Parasite

Saya nontonnya agak terlambat walau dari awal sudah ada keinginan untuk nonton sejak menang Palm d’Or festival film Cannes, tapi disimpan hingga akhirnya film ini menang Oscar.

Plotnya mungkin terkesan sederhana dan biasa saja, tentang keluarga miskin yang bekerja di rumah keluarga kaya dengan cara memalsu identitas.


Tapi yang bikin film ini istimewa adalah tema film dengan struktur yang berlapis-lapis, penuh bahasa simbol yang kalau dibahas tak habis dalam sehari. Bahkan jika didiskusikan lebih lanjut bakalan banyak membuka wawasan baru.


Contohnya saja banyak adegan yang menggunakan tangga dan air, silahkan pikir sendiri mengapa Bong Joon Ho banyak menggunakan tangga dan air secara filosofi dan simbolisme.

Salah satu lapisan-lapisan struktur yang ditata oleh Bong Joon Ho adalah fokus cerita tentang keluarga dalam film ini. Awalnya kita diperkenalkan dengan keluarga Kim sebagai keluarga kelas bawah dengan pembawaan dark comedy, lalu selanjutnya kita diperkenalkan pada keluarga Park dengan strata sosial elite. Lalu kita diposisikan untuk melihat interaksi simbiosis kedua keluarga Kim dan Park ini sebagai bangunan utama cerita dengan genre drama serius. Sama sekali tak kusangka kalau di pertengahan cerita, Bong Joon Ho akan memperkenalkan satu keluarga lagi di bawah tanah. Kelihatan mendadak tapi rasanya sangat mulus tanpa dipaksa karena sendari awal memang sudah disiapkan dengan detail oleh Bong Joon Ho lewat clue-clue yang tersebar dalam dialog antar tokoh bahwa ada keluarga ketiga yang akan muncul tanpa diduga dan berlanjut pada genre crime thriller di bagian akhir film. Bahkan di akhir film akhirnya aku mempertanyakan ulang, parasit yang dimaksud film ini sebenarnya yang mana? Keluarga Kim? Keluarga Park? atau semua karakter sesungguhnya parasit satu sama lain?

Salah satu hal yang bikin ternganga dari film ini adalah departemen production designer dan sinematografi. Desain rumah Kim dan kompleks tetangganya hingga rumah Park di atas bukit itu benar-benar keren, dan saya baru tau dari wawancara Bong Joon Ho kalau kedua rumah dan terutama kompleks apartemen semi-basement keluarga Kim dibangun khusus di bawah kolam renang. Ditambah sinematografi ngambil berbagai sudut pandang yang pas bikin tiap momen dalam film serasa begitu penting. Setiap kali kamera mengambil gambar tokoh masuk ke halaman rumah keluarga Park, kamera mengambil posisi memandang ke atas ke arah matahari, seakan kepala yang sedang mendongak. Sedangkan ketika memasuki kompleks tempat tinggal keluarga Kim kamera selalu mengambil posisi melihat ke bawah. Belum lagi lightening yang selalu menempatkan keluarga Park dengan rumah di atas bukit yang terang benderang terkena cahaya matahari, dibanding keluarga Kim yang hanya mendapatkan sebagian cahaya matahari karena matahari terhalang bangunan yang lebih tinggi.


Adegan yang diarahkan oleh Bong Joon Ho seakan tak ada adegan yang sia-sia karena masing-masing semuanya punya makna tersendiri, kadang kita baru sadar ketika nonton cuplikan adegan untuk yang kesekian kalinya karena baru melihat detail-detail kecil yang mungkin terlewat ketika nonton satu kali.


Seperti halnya nonton film Kore-eda, film Bong juga selalu memberikan kesan pertama ketika menonton: bikin perasaan gak enak dan campur aduk. Tapi diakhir film baru sadar kualitas filmnya memang oke punya dan mulai banyak ide dan pikiran di dalam kepala untuk membedah isi film yang tiada habisnya untuk dibahas.

Apakah Parasite memang pantas menyabet Palm de’Or? Ya, saya setuju. Memang pantas.
Bagaimana dengan Piala Oscar? Kebanyakan putusan panitia AMPAS berbau politis, tapi juri Cannes jauh lebih fair dalam menilai film.

0 Responses to “Parasite”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




Ando-kun

Live Traffic


%d bloggers like this: