Locke & Key (complete season 1)

Plot

Setelah kematian suaminya Rendell Locke, Nina ingin memulai hidup baru dengan pindah ke rumah warisan keluarga Locke yang bernama Keyhouse bersama ketiga anaknya, si sulung Tyler yang masih SMA, si tengah Kinsey yang hanya beda 1-2 tahun dengan Tyler dan si bungsu Bode. Kematian Rendell akibat dibunuh oleh muridnya di depan keluarganya meninggalkan bekas trauma pada istri dan anak-anaknya. Diantar Duncan, adiknya Rendell, mereka pindah ke Keyhouse. Duncan sendiri tak tinggal di Keyhouse walau dibesarkan di sana bersama Rendell dan tampaknya Duncan membenci Keyhouse.

Dalam petualangannya menjelajahi Keyhouse, Bode menemukan sumur tua yang gemanya bisa menjawab omongannya. Sang Gema memberitahu Bode kalau Keyhouse menyimpan beberapa kunci magis nan ajaib yang bisa berbisik dan hanya keluarga Locke yang bisa mendengar bisikan mereka. Tentu saja anak SD seperti Bode bersemangat mencari kunci-kunci ajaib tersebut bagaikan petualangan mencari harta karun. Tanpa disadari, Sang Gema memiliki tujuan terselubung memanfaatkan Bode demi mendapatkan kunci-kunci ajaib untuk dirinya sendiri.

Mbak Gema (Echo) alias Lady in the Well yang misterius.

Komentar

Tanpa kuduga serial ini lumayan menarik untuk ditonton mengingat dugaan awalku bahwa Locke & Key tak lebih dari teenage drama Amerika dengan sisipan horror supranatural ternyata meleset. Drama psikologis keluarga Locke rupanya tak mengecewakan.

Misalnya saja keempat anggota keluarga Locke memiliki konflik pribadi masing-masing. Nina ingin pindah ke Keyhouse agar merasa tetap dekat dengan mendiang suaminya. Tyler si anak sulung terbebani merasa dirinya sebagai kepala keluarga pengganti mendiang Rendell yang harus melindungi ibu dan kedua adiknya. Kinsey si anak tengah yang paling dekat dengan ayahnya, merasa bersalah karena hanya bisa bersembunyi ketika sang ayah dibunuh di hadapannya. Hanya Bode si bungsu yang masih SD terlihat tak terpengaruh dan selalu bersemangat ribut menjelajahi tempat baru.

3 Locke bersaudara. (kiri-kanan) Kinsey, Bode dan Tyler

Lalu ada sang paman Duncan Locke yang tinggal di Boston dan hanya mengunjungi ipar dan keponakannya saat weekend. Seperti juga Rendell, Duncan tak mau tinggal di Keyhouse setelah lulus SMA. Walau besar di Keyhouse, Duncan sama sekali tak ingat soal kunci ajaib, padahal dia seorang Locke.

Oh iya, paman Duncan ini gay. Entah kenapa netflix terobsesi sekali dengan diversity, memasukkan karakter LGBTQ dan kulit berwarna tanpa ada pengaruh signifikan terhadap plot cerita, kadang annoying.

Aku sebenarnya sudah bosan dengan tipikal cerita drama remaja Amerika dengan tokoh bully, cowok/cewek populer, rebel teenager bermasalah, bla bla bla, dan serial ini masih menyelipkan adegan tersebut ketika membahas Tyler dan Kinsey yang masih siswa siswi SMA. Untungnya saja tak terlalu banyak dan bikin aku bosan, jadinya cerita masih lebih berfokus pada misteri rumah Keyhouse dan pernak-pernik kunci ajaib. 10 episode musim pertamanya cukup padat dengan pace yang lumayan cepat tanpa banyak basa basi kisah remaja angsty.

Serial ini merupakan adaptasi komik karya Joe Hill yang kabarnya lumayan dark dan gritty. Joe Hill sendiri adalah putra sulung novelis thriller kawakan Stephen King dan sudah punya nama cukup besar di dunia novel dan komik terlepas dari nama ayahnya. Tapi jangan khawatir, serial TV adaptasi dari komiknya ini cukup ringan dan tak terlalu berat untuk dinikmati anak remaja, bahkan plot twist yang disajikan juga tak terlalu sulit untuk ditebak. Kabarnya memang petinggi netflix menginginkan agar serial ini dibikin ringan untuk konsumsi remaja, lengkap dengan gaya fantasy a la Narnia.

Oh iya, netflix sudah memberikan konfirmasi bahwa season 2 akan dibuat. Jadinya ending menggantung yang bikin penasaran bakal mendapatkan cerita kelanjutannya di musim berikutnya.

0 Responses to “Locke & Key (complete season 1)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




Ando-kun

Live Traffic


%d bloggers like this: