Weathering with You

Tenkinoko

Plot

Morishima Hodaka seorang remaja kelas 1 SMA minggat dari kampung halamannya di pulau terpencil untuk pergi ke Tokyo. Luntang-lantung sampai bokek di Tokyo, Hodaka akhirnya bekerja sebagai wartawan cabutan untuk majalah okultisme. Tugas pertamanya adalah menulis berita tentang Hare no Onna, gadis misterius yang dipercaya memiliki kekuatan menghentikan hujan.
Hodaka berkenalan dengan seorang gadis muda bernama  Amano Hina yang tinggal berdua bersama adiknya si playboy Nagi. Hina membuka rahasia pada Hodaka bahwa dirinyalah si Hare no Onna.

Komentar

Saya tak bisa bilang film yang beredar di Jepang dengan judul Tenki no Ko (anak cuaca) ini jelek, tapi plot ceritanya terlampau biasa saja untuk dibilang istimewa. Malah dalam banyak adegan terasa sekali aura film Shinkai sebelumnya yaitu Kimi no Na wa (Your Name) tanpa malu-malu dimasukkan oleh Shinkai Makoto ke dalam Weathering with You. Gaya Shinkai ketika menyutradarai Your Name bisa dirasakan diulang dalam film ini, bahkan Shinkai juga menggunakan lagu-lagu Radwimps sehingga semakin menambah kental suasana film Your Name.

Sepanjang film, berulang kali saya tanpa sadar selalu membandingkan film teranyar Shinkai ini dengan Your Name. Termasuk pada adegan akhir juga masih terasa hawa ending yang ditampilkan dalam Your Name. Belum lagi ditambah dengan kemunculan cameo Taki dan Mitsuha, dua tokoh utama dalam film Your Name.

Sepertinya Shinkai memang sengaja melakukan hal ini mengingat betapa meledaknya film Your Name di pasaran sehingga berharap formula yang sama akan membuat Weathering With You akan mengalami nasib yang serupa.

 

Satu hal yang cukup membuat saya terkejut, Shinkai menampilkan Tokyo sebagai kota yang dingin, kejam dan menakutkan walau terlihat indah gemerlap di luar. Adegan Hina direkrut untuk bekerja sebagai wanita penghibur dengan iming-iming gaji besar sungguh bukan hal biasa untuk anime populer. Ditambah lagi adegan betapa sulitnya Hodaka mencari kerja sambilan dan setiap kali mendapat panggilan interview selalu berhubungan dengan kerjaan dunia underground.
Untuk hal ini, saya memberikan acungan jempol pada Shinkai atas keberaniannya memasukkan sisi gelap kota metropolitan Tokyo, kontras dengan Tokyo yang gemerlap menyenangkan dalam Your Name.

 

Yang membuat saya masih berdecak kagum tentunya masalah visual film karena bagaimanapun juga nama Shinkai Makoto adalah jaminan mutu untuk urusan visual. Adegan hujan yang sering ditampilkan oleh Shinkai dalam film-filmnya dibuat lebih indah dan detail dalam film ini, dari tetesan, percikan air, gerimis hingga hujan lebat, semuanya mampu membuatku terpana hingga kadang aku melupakan plot cerita.

 

Pada dasarnya Weathering With You ini film lanjutan Your Name yang dibuat  dengan formula racikan dan semangat yang sama, tapi memiliki plot dan jalan cerita yang berbeda dengan setting kota Tokyo yang lebih gelap dan muram. Tontonlah film ini di layar lebar karena jualan visualnya memang terasa maksimal jika dilihat di layar bioskop.

1 Response to “Weathering with You”


  1. 1 Kasamago July 26, 2019 at 6:19 am

    hal pertama yg dinanti dari karya shinkai adalah visualisasi grafisnya.. seger rasanya. Plot nya terlalu super down to earth nih..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: