Cobra Kai (season 1)

cobrakai

Anda sudah menonton Karate Kid?
Bukan! Bukan Kungfu Kid-nya bocah anak Will Smith yang main bareng Jackie Chan lalu diterjemahkan jadi Karate Kid.

Yang kumaksud adalah Karate Kid original yang menampilkan Ralph Macchio dan Pat Morita sebagai duo murid-sensei. Serial ini adalah sequel dari film originalnya dengan menampilkan 2 karakter utamanya yang dimainkan oleh aktor yang sama yaitu Daniel LaRusso ( Ralph Macchio) dan Johnny Lawrence (William Zabka) yang masih melanjutkan rivalitas mereka sejak masa SMA.

34 tahun setelah peristiwa final kompetisi Karate yang dimenangkan Daniel LaRusso yang sukses mengalahkan Johnny Lawrence dari perguruan Cobra Kai, Johnny bermaksud menghidupkan kembali perguruan Cobra Kai. Johnny yang hidupnya berantakan ingin menebus kesalahannya di masa lalu dengan melatih karate anak-anak korban bully. Sementara itu Daniel sukses karirnya sebagai pengusaha dealer mobil yang punya banyak cabang di seantero kota.

Johnny yang ingin menebus kesalahan dan Daniel yang kerepotan menjalankan hidupnya dengan filosofi Mr. Miyagi kembali berhadapan sebagai rival, dan semuanya harus diselesaikan kembali lewat cara jadul yaitu kompetisi karate.

Terus terang saja serial ini kutonton lebih karena nostalgia nonton film originalnya di masa lalu. Ternyata serialnya tetap asyik buat dinikmati walau dengan formula lawas yang generik tentang coming age, perseteruan anak remaja sekolah, bullying, rivalitas masa lalu, hingga kisah cinta Romeo and Juliet.

Karakter yang kusuka dalam serial ini justru semi-anatagonis di film originalnya yaitu Johnny Lawrence si bocah tukang bully. Zabka yang memainkan karakter originalnya di masa lalu mampu menampilkan dengan baik bagaimana Johnny si tukang bully tumbuh menjadi seorang pecundang, bapak yang tak bertanggung jawab, tukang mabuk, tapi berhasrat untuk memperbaiki diri dengan menebus segala kesalahannya dengan melatih anak-anak di dojo Cobra Kai. Di lain pihak Ralph Macchio juga mengimbanginya dengan memainkan Daniel LaRusso yang dulunya korban bully tumbuh menjadi pengusaha sukses kaya raya. Serial ini juga dimeriahkan karakter lama yang muncul kembali dan dimainkan oleh aktor originalnya seperti Randee Heller sebagai ibunya Daniel dan tokoh antagonis utama film originalnya John Kreese yang masih diperankan Martin Kove.

Berhubung ini serial drama komedi, jangan berharap adegan aksi tarung karate akan terlihat keren dengan berbagai jurus spesial. Aksi karate film ini termasuk seadanya karena memang penekanannya adalah drama, konflik antar karakter dan komedi yang terselip di antara adegan drama. Banyak adegan kilas balik yang membuat penonton film originalnya mungkin terkenang dengan sosok mendiang Pat Morita yang dulu bermain sebagai Miyagi-sensei.

Ada satu sub-plot baru yang kusuka yaitu bagaimana orang yang biasanya di-bully setelah percaya diri dengan kemampuannya, bisa berbalik menjadi sosok tukang bully.

Berhubung serial ini hanya 10 episode dengan durasi 30an menit tiap episode, serial ini mudah ditonton dan terasa fleksibel dengan waktu tontonnya. Season 2 sudah dikonfirmasi akan dibuat, boleh kita tunggu aksi rivalitas Johnny-Daniel beserta murid-murid karate mereka.

4 Responses to “Cobra Kai (season 1)”


  1. 1 Kasamago May 25, 2018 at 1:14 am

    Wah.. coba ntar tengok Cobra Kai. yg penting Glory of Love nya peter cetera tetap membahana..

  2. 3 Alisarbi May 27, 2018 at 4:29 am

    Kalo blon nonton Karate Kid yang dulu itu, bisa nyambung gak ya? Apa musti nonton dulu?

    • 4 AnDo May 27, 2018 at 4:35 am

      @Aisarbi
      Mending nonton Karate Kid dulu (yang original), filmnya bagus koq.
      Soalnya development character Cobra Kai didasarkan 2 tokoh film aslinya. Lumayan kerasa kalau belum kenal siapa Daniel LaRusso dan Johnny Lawrence di kala muda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: