Your Name (Kimi no Na wa)

a-kiminona

Plot

Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana entah bagaimana caranya, saling bertukar tubuh secara random. Awalnya mereka berdua kebingungan dan menganggap semuanya mimpi sampai akhirnya mereka sadar kalau pertukaran tubuh itu benar adanya. Supaya kehidupan mereka berdua sehari-hari tak mengalami kekacauan, Mitsuha dan Taki saling bertukar info lewat buku catatan maupun pesan di smartphone mereka masing-masing. Hasilnya mereka menjadi terbiasa dan mulai menikmati pertukaran peran.

Hingga pada suatu hari mereka menyadari sesuatu yang fatal akan terjadi.

Komentar

Bicara soal karya Makoto Shinkai, tentu tak akan terlepas dari animasi dengan gambar berkualitas tinggi. Dan kukira kita tak perlu lagi meragukan kualitas animasi grafis buah tangan Shinkai, kukasih 4 jempol deh. Apalagi konsep background dan landscape yang halus dan memukau mata, nonton di layar bioskop yang besar memang jauh lebih memuaskan dan mengesankan dibanding melihat di layar kaca dan komputer.

Mengenai plot, biasanya Shinkai selalu memasukkan isu jarak, ruang dan waktu yang bertumpang tindih. Ingat dengan Voices of a Distant Star yang berbicara tentang jarak dan waktu? The Place Promised in Our Early Days dan Children Who Chase Lost Voices yang membahas ruang dan dimensi? dan konsep jarak di 5 Centimeters Per Second yang bikin banyak orang jadi galau?

Ya! Makoto Shinkai masih membahas jarak, ruang dan waktu dalam film ini, hanya saja dengan gaya yang agak berbeda. Shinkai cukup fasih membangun 2 karakter utama, baik lewat interaksi keduanya via coretan buku dan pesan di smartphone, maupun lewat pergaulan masing-masing tokoh dengan teman akrab mereka. Pelan tapi pasti penonton diajak untuk bersimpati pada mereka sebelum akhirnya plot twist dimunculkan di pertengahan film. Plot twist inilah yang nantinya akan membuat pace film jadi lebih cepat, mulai menegangkan dan membuatku bertanya-tanya akan hubungan “khusus” Mitsuha dan Taki.

Kalau melihat betapa Shinkai suka sekali menaruh konsep “takdir” pada karakter dalam filmnya, aku sudah bisa mengira-ngira akan dibawa kemana kisah dua karakter utama. Gaya berpapasan di jalan, lalu merasa ada koneksi dengan orang yang lewat di sebelah itu diulangi lagi oleh Shinkai untuk kesekian kalinya. Udah trademark kali yah.

Ada dua momen di mana sound film dibuat sunyi tanpa suara. Aku merasa ada emosi yang dicoba dibangkitkan oleh Shinkai pada penonton lewat momen keheningan dan jeda antar scene, dan aku suka dengan keheningan yang digunakan oleh Shinkai sebagai media untuk membangkitkan sedikit emosi. Apalagi sound film menggunakan musik berirama cepat gubahan band alternative rock Radwimps, terasa sekali jeda dan kesunyian yang dihasilkan.

Walau ada beberapa scene yang kurasa agak dragging dan bisa dihilangkan demi efektifitas, secara keseluruhan aku menyukai karya Shinkai kali ini. Aku lebih menikmati plot dan pace yang dipakai oleh Shinkai dalam Your Name dibanding rata-rata film buatan Shinkai sebelumnya.

3 Responses to “Your Name (Kimi no Na wa)”


  1. 1 Saya November 3, 2016 at 6:43 pm

    menarik ceritanya…shinkai sensei galau lagi ga disini mas? karyanya soalnya galau semua:))


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: