Sword Master

144356-75188942_1000x1000
Plot
Tuan muda ke-3 keluarga Xie dari partai pedang dewa, adalah pendekar pedang nomor satu yang tak terkalahkan. Lelah bertarung, Xiao-feng si anak ke-3 ketua partai pedang dewa tersebut akhirnya merantau jadi gelandangan tak mau lagi bertarung dan membunuh. Di lain pihak, Yan Shi-san si 13 walet mencarinya untuk menentukan pedang siapa yang lebih tangguh. Selain itu juga masih ada si wanita berbisa Murong Qiu-ti yang mencari Xiao-feng demi masa lalu mereka berdua.

Komentar
Ini adaptasi dari novel silat karya Gu Long (Khu Lung) yang pernah kubaca beberapa tahun yang lalu, judul aslinya Pedang si Tuan Muda ke-3. Sebenarnya plot yang dirangkai Gu Long lebih banyak plot twist-nya, sayangnya memang sulit untuk diadaptasi jadi sebuah film layar lebar, lebih cocok untuk serial TV. Ujung2nya, sutradara Derek Yee mengarahkan besutannya ini terlampau lurus tanpa riak berarti. Malah boleh dibilang, tanpa membaca novelnya pun bisa ditebak arah dan akhir cerita film ini.
Li Gengxin yang bermain sebagai Xie Siao-feng si tuan muda ke-3 dari partai pedang dewa, aktingnya tak istimewa. Untuk adegan-adegan yang membutuhkan emosi justru terlihat datar. Bisa dimaklumi juga sih, mengingat karakter Xie Siao-feng termpau biasa dibandingkan karakter Yan Shi-san dan Murong Qiu-ti yang lebih kompleks.

Yang menarik justru akting Peter Ho sebagai si pembunuh bayaran Yan Shi-san si 13 Walet yang digadang-gadang ilmu pedangnya bisa mengalahkan si tuan muda ke-3. Jiang Yiyan yang bermain sebagai Murong Qiu-ti, femme fatale yang cantik, lemah lembut tapi berbisa juga mampu memberikan penampilan yang bagus. Malah aktor senior Norman Chu (yang dulu pernah main sebagai pendekar Ulat Sutera) lebih bisa mencuri perhatian dibanding Li Gengxin. Padahal porsi penampilannya sebagai ketua partai pedang dewa tak banyak, cuma beberapa menit.

Yang kusukai adalah sinematografi dan pergerakan kameranya yang menarik. Action Choreography sendiri yang penuh dengan wire-fu lumayan, hanya saja efek CGI yang dipadu dengan ilmu pedang kurang enak dipandang.

O iya, novel Pedang Tuan Muda ke-3 dulunya pernah diadaptasi menjadi film layar lebar berjudul Death Duel dengan Derek Yee yang masih muda berperan sebagai Xie Siao-feng.
Advertisements

4 Responses to “Sword Master”


  1. 1 jensen99 February 7, 2017 at 3:52 am

    Perlu banget ya dipromosikan kalo 3D? Haha.. Kucek di imdb cuma 108 menit. Sering kesel sama film yg dibawah 2 jam kalo yg diceritakan sebenarnya bisa lebih banyak. Tapi dah kucatat, nanti dicari.

    • 2 AnDo February 7, 2017 at 4:15 am

      Mungkin karena bioskop di RRC lagi ngetrend film 3D kali. Hahaha…
      Boleh ditonton lah, secara film2 genre wuxia dikit banget akhir-akhir ini. Setidaknya lebih mending dibanding sequel Crouching Tiger Hidden Dragon yang kering itu.

  2. 3 Dwi Okta Nugroho March 4, 2017 at 12:36 pm

    Tiongkok kykny lg sepi film2 dashyat macam Red Clif, IPman, hidden dragon Dll..
    Film silat terbaik ttp Pendekar Awan Angin ><


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: