun juga, film ini memandang negara hebat di afrika dari sudut kacamata orang bule.
Saya suka film bagus ini koq, walau gak bisa dibilang istimewa kalau ingin mengangkat kehebatan masyarakat kulit hitam.

25. Legend of the Demon Cat.

Awalnya rada gak percaya lihat nama Chen Kaige terpampang sebagai sutradara.
Hah? Chen Kaige bikin film horor? Yang bener?

Pas nonton, ternyata ini film drama sejarah dengan beberapa tokoh sejarah yang lalu lalang. Sebagai protogonis, ada Kukai sang biksu agung dari Jepang dan Bai Letian si penyair besar dinasti Tang. Mereka berdua bekerja sama menyelidiki kasus kematian misterius kaisar Dezong dari dinasti Tang. Selain mereka berdua, ada tokoh masa lalu yang ceritanya ditampilkan kilas balik seperti Kaisar Xuanzhong dan selir kesayangannya Yang Guifei, dan juga Abe no Nakamaro seorang sastrawan Jepang yang tinggal di Tiongkok.

Lalu kucing setan itu?
Hanya sekedar pengantar kisah menuju cerita inti tentang romansa kekaisaran dinasti Tang.
Seperti yang diperkirakan, sinematografi film ini bagus dengan permainan cahaya dan warna yang menawan, khas Chen Kaige. Plot cerita juga bagus dengan skenario yang memasukkan cerita fiksi dengan pas ke dalam kisah sejarah.

Oh iya, film ini beredar di Jepang dengan judul Kukai, nama biksu Jepang yang pada setting cerita masih belum masuk biara Qinglong untuk belajar Buddha Vajrayana. Dan sudah tentu tokoh utamanya untuk peredaran Jepang adalah Kukai, ketika beredar di China dengan tokoh utamanya Bai Letian sedangkan Kukai berperan sebagai side-kick.

Produksi kerja sama China-Jepang ini juga memakai aktor dan aktris campuran China dan Jepang. Untuk tokoh Kukai dan Abe No Nakamaro, Chen Kaige mengarahkan Shota Sometani sebagai Kukai dan Hiroshi Abe sebagai Abe.

Bagi yang suka sejarah China, terutama masa dinasti Tang, film ini memberikan nilai plus.

26. Ready Player One

Ini film sebenarnya biasa aja, dari segi plot hingga dialog tak ada yang mengesankan. Paling yang bikin para geeks bersorak gembira adalah bertaburannya referensi budaya pop di sepanjang film.

Kalian bisa melihat kendaraan legendaris seperti mobil DeLorean (Back to the Future) hingga motornya Kaneda (Akira) beraksi, MechaGodzilla bertarung melawan Gundam dan Iron Giant, Kingkong ngamuk sampai scene film The Shinning.

Memang jualan utama film ini adalah Pop Culture dan itu menyenangkan bagi saya yang lumayan familiar dengan banyak referensinya.

27. In The Fade

Nonton film ini bertepatan dengan kejadian teror bom di Surabaya. What a coincidence?

Anyway, ini film bagus! Memperlihatkan akibat dari teror bom dari sisi pandang ibu dan istri korban pengeboman. Dan Diane Kruger bermain luar biasa sebagai ibu yang kehilangan pengangan hidupnya setelah suami dan anaknya tewas. Review panjangnya ada di postingan sini

28. The Unity of Heroes.

Vincent Zhao Wenzuo kembali main jadi Wong Feihung dalam film yang diproduseri dirinya sendiri ini.

Berhubung ini film buat konsumsi VOD (Video on Demand), jadinya nontonnya gak berharap banyak lah.
Terbukti plotnya cheesy dan kelihatan sekali daur ulang plot serial Wong Feihung lawas.
Ada bibi ke-13 yang kebarat-baratan, ada murid Wong yang jahil, ada rival guru kungfu jagoan yang nantang Wong Feihung, ada tarung barongsai, ada payung jadi senjata andalan dan tentunya juga ada bule jahat dalang semua kejahatan.

Sayang koreografi kungfunya tak sememikat garapan Yuen Woo-ping dalam serial Wong Feihung garapan Tsui Hark yang dimainkan oleh Jet Li, yang ini terlalu banyak memainkan wire-fu. Yuen Woo-ping juga pakai kawat sih tapi hasilnya halus, sedangkan film ini rada abusing penggunaan teknik wire-fu.

Kalau cuma sekedar buat nostalgia, lumayan lah. Apalagi film dibuka dengan adegan selusin orang latihan kungfu di kala senja, dipandu oleh Wong Feihung dengan iringan musik familiar yang terkenal itu. Seketika orang-orang akan terkenang pada Jet Li, bukan Vincent Zhao 😛

O iya, ini film pemanasan sambil menanti produksi film Kung Fu Alliance yang akan menampilkan keroyokan pendekar kung fu kawakan, dari Wong Fei Hung, Huo Yuan Jia, hingga Ip Man.

29. Tomb Raider

Aku suka dengan interpretasi sutradaranya yang membawa aroma realistis dalam setiap adegan eksyen, membuat sosok Lara Croft tidak super tangguh seperti Lara versi Angelina Jolie, dan Alicia Vikander sendiri sanggup menampilkan karakter Lara Croft yang heroik sekaligus manusiawi dengan meyakinkan.

Plot ceritanya? Ya begitu lah. Tak usah terlalu mikir plot twist segala, nikmati aja nonton filmnya.

30. Death Wish

Adaptasi novel karya Brian Garfield sekaligus remake film tahun 1974 yang dibintangi Charles Bronson ini terus terang saja berjalan datar. Tak ada kejutan, tak ada hal baru, cuma sekedar mengulang cerita tentang vigilante.
Beda dengan adaptasi Brian Garfield lain yang berjudul Death Sentence (2007) yang disutradarai James Wan dengan tokoh vigilante yang dibintangi Kevin Bacon. Selain lebih brutal, James Wan juga memberikan konsekwensi akhir tindakan vigilante yang dilakukan tokoh protogonis, konsekwensi yang tidak seheroik cerita vigilante umumnya. Ini yang tidak dimiliki Death Wish versi Bruce Willis yang di bagian akhir  film terlihat seperti John McCleane a la Die Hard.

31. Rampage

Filmnya asyik dan seru, yang jelas menghibur hingga film berakhir dengan bahagia.

Kalau ngomong isi plot, akting dan tetek bengek skenario, ya film ini memang agak anjlok. Apalagi sosok yang dimainkan Dwayne Johnson, dialognya kayak copy-paste dialog tokoh heroik yang diperannya dalam film Journey: The Mysterious Island, Jumanji: Welcome to the Jungle dan film sejenisnya.

But who cares? Ini film memang tujuannya dibuat untuk menghibur, jadi nikmati saja Kingkong berantem lawan Serigala dan Buaya raksasa, dengan gangguan menyebalkan manusia sok jagoan di antara pertarungan makhluk raksasa.

32. Dunkirk
Plotnya sederhana, cuma kisah tentang usaha bertahan hidup para tentara di Dunkirk. Skenarionya juga biasa aja, gak ada dialog istimewa.
Tapi penyutradaraannya yang patut dikasih jempol. Nolan emang sutradara top markotop. Film ini jadi luar biasa karena faktor arahan Nolan sebagai sutradara.

Ditambah dengan garapan divisi teknik yang maksimal, visual yang megah dan sound yang menggugah, film ini patut masuk sebagai nominator Oscar.
Hip Hip Nolan, Horaay!!

33. A Quiet Place

Film horror survival yang menegangkan  dengan sisipan drama keluarga yang menyentuh dan mengharukan. Tak banyak dialog karena memang setting film tak memungkinkan untuk banyak bicara dengan mulut. Karakter bapak, ibu serta anak-anaknya semuanya mengesankan.

Cinta orang tua serta pengorbanan mereka demi anak-anaknya memang sulit dilawan, bahkan oleh monster sekalipun.

NB. (spoiler)

Makhluk yang sensitif terhadap suara itu bukannya memiliki kelemahan kesensitifan mereka?
Koq ya militer USA yang penuh dengan ilmuwan dan peneliti pintar sama sekali gak mikir buat bikin senjata suara frekuensi tinggi? Koq ya cuma mengandalkan senjata mekanik?

34. Believer

Film ini merupakan remake film Hongkong buatan Johnny To yang berjudul Drug War. Mengisahkan tim pimpinan detektif Won-Ho (Cho Jin-woong) bekerja sama dengan pengedar narkoba Young-Rak (Ryu Jun-yeol) demi menangkap pimpinan tertinggi geng narkoba misterius yang berjuluk Guru Lee.

Sutradara Lee Hae-young yang ikut menulis ulang skenarionya ternyata bisa menjadikan film ini punya cita rasa tersendiri dan tidak hanya sekedar membuat ulang. Kalau Johnny To membuat Drug War dengan gaya police procedural dibalut intensitas thriller yang tinggi, Lee membuat Believer dengan gaya melodrama korea lengkap dengan hubungan tarik ulur antara si detektif dengan si pengedar narkoba yang menjadi informannya dipadu dengan aksi brutal khas film Korea.

Beberapa tahun terakhir ini, sinema Jepang, Korea Selatan dan RRC (termasuk Hongkong) sering membuat film remake satu sama lainnya. Believer ini cukup bagus karena berhasil memasukkan gaya orisil tersendiri sehingga bisa lepas dan berbeda dibanding film originalnya.

35. Jurassic World: Fallen Kingdom.

Seperti halnya franchise Jurassic Park lain, film ini sangat menghibur dengan penampilan prima para pemeran utamanya seperti Blue si velociraptor, T-Rex, hingga si pendatang baru Indoraptor. Bahkan penampilan cameo Messosaurus lumayan mencuri perhatian.

Sayang, plot ceritanya hanya mengulang-ngulang seri terdahulu alias tak ada yang baru untuk dikenang.
Malah boleh dibilang film ini mengingatkan pada franchise kedua Jurassic Park 2: The Lost World. Sempat terpikir, film ini seharusnya berjudul Jurassic World 2: The Lost Park.

36. Deadpool 2.

Sebuah film keluarga, lengkap dengan pembunuhan keji di awal film dengan ending manis layaknya film keluarga.

btw, ini review sarkastik sesuai dengan gaya filmnya sendiri yang penuh dialog komedi sarkasme hahahaha….

37. Animal World

Remake film Jepang yang berjudul Kaiji, sekaligus adaptasi dari manga yang berjudul Tobaku Mokushiroku Kaiji. Jika film Kaiji lebih fokus pada tokoh Kaiji (Tatsuya Fujiwara) mempertaruhkan kebebasannya dalam arena judi, Animal World memberikan perpektif berbeda dengan memberikan latar belakang drama keluarga sebelum karakter Kaisi (Li Yifeng) masuk ke kapal judi.

Berhubung latar drama keluarga dan persahabatan sebelum memulai peruntungan di arena judi, seharusnya film ini bisa lebih personal dan dekat dengan penonton. Sayangnya fantasi tokoh badut yang mengiringi peruntungan Kaisi malah lumayan menjengkelkan kalau bukan malah merusak suasana. Bedanya dengan versi Jepang, Animal World menyuguhkan banyak adegan aksi. Lumayan berbeda dan punya ide orisinil tersendiri, tidak jelek jika dibandingkan adaptasi Jepangnya tapi juga tidak lebih bagus.

Lautaro dan Xian

Sebagai fans Inter Milan, kebetulan sekali saya menonton 2 pertandingan pre-season Inter Milan (melawan Zenit dan Sheffield United) dan melihat ada 3 pemain anyar yang permainannya terlihat menonjol, bahkan lebih menonjol dibandingkan muka-muka lama pemain regular. Pemain pertama adalah Kwadwo Asamoah yang direkrut dari Juventus secara gratisan. Asamoah cukup lama bermain di liga serie A Italia sehingga wajar saja terlihat langsung klop dengan gaya dan taktik tim. Untuk itu saya fokus membahas 2 pemain lain yang masih muda dan baru pertama kali main di liga serie A Italia yaitu Lautaro Martinez (21 tahun) dan Xian Emmers (19 tahun).

Continue reading ‘Lautaro dan Xian’

Your Highness

yourhighness

Plot.

Sebuah permainan Massively Multi Player Online Role Playing Game (MMPORPG) yang berdasarkan novel dan serial silat karya Jin Yong, Demi-Gods and Semi-Devils (DGSD) akan tepat berusia 10 tahun.

Qin Zhan (Kevin Kwan) termasuk gamer pertama yang bermain sejak awal dan tiap hari bisa menghabiskan waktu belasan jam untuk menyelesaikan misi demi misi untuk memperoleh senjata maupun ilmu silat. Hasilnya hampir semua ilmu silat tersakti dan senjata ampuh bisa diperolehnya sehingga dalam kurun hampir 10 tahun, namanya melegenda sebagai gamer Demi-Gods and Semi-Devils rangking nomer satu dengan level tanpa tanding.

Tak ada gamer yang berani berurusan dengan Qin Zhan mengingat levelnya sudah jauh di atas gamer lain, hingga ada gamer newbie Yu Chen (Sun Xu-Ning) yang minta bantuan Qin Zhan untuk menaikkan levelnya dengan menyelesaikan misi-misi sulit. Berhubung butuh item yang dimiliki Yu Chen untuk memperoleh item lain, Qin Zhan menyanggupi.
Dengan level tanpa tandingnya, tak ada misi sulit bagi Qin Zhan. Malah Biksu tukang sapu Shaolin yang menjadi tokoh paling sakti di dunia Demi-Gods and Semi-Devils sampai kena bully dan dipaksa Qin Zhan untuk memberikan tenaga dalamnya supaya level Yu Chen bisa naik puluhan kali lipat.

Ketika menghadiri peringatan anniversary game ke-10 bersama rekan gamer generasi pertama, Qin Zhan sadar kalau dalam geng generasi pertama, hanya dirinya yang tersisa masih main. Yang lainnya kalau bukan berhenti karena urusan dunia nyata, ada pula yang pindah main game lain.

Tepat pada waktu perayaan 10 tahun, Qin Zhan menemui hal yang aneh. Awalnya dia tak bisa membuka menu game, lalu tak bisa log out dari game, kemudian mulai merasa sakit jika terluka, puncaknya seluruh karakter game yang non-gamer mulai bertingkah bebas layaknya gamer.

Di dunia barunya ini Qin Zhan menjadi sosok iblis nomor satu yang dimusuhi seluruh kelompok bersih. Untunglah semua kesaktian yang diperolehnya selama bermain 10 tahun tak hilang sehingga bisa membantunya menghadapi ancaman kelompok bersih yang menginginkan kematiannya. Kelompok bersih ini memilih ketua baru yaitu Yu Chen, yang juga terjebak dalam dunia game. Kesaktian yang diperoleh Yu Chen lewat bantuan Qin Zhan juga tak hilang sehingga dia menjadi salah satu sosok sakti mandraguna walau belum mencapai level tanpa tanding Qin Zhan.
Lalu muncul tokoh aneh dengan kesaktian tak kalah dari Qin Zhan dengan misi misterius dan mulai membunuhi banyak tokoh game sekaligus gamer-gamer lain yang terperangkap dalam game tak bisa log out.

Continue reading ‘Your Highness’


Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: