Akhir-akhir ini mulai banyak komentar yang nggak nyambung dengan isi postingan, baik film maupun musik yang ditulis. Mengingat cukup banyak koomentar OOT (out of topic), halaman ini khusus disediakan bagi yang ingin sekedar meninggalkan jejak atau hanya “buang sampah”.

72 Responses to “Out of Topic”


  1. 1 Nay September 17, 2010 at 8:04 am

    mas.. jago nihon-go? bisa nge-translate j-movie k indo dunk..
    mau minta translate-in solanin-movie nih..
    saya ada link download movie-nya. kalo mau.. hehe..

    • 2 AnDo September 17, 2010 at 9:03 am

      @Nay
      Saya tidak jago nihon-go. Kalo jago, semua yg datang berkunjung ke blog ini gak bakalan bisa baca, karena isinya huruf kanji, hiragana dan katakana semua… hehe…
      Solanin? Oh, saya udah nonton koq. donlot filmnya dari link ini

  2. 3 nao April 24, 2011 at 7:57 pm

    mas,, wordpressnya bagus nih,, kalo bisa sering update ya,, ^^

    • 4 AnDo April 25, 2011 at 9:18 am

      @nao
      wordpress-nya emang bagus koq, gampang aplikasinya dan juga moderasi komentarnya lbh mudah dibanding blogspot.:mrgreen:
      kalau soal update, saya usahakan kalau ada yang menarik utk ditulis.

  3. 5 nao April 25, 2011 at 12:23 pm

    btw mas bisa bahas wagashi nggak? kemungkinan mau buat skripsi itu, cm bahan kurang, kalo ada masukan referensi bisa dikasi tau nggak?
    sebelumnya makasi ya mas,,

    • 6 AnDo April 25, 2011 at 2:52 pm

      @nao
      hwaduh. kayaknya kamu orang yg bener2 baru mampir di blog ini. Ini blog khusus buat resensi film (bukan film jepang doang, tp semua film alternatif), kadang resensi musik juga. Bukan blog buat bahas budaya jepang:mrgreen:
      Soal wagashi, aku sama sekali gak tau apa2 kecuali jadi tukang makan doang😆
      nao yg persiapan buat skripsi ttg wagashi pasti lbh tau banyak dari saya🙂

  4. 8 Arm Kai April 26, 2011 at 8:10 am

    perasaan saya mampir sini juga ga jarang2 amat, tapi kok baru liat ada halaman ini ya?😛

    *numpang nyampah deh :P*

  5. 12 linda May 14, 2011 at 6:15 am

    mas..
    minta referensi film jepang yang bagus dong..
    yg sudah mas review sebgian besar sudah saya tonton..
    kalau bisa film-film dengan genre seperti confenssion.

    thx mas

    • 13 AnDo May 14, 2011 at 6:37 am

      @linda

      Saya bikin postingan resensi tergantung film yang ditonton, dan terus terang saja kalau saya nontonnya acak dan lintas genre, hari ini bisa nonton film drama serius, besok2nya nonton komedi, anime bahkan tokusatsu kayak kamen rider. Kadang malah suka juga nonton film jadul yg masih item putih. Yang pasti, semua film yg direview sudah ditonton, kalau belum nonton sih gak berani nulis resensinya:mrgreen:

  6. 14 dan May 21, 2011 at 8:44 am

    lah….ane jd dikatain lg….ga pa2 nih makin lama out of topic….eh,tapi ternyata ada kamarnya sendiri.ya udah di sini ja deh…
    masa dibilang muji diri sendiri??lagi2 agan bcanda….
    yg ane tau si,sarkasme tu penghinaan yg dimaksudkan untuk menyindir karna rasa kesal atau marah.
    split personality?satu ja ribet,mungkin agan pengen bilang klo saya ini sakit jiwa tp dgn bahasa yg sangat halus ya….namanya jg sarkasme…..
    orang yang terlalu kritis terhadap film akan kesulitan untuk menikmati sebuah film,karna film itu cuma buatan manusia yg ga sempurna.ane biasanya langsung bereaksi klo ada orang yang mengkritik hasil karya seseorang dengan bahasa kasar dan yg saya sesalkan agan menggunakan kata muak dalam mengkritik.coba agan posisikan sebaliknya agan sebagai sutradara trus agan dapet kritik film agan dibilang memuakkan ato film sampah padahal agan bikin filmnya dengan budget yg sangat gede dan udah meminimalisir kesalahan sekecil apapun.
    bukan cuma ane ma agan yg beda,ane ma ibu yg nglahirin ane ja beda tp bukan berarti ane jd benci ma ibu ane.justru karna beda bisa jadi satu.saling mengisi kekurangan,saling mengingatkan termasuk agan yg mengingangatkan ane klo ane tu ga ta apa2.
    agan selalu merendah jd kuli,entah ini bagian dari sarkasme ato bukan.tp jgn agan lupakan,kuli tu bkn pekerjaan rendahan.pekerjaan yg hanya bisa dilakukan orang2 bertipe pekerja keras kya agan yg kadang2 malah mempertaruhkan nyawanya sendiri demi keluarganya.kuli itu pekerjaan yg terhormat menurut ane.
    berkat agan,sekarang ane jd lebih bisa koreksi diri klo ternyata ane emang sekecil itu.ini bagus untuk menghindarkan sifat sombong dan takabur.
    terlepas dari kata “muak” itu,ane bisa simpulkan klo agan tu orangnya hangat,friendly,dan rendah hati.ane suka orang2 kya agan.beda ma ane tipe orang yg gampang dibenci.yg ni ju2r lho,bukan meninggikan orang lain sambil meremehkan dan memuji diri sendiri.
    ane ga seberuntung agan,bisa s2 di jepang pula.klo ane si cuma univ lokal tanpa nama itupun cuma D3.agan sendiri dah liat kan…
    yah….selamat bersarkasme ria ja deh…..

    • 15 AnDo May 21, 2011 at 11:05 am

      @dan

      sarkasme tu penghinaan yg dimaksudkan untuk menyindir karna rasa kesal atau marah.

      Sarkasme tidak selalu harus dibawakan karena kesal atau marah, bisa juga menyindir supaya orang yang disindir tahu diri dengan memberikan selipan ironi atau malah dalam nada humor kedalam kalimat.

      mungkin agan pengen bilang klo saya ini sakit jiwa tp dgn bahasa yg sangat halus ya….namanya jg sarkasme…..

      Syukurlah kalau dimengerti:mrgreen:

      orang yang terlalu kritis terhadap film akan kesulitan untuk menikmati sebuah film,karna film itu cuma buatan manusia yg ga sempurna.

      Ah, itu khan pendapat anda, toh saya masih menikmati banyak film lain. Ada yang namanya nonton untuk hiburan, ada jg film yang ditonton untuk dipikirkan isinya.
      Menurut anda orang2 seperti Roger Ebert, Ty Burr dan lainnya (saya cm penilai amatiran, bukan profesional kayak mereka) tidak menikmati film yang mereka tonton karena terlalu kritis? Anda terlalu meremehkan orang lain berdasarkan pandangan pribadi anda sendiri bung.
      Ingat, anda mungkin merasa tak bisa menikmati tapi orang lain belum tentu sama seperti anda.
      Saya ini penonton dan penikmat film, tulisan yang diposting ini bukan cm buat kasih rekomendasi nonton untuk pembaca blog tapi juga apresiasi pribadi

      ane biasanya langsung bereaksi klo ada orang yang mengkritik hasil karya seseorang dengan bahasa kasar

      Kasar atau tidak, itu lebih ke bentuk pengungkapan dalam bahasa tulisan. Yang namanya bahasa tuilisan, ungkapannya bisa berbeda-beda. Toh buat apa ada kata muak dalam kamus kalau bukan untuk digunakan sbg pengungkapan perasaan, baik secara eksplisit maupun implisit. Kalau anda tidak suka lalu langsung balik mengolok-olok, justru bukannya anda tidak se-simple yang anda katakan dalam komentar sebelumnya? Malah anda terkesan temperamental, langsung ngamuk kalau ketemu sesuatu yg tidak disukai.

      coba agan posisikan sebaliknya agan sebagai sutradara trus agan dapet kritik film agan dibilang memuakkan ato film sampah padahal agan bikin filmnya dengan budget yg sangat gede dan udah meminimalisir kesalahan sekecil apapun.

      Kalau saya sutradara dan ada yang mengkritik jelek film buatan saya setelah mereka bayar untuk nonton, gak mungkin saya marah balik atau ngancem gak mau bikin film. Bikin film itu sama dengan bikin produk lain untuk dijual. Atas nama komersialisme, siapapun konsumen yang BAYAR berhak untuk komplain, baik dgn oral maupun tulisan. Kalau anda nonton gratisan lewat bajakan dan komplain pada sutradara/produser, saya kira anda tentu tahu posisi anda dimana. Beda dong dengan saya nonton bayar, nggak suka, lalu komplain -> hak konsumen.
      Lagipula boss, coba lihat tulisan kritik saya, nggak satupun menghina secara pribadi tapi lebih dikarena ketidakpuasan dengan produk yang dihasilkan. Dan saya juga biasanya menuliskan hal apa yang membuat saya nggak suka pada sebuah film, e.g. Goemon dgn efek CG berlebihan utk adengan action. Kalau anda lbh suka adegan berantem pakai efek komputer, silahkan aja. Gak ada yang usil bilang anda tolol mau aja ditipu CG (kecuali jika ada orang lain yg punya kepribadian mirip dgn anda), toh beda orang beda cara menyikapi produk koq.
      O iya, bukan berarti saya nggak suka film dgn banyak CG, hanya saja penempatan da penggunaan CG dalam scene sangat berperan untuk membuat saya suka atau tidak (ini untuk saya loh, nggak tau kalau anda)

      ane ma ibu yg nglahirin ane ja beda tp bukan berarti ane jd benci ma ibu ane.justru karna beda bisa jadi satu.

      Lho? koq ibu anda dimasukkan ke dalam topik? Emangnya ibu anda produk film? atau artis? Manusia itu beda dengan film karena film adalah produk jualan.
      Kalau mau pakai perspektif dari sisi ibu anda, bolehlah bilang jika ibu anda bikin kue dan dijual, lalu ada yang beli dan bilang nggak enak. Apakah ibu anda tetap akan bikin kue dgn resep yang sama? Tentunya ada perbaikan kualitas dari ibu anda bukan? Tanpa kritik, kualitas produk akan tetap stagnan dan tidak ada peningkatan kualitas.
      Lain pula ceritanya kalau ada tetangga ngambil kue jualan ibu anda diam2 nggak bayar, lalu tiba2 datang ke ibu anda bilang kalau kuenya nggak enak. Bahkan kalau si tetangga datang bilang kue nya enak juga kayaknya masih absurd, wong nggak beli koq komplain😆

      agan selalu merendah jd kuli,entah ini bagian dari sarkasme ato bukan

      Oh, tentu saja termasuk dlm sarkasme. Tanpa adanya kerja kuli atau blue collar worker lainnya, presiden sekalipun belum tentu bisa kerja dengan baik. Sarkasme saya pakai untuk menyindir anda yang merasa lebih benar dalam menilai sesuatu cm gara2 anda menilai diri sendiri lebih tinggi.

      ane bisa simpulkan klo agan tu orangnya hangat,friendly,dan rendah hati.

      Hehehe….jangan mudah terjebak dgn profil manusia, boss. Manusia itu makhluk kompleks.
      Contohnya saja anda sendiri, datang pertama kali lsg marah2 krn gak setuju dgn penilaian saya, lalu nyerang saya secara pribadi, lalu tiba-tiba datang lagi membela diri, lalu akhirnya muji2 bilang saya hangat, friendly, bla..bla..bla… Belum ada 1 minggu lho😛

      btw, anda sukses membuat saya membalas komentar dgn 3 tulisan panjang😆

  7. 16 dan May 21, 2011 at 4:54 pm

    hmm….ga salah s2 di jepang beda ma yg d3 di kampung.
    agan selalu bilang klo ane merasa lebih benar dalam menilai sesuatu cuma gara2 ane menilai diri sendiri lebih tinggi.
    pertanyaannya sekarang apa agan ga merasa jg seperti itu???
    yg namanya adu argumen itu berusaha saling mempertahankan pendapatnya sendiri2 bukan berarti merasa diri lebih tinggi dari orang lain.agan terlalu cepat menyimpulkan secara sepihak hanya dari sebuah tulisan.mau sarjana ma kuli ke,mau sarjana ma petani ke klo beda pendapat,akan terjadi adu argumen bukan berarti si sarjana ini merasa lebih tinggi derajatnya dari petani ato kuli.klo pendapatnya sama ga akan ada yg namanya adu argumen.nah,di sini cara penyampaian tiap2 orang tu beda2,ada yg kasar,halus,atau pake sindiran kya ane ma agan.
    agan bilang ane ini sakit jiwa (agan sendiri sudah mengakui),berarti selama ini agan ngobrol ma orang sakit jiwa dong?nah,dalam posisi ini justru agan yg merasa lebih tinggi dari ane.apa ane salah??apa tu bukan bentuk dari sebuah emosi???ane sendiri mau mengakui ko klo ane temperamental masa agan ga mengakui klo agan emosi.bukan hal yg memalukan ko,namanya orang hidup pasti punya emosi(senang,sedih,marah,kecewa).yg gila ja punya emosi masa yg waras ga punya.awas gan,bisa2 nanti ketularan gilanya lho klo nanggepin orang gila….
    wlopun ane gila & temperamental tp bukan berarti ane suka cari musuh lho gan…ane harap tulisan2 ane ga dianggap tulisan yg kya mau ngajak ribut orang tp cuma sekedar menyampaikan pendapat ja.
    misi ya gan,ane mo berobat dulu….

    • 17 AnDo May 21, 2011 at 5:29 pm

      @dan

      hmm….ga salah s2 di jepang beda ma yg d3 di kampung.

      Tau darimana kalau saya S2? Mungkin saja saya udah lulus PhD atau udah dapet gelar professor?😆

      pertanyaannya sekarang apa agan ga merasa jg seperti itu???

      Ya, kadang saya merasa seperti itu. Masalahnya, umumnya saya nggak pernah secara eksplisit menunjukkan di depan orang lain. Cuma kalau orang yang terang2an songong di depan saya saja yang saya “sengaja” rendahkan, karena orang songong mesti balik di-songong-i supaya sadar bagaimana rasanya di-songong-i. dan anda bukan orang pertama.

      yg namanya adu argumen itu berusaha saling mempertahankan pendapatnya sendiri2 bukan berarti merasa diri lebih tinggi dari orang lain.

      Terus terang saja, saya merasa tidak beradu argumen dengan anda. Bagi saya, adu argumen itu untuk mencari kebenaran, bukan mempertahankan pendapat sendiri2. Baca saja komentar pertama dan kedua anda, pantaskah dibilang adu argumen? Adakah anda memberikan opini secara konkrit ttg review 21st Century Boys? Misalnya saja skenarionya gimana, sinematorgafinya begini, akting begitu, pengarahan sutradara bagaimana, dll. Dan komentar anda lebih ke arah menyindir, merendahkan diri meninggikan mutu.
      Komentar2 terakhir lebih bersifat debat kusir dan saya memang lagi kurang kerjaan melayani anda.

      di sini cara penyampaian tiap2 orang tu beda2,ada yg kasar,halus,atau pake sindiran kya ane ma agan.

      Lalu, kenapa anda ngamuk2 dgn pemakaian kata “muak”?

      agan bilang ane ini sakit jiwa (agan sendiri sudah mengakui),berarti selama ini agan ngobrol ma orang sakit jiwa dong?

      Sepertinya anda lupa kalau sebelumnya saya udah jelaskan bahwa saya tulis anda punya split personality dgn nada sarkasme. Masih ingat kalau sarkasme kadang berupa ironi bernada humor walau berupa sindiran?

      masa agan ga mengakui klo agan emosi.bukan hal yg memalukan ko,namanya orang hidup pasti punya emosi(senang,sedih,marah,kecewa).yg gila ja punya emosi masa yg waras ga punya.awas gan,bisa2 nanti ketularan gilanya lho klo nanggepin orang gila….

      Silahkan baca lagi soal sarkasme.

      ne harap tulisan2 ane ga dianggap tulisan yg kya mau ngajak ribut orang tp cuma sekedar menyampaikan pendapat ja.

      Lho? Bukannya anda seharusnya bersukur? Jarang2 saya mau bales komentar orang panjang lebar, apalagi troll kayak saudara.

      bukan berarti ane suka cari musuh lho gan

      Lho? kapan saya bilang sampeyan mau nyari musuh?

      BTW, Kalau cuma debat kusir kayak gini mendingan dihentikan saja.
      Kalau mau adu argumen ttg tulisan resensi, silahkan bikin review berdasarkan pola pandang sendiri, nanti saya tanggapi.
      Dan terima kasih sudah memindahkan debat kusir ini ke OOT, karena memang isinya ngalor ngidul

  8. 18 Eki September 23, 2011 at 7:44 am

    konichiwa !
    bang Ando kun, udah liat film nintama rantaro live action blum ?
    pngen nnton nih, link nya blum ada.. gmna crtanya seru ga ?

  9. 20 Rama February 10, 2012 at 1:45 am

    Siang Jepang, bgmana kabarnya Ando??

    sori gw pemerhati blog lu tpi br sekarang berani komen,,hehehehe

    ada mksd tertentu pastinya,,boleh minta alamat email??atw bisa kirim alamat email mu ke email sy??

    utk ap pastinya utk mengetahui seputaran nama ttg Kissaten Raruku an Shieru it,,mw buat profile Laruku..

    thanks yo kalo berkenan..

    • 21 AnDo February 10, 2012 at 6:50 pm

      @Rama
      Kabar baik, ma kasih.
      Mau bikin profil Laruku? Kayaknya mendingan tanya di group L’Arc~en~Ciel Indonesia di facebook deh. Disana ada admin2 pengurus yang punya pengetahuan dan info lebih lengkap ttg Laruku dari pada saya. Malah ada admin yang hapal model rambut hyde yg ganti tiap tahun segala, bisa tanya2 sama mereka. Saya bikin tulisan ini juga cuma gara-gara gak sengaja baca majalah, dan juga salah info bertahun-tahun ttg asal nama Laruku😀

      • 22 rama wibi (@RamaWibi) March 19, 2012 at 5:37 am

        makasih Ndo untuk replynya…

        oh ia mw ksh tau kl itu jadi saya ambil beberapa resume di marih ya,,pastinya udah saya cantumkan linknya kok😛

        jdinya buku itu bersifat unofficial,mnrt Ando bermasalah tak??

        oh ia unk fanbas di facebook itu saya udah lama jg kok disana,,hehe,,cm jarang aktif2 aj..

        mw tny dong Ndo,,untuk jumlah PV mereka itu berapa y secara keseluruhan dari mulai PV pertamanya mereka…

        regrad

      • 23 AnDo March 19, 2012 at 9:44 am

        @rama wibi

        mnrt Ando bermasalah tak??

        menurut pendapatku pribadi sih, agak riskan kalau mau menerbitkan buku unofficial.
        masalah pertama, tentunya ada kemungkinan klaim dari pihak manajemen resminya. memang sih, beda negara beda juga hukum mengenai hak cipta, karena setahuku copyright di Jepang sangat ketat dan jauh lebih strict dibandingkan hukum di Indonesia.
        masalah kedua, akurasi berita. sampai sekarangpun aku juga masih ragu untuk beberapa detail info karena member Laruku sendiri mengadakan wawancara cukup banyak. Dari banyak interview (baik majalah ataupun TV, juga penerbitan buku) kadang ada info yang detail-nya berbeda. Misalnya saja, aku baru tahu kalau ken lahir di Osaka lewat Lisdiani di komunitas LI. Pas ku crosscheck, memang benar ken lahir di pinggiran daerah Osaka. Tapi ketika ken masih bayi, orang tua ken pindah ke Maibara.
        Lalu terbentuknya Laruku tertulis Februari, tapi dari info yang kubaca bulan Maret hyde dan pero resmi gabung. Kemungkinannya: Laruku dihitung terbentuk sejak hiro (gitaris pertama) dan tetsu sepakat membentuk Laruku di bulan Februari, lalu hyde dan pero resmi gabung bulan Maret, atau malah ada kemungkinan lain lagi. Yang seperti ini hanya bisa dipastikan oleh sumber berita resminya. Seperti yang diketahui, kalau official berarti ada biaya royalti utk manajemen resminya.
        lagipula…. aku koq kurang yakin soal nilai komersilnya, karena toh orang Indonesia biasanya lebih milih barang gratisan (cari link internet) daripada beli. Dan nilai barang official tentunya diatas nilai barang unofficial, jadinya yang mau beli utk koleksi juga kayaknya gak banyak.

        Tapi soal hitung2an begini, pasti rama wibi juga udah memperhitungkan juga. jadinya keputusan ada ditangan anda.

        untuk jumlah PV mereka itu berapa y secara keseluruhan dari mulai PV pertamanya mereka…

        Saya sendiri kurang pasti berapa jumlah totalnya. Coba tanya sama Lisdiani, dia punya banyak teman online yg punya data lengkap.

  10. 24 lambrtz February 18, 2012 at 7:44 pm

    Bos, kok menghilang di FB, lagi ke mana dikau😛

  11. 26 rama wibi (@RamaWibi) March 19, 2012 at 1:54 pm

    hehehehe,,thanks Ndo atas masukannya..

    sbnarnya ide in tawaran dari penerbit, yg dimana di Indonesia sndiri kan lagi booming sm profile2 boyband Korea yg sdh rilis di toko buku, dan buku tsb jg unofficial.

    y pas bgt mereka mw tampil tgl 2 Mei kepikiran lha buat ngebukuin smw data2 mereka secara unofficial, sy sndiri sih udh cb kontak dgn Maverick dan Masahiro Oishi cm blm ada replay..cm y itu berat ke royalti,,hehehhe, dan harganya udah pasti sama kaya harga tiket regulernya disini,,,😛

    niat awalnya sh bener2 pgn ngebukuin data2 mereka dr pd hrs search linknya,,dan target pastinya penggemar2 mereka yg baru anak2 SMA,,ngerinya sm cielers yg udah kelas kakap,,ngeri dibilang bkn unofficial lha, ngelanggar hak cipta lha,,pdhl mah in jg buat para penggemar jg,,hehehe

    blh minta linkya lisdiani??krn jumlah PV doang nih yg blm saya yakin…slbhnya haqul yakin deh..

    regrad Ndo…

    • 27 AnDo March 19, 2012 at 4:13 pm

      niat awalnya sh bener2 pgn ngebukuin data2 mereka dr pd hrs search linknya,

      Yah… seperti yang kutulis sebelumnya, data-data akurat ttg Laruku di internet sendiri masih banyak yang gak pasti. Aku sendiri merasa masih banyak info ttg mereka yang gak tau pasti akurat tidaknya, jadinya sulit mempertanggung jawabkan kebenarannya. Kasihan juga sama penggemar baru mereka kalau dapat info yang salah.
      Contoh aja info di wikipedia, cukup banyak akurasinya masih dipertanyakan.

      blh minta linkya lisdiani?

      cari di komunitas LI ada koq, beliau khan salah satu admin disana.

      • 28 rama wibi (@RamaWibi) March 20, 2012 at 4:18 am

        sip Ndo,,mereka itu ibarat jelangkung,,,datangnya tiba2 tanpa ada yang tw info2 detailnya,,,hehehehe

        minta supportnya aja deh,,semoga berjalan dengan baik dan hamabatannya sedikit aja..hehehe

  12. 29 rama wibi (@RamaWibi) March 23, 2012 at 2:55 am

    Ando,,bisa minta alamat emailnya??

    LI mereferen lu sebagai orang yang tau ttg L’arc dan gw butuh sebagai editor isi dari bio tsb,,bisa bantu Ndo??

    atau lu bisa kirim ke email gw di ibianconero et yahoo dot com

    regrad y Ndo

  13. 30 yozi dahfil putra April 3, 2012 at 3:48 am

    agan yusahrizal…..salam kenal
    saya masih baru di dunia blog ni ., izin ngopas artikelnya ya. soalnya artikel yang agan postkan sangat menarik perhatian saya. and terlebih news tentang laruku itu lho…..
    maklum saya seorang cieller dan sedang nyari bahan untuk postingan di blog saya…. kalau ada kesempatan silahkan mampir di
    http://yozidahfilputra.blogspot.com/
    kritik dan sarannya saya tunngu yan gan.
    eh BTW agan berdomisili di jepang ya sekarang…..?

    • 31 AnDo April 5, 2012 at 8:01 pm

      @yozi dahfil putra
      kalau serius pengen ngeblog, saran saya cuma dua:
      1. tulislah postingan dengan tulisan sendiri, jangan copas tulisan orang lain. menulis ulang dgn perkataan sendiri masih jauh lebih baik daripada copy-paste blas.
      2. lakukan riset walau cuma kecil2an sebelum menulis. misalnya cari info lewat wikipedia juga termasuk riset.

      • 32 yozi dahfil putra April 10, 2012 at 1:56 pm

        makasih banyak gan atas sarannya..,
        semoga ini jadi masukan yang positif bagi saya.
        mau nanya lagi ni gan,.. boleh kan ?!
        tau gak link buat ngedownload video laruku yang lengkap.. kalau ada, kasih dong gan. saya cari di youtube videonya laruku yang dulu-dulu udah pada di hapus ama sumbernya..
        barangkali agan tau sumber yang lebih bagus….

      • 33 AnDo April 10, 2012 at 6:48 pm

        @yozi dahfil putra
        wah, saya gak tahu. saya sendiri gak pernah download video laruku, cuma nonton doang di youtube.

  14. 34 Vicka Eve Indrias June 3, 2012 at 5:45 am

    Blognya keren..(walau baru baca beberapa). Amajing-nya, saya lihat penggunaan bahasa indonesia-nya sangat baik, padahal Ando sudah tinggal di negara lain cukup lama. Biasanya hal itu membuat tata bahasa Indonesia semakin amburadul.hehe..pisss.. ^^v

    • 35 AnDo June 3, 2012 at 7:46 am

      @Vicka
      Thanks, kupikir blogku ini biasa aja, masih banyak orang yang bikin blog dengan isi tulisan lebih bagus dan menarik.

      penggunaan bahasa indonesia-nya sangat baik, padahal Ando sudah tinggal di negara lain cukup lama

      Salah satu guna blog adalah melatih bahasa tulisan, dan itu salah satu alasan mengapa aku masih ngeblog sampai sekarang.
      Dulu aku ngeblog pakai 3 bahasa, tapi sekarang cuma satu saja bahasa Indonesia. Alasannya pakai bahasa Indonesia gak muluk-muluk koq, cuma karena lebih mudah menyampaikan pendapat dengan bahasa sendiri. Mungkin pernah baca postingan saya dan komentar? Ada loh seorang ibu guru sengaja ngeblog pakai bahasa Inggris hanya karena menganggap orang Indonesia suka komentar closed minded alias picik.

      Biasanya hal itu membuat tata bahasa Indonesia semakin amburadul.

      Kalau baca balasan komentar, tulisanku masih kebawa bahasa slang juga koq hehehe…

      • 36 Vicka Eve Indrias June 3, 2012 at 11:39 am

        hahaa..iya saya sudah baca yang postingan itu.hahaha..serasa ‘nonton’ perang argumen. Tapi beneran tuh..penggunaan bahasanya baik, Gak kebayang kalo pake 3 bahasa sekaligus. Kalo saya pasti sudah sangat berantakan. Pake satu bahasa aja, gak betul2.hehehe…

  15. 37 saldi August 2, 2012 at 9:57 pm

    om mau nanya judul film yang ceritanya seluruh dunia tiba-tiba saja jatuh pingsan mendadak selama 2 menit 17 detik ???

  16. 38 indah August 19, 2012 at 4:02 pm

    Mas Ando knapa cerita tentang Lar’C di proteksi padahal sy sebagai fans baru laruku sangat terbantu dgn cerita anda. Mudah2 an saya bs dapat passwordnya utk dpt membaca kisah band ini. Thx

  17. 41 randy September 28, 2012 at 7:17 pm

    mas
    pasword trbarunya apaan mas?
    ga bsa lanjut ne??

  18. 45 aii October 26, 2012 at 11:50 am

    mas chapter Sejarah L’Arc~en~Ciel: 1992 (Bagian 1), terprotek😦
    bolehkah minta passwordnya?
    udah dicoba tempat lahirnya ken ga bisa T.T

    http://haruka.vze.com/ itu sejarah laruku versi bahasa inggrisnya…😀

  19. 46 scarlet October 28, 2012 at 9:02 am

    mas ando,,kira-kira mas punya saran lagu-lagu bagus jepang yang tahun 80 atau 90 an kayak southern all star,fumiya fuji,dll ?

  20. 49 nichan November 13, 2012 at 4:17 am

    mas Sejarah L’Arc~en~Ciel: 1992 (Bagian 1), gak bisa di buka?
    bolehkah minta passwordnya yg terbaru?
    coz udah dicoba tempat lahirnya ken tetep ga bisa:(

    • 50 AnDo November 13, 2012 at 11:07 am

      @nichan & aii
      password Sejarah L’Arc~en~Ciel: 1992 (Bagian 1: nama drummer yang jadi vokalis pilihan Tetsu dan Hiro, sebelum mereka berdua bertemu Hyde.

  21. 51 scarlet December 8, 2012 at 12:50 pm

    wah lagu-lagu yang mas ando saranin bagus-bagus,,makasih mas ando,,

  22. 52 shisio January 5, 2013 at 2:03 am

    bung ando, artikelnya sangat menarik terutama di sejarah laruku. Aku juga pernah menulis tentang bio laruku di salah satu forum, tapi ga selengkap bung ando! Salut buat anda! Oh ya, titip salam buat bung rama wibi atas buku “the story of l’arc~en~ciel” nya. Aku kaget pas baca di referensi, ternyata ada salah satu tulisanku di forum yang dipakai jadi sumber. Jadi tersanjung nih, karena tulisan kita bisa bermanfaat bagi orang lain

    • 53 AnDo January 5, 2013 at 3:37 am

      @shisio
      Terus terang saja, saya kecewa dengan Rama Wibi dan buku “the story of l’arc~en~ciel” nya.
      Pertama: Dia main copy-paste. Tadinya dibilang cuma ngambil resume alias ditulis ulang dgn kata2nya sendiri, taunya main jiplak aja apa adanya. Soal ini, saya baru tau pas baca bukunya. Lagipula, tulisan yang beredar di dunia maya sangat rentan ke-valid-an nya, karena banyak yang asal tulis alias tak ada referensi.
      Kedua: Dia minta ijin satu tulisan dan tidak minta ijin tulisan lain, jadinya link yang ditulis di belakang buku juga cuma link satu tulisan. Nyatanya dia ngambil copy-pasti tulisanku yang lain juga tanpa minta atau kasih konfirmasi.
      Ketiga: Bikin buku begini ada unsur komersilnya alias dia dapat duit, padahal cuma dari hasil ngopi tulisan orang lain di dunia maya yang ditulis untuk diakses gratisan. Seandainya keuntungan finansial hasil penjualan buku di sumbangkan ke panti asuhan, tentunya saya tak terlampau gondok. Jadinya saya tak merasa tersanjung karena tulisan saya hanya bermanfaat bagi dia seorang.

      Kalaupun menurut shisio “bermanfaat bagi yang ingin tau info Laruku”, mending baca tulisanku langsung di blog ini. Udah gratisan, infonya saya usahakan update dan ada referensi langsung alias nggak ngawur main comot.

  23. 54 shisio January 5, 2013 at 7:54 am

    wow! Kata2 ando kun sangat menyayat hati. Well, kalo gitu ceritanya mending dimuat di blog aja ya. Tapi memang sih, berita di dunia maya memang rentan akan hal gituan. Tapi setidaknya para muggle bisa tahu “sedikit” dari kebenaran tentang laruku dari rama wibi.

  24. 56 shisio January 5, 2013 at 9:21 am

    Hahaha! Makanya saya tulis “sedikit” kebenaran! Masih ingat dulu, waktu berita laruku masih minim dan masih susah untuk mencari berita mereka via internet, praktis aku hanya mempercayai majalah “Animonster” sebagai sumber berita mereka, walaupun ada satu berita yang aku sadari sekarang hanyalah hoax belaka.

    • 57 AnDo January 6, 2013 at 11:57 am

      @shisio
      Di jaman orang gampang akses internet kayak sekarang, kayaknya cari info nggak sesulit dulu. Kalau khawatir dapet info hoax, di sinilah gunanya komunitas penggemar. Antar penggemar bisa saling memberi tahu info terpercaya dan juga bisa mengingatkan satu sama lain.
      Intinya sih, saya kecewa dengan caranya main co-pas dan comot tulisan dan juga nggak selektif. Ujung2nya sih saya nganggap dia bikin buku cm gara2 bisnis alias tujuannya duit.

  25. 58 Arif Dharmawan (@Aikidoka_Arif) January 13, 2013 at 10:18 am

    ando kun, pass buat Sejarah L’Arc~en~Ciel: 1992 (Bagian 2) apa ya?

  26. 60 fikri January 16, 2013 at 2:38 am

    om minta resensi film the crying game 1992 dong…. hehe
    , sekedar recomend aja…… saya pengen tw dari sudut pandang om….

  27. 61 fikri January 16, 2013 at 2:43 am

    the dark knight, sama the godfather juga dong om..hehe

    • 62 AnDo January 16, 2013 at 11:25 am

      @fikri
      sorry, kayaknya nggak bisa dikabulkan. lagian diluaran sana banyak koq orang yg bikin resensi film2 terkenal kayak 3 film yang ditulis fikri. saya lebih fokus bikin review film alternatif yg jarang ditulis blogger lain.

  28. 63 fikri January 17, 2013 at 3:01 am

    yaudah, the crying game 2012 atuh om…. itu belom ada yang ngereview orang indonesia,, bisa, bisa

  29. 65 Leon January 23, 2013 at 10:14 am

    mas ando ada facebook / email?klo ada,blh tw fb nya? =)

  30. 66 scarlet94 November 19, 2013 at 2:45 pm

    mas ando,minta rekomendasi buat lagu-lagu nya yumi arai dong,,
    soal nya jadi seneng dengerin suara nya yumi gara-gara hiko ki gumo sama yasashisa ni tsutsumareta nara

    • 67 AnDo December 4, 2013 at 4:19 pm

      @scarlet94
      Aku sendiri kurang banyak dengar lagu2 Yuming. Tapi beberapa diantaranya lumayan suka. Cobain Sotsugyo Shashin yang pernah banyak dipakai anak2 SMA dan Universitas Jepang jaman dulu buat lagu perpisahan kelulusan sekolah dan banyak di cover penyanyi Jepang hingga sekarang. Lalu cobain juga Ame no machi wo, Haru yo Koi, Ano hi ni kaeritai (yg ini rada nge-jazz).

  31. 68 bang ambo September 25, 2014 at 12:37 am

    Bang saya lagi baca artikel abang yang bahas l’arc en ciel. Tapi kok minta pasword ya? Hehe. Boleh tau gemana cara bukanya.

    Wah abang termasuk blogger yang masih aktif, kan kebanyakan blogger lain udah jarang nulis semenjak ada twitter.

    Salam…

  32. 70 Zahrani Anshar January 3, 2015 at 3:05 pm

    konbanwa ando ku,
    saya selama ini cuma jadi silent reader doang, mau minta tolong boleh kah ? Saya lagi tertarik ama taiga drama, judulnya kiyomori no taira, cuma agak desperate karena subtilte cuma sampai episode 5, kalau ada referensi bisa di share kah.
    Domo Arigatou

  33. 72 yeni wulandari June 6, 2016 at 12:57 am

    salam kenal Kaa ^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: