Saya bukanlah kritikus film. Penilaian yang saya lakukan hanyalah bersifat amatiran karena saya hanyalah penonton dan penikmat film biasa yang berusaha menilai secara apa adanya dengan secuil pengetahuan yang saya miliki. Saya pribadi membagi film menjadi 3 kategori: film untuk hiburan, film untuk apresiasi, dan film untuk direnungkan. Menilai ketiga kategori tersebut dengan penilaian sama rata tentunya membuat sistem penilaian agak absurd, karena itu disini saya cuma memberi nilai berdasarkan suka atau tidak suka setelah nonton film saja.

Sistem penilaian berdasarkan range 0-5. Mungkin saya tak akan pernah memberi nilai nol karena bagaimanapun juga film adalah sebuah karya seni, walau sejelek apapun. Saya sangat jarang memberi nilai 5, kecuali film yang benar-benar luar biasa sempurnanya dimata saya. Nilai 2.5 adalah batas dimana sebuah film layak tonton atau tidak dan sebuah film dengan nilai 3 atau lebih boleh dikatakan bagus dan semakin besar nilainya, semakin direkomendasikan untuk ditonton.

0 ~ 2.25 = Jelek (semakin rendah nilainya, semakin jelek)
2.5 ~ 2.75 = Yaahhhhh……… lumayanlah.
3.0 ~ 3.75 = Bagus dan saya suka menontonnya.
4.0 ~ 4.5 = Istimewa
4.75 ~ 5.0 = Film legenda sepanjang masa.


Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: