Love Letter

loveletterjpback

 

Plot

Lokasi: Kobe, prefektur Hyogo.

Dua tahun telah berlalu sejak kematian tunangannya Itsuki Fujii dalam kecelakaan mendaki gunung, Hiroko Watanabe (Miho Nakayama) masih belum bisa move on. Di dalam kamar Itsuki, Hiroko menemukan buku kelulusan SMP milik Itsuki ketika masih bersekolah di kota Otaru. Dalam buku tersebut tercantum foto-foto dan alamat siswa, termasuk alamat Itsuki ketika masih tinggal di Otaru.
Sekedar ingin mengenang mendiang kekasihnya, Hiroko menulis surat untuk Itsuki dan mengirimkannya ke alamat Itsuki yang tertera buku kelulusn SMP milik Itsuki. Tak disangka  surat Hiroko dibalas.

 

Lokasi: Otaru, prefektur Hokkaido.

Seorang gadis muda bernama Itsuki Fujii (juga dimainkan oleh Miho Nakayama) di Otaru menerima surat dari perempuan yang tak dikenalnya. Merasa tak ada salahnya untuk membalas surat tersebut, Itsuki iseng menulis surat balasan. Sejak itu Hiroko dan Itsuki saling berbalas surat dan mulai berbagi kenangan tentang sosok seorang pemuda di masa lalu yang bernama Itsuki Fujii.

Hiroko menemukan bahwa lelaki yang dicintainya ternyata tak sesederhana yang dia kira, sedangkan Itsuki mendapatkan ruang baru dari kenangannya tentang sosok pemuda yang memiliki nama sama dengannya.

Komentar

Pernah nonton Chungking Express-nya Wong Kar-wai? Mood dan tema yang diutarakan film ini memiliki kemiripan. Berbicara tentang kenangan dan rekonstruksi identitas seseorang dalam kenangan yang memunculkan perpektif baru. Ada beberapa adegan yang kelihatnya berdiri sendiri-sendiri tapi ajaibnya justru nyambung dan saling berkaitan.

Adegan kilas balik masa SMP dua Itsuki Fujii terasa manis, semanis cinta pertama yang malu-malu kucing sekaligus juga lucu dengan sepercik bumbu komedi.

Mood film benar-benar dipengaruhi oleh sinematografi musim dingin yang ditangkap kamera dengan indah dan elegan. Suasana kota kecil Otaru di Hokkaido yang bersalju bisa ditampilkan dan mempengaruhi mood menonton sampai aku sendiri susah beranjak dari suasana film walau sudah selesai menonton. Mungkin ada pengaruh dari kunjunganku ke kota Otaru di Hokkaido bulan lalu.

Dari segi akting, Miho Nakayama bermain bagus dalam double role, baik sebagai Hiroko yang anggun maupun sebagai Itsuki yang terlihat ceria namun melankolis. Sedangkan Miki Sakai yang bermain sebagai Itsuki si perempuan muda di adegan kilas balik masa SMP, mencuri perhatian dengan mimik dan gesture tubuhnya.

Tadi sempat terpikir, suasana film ini dipengaruhi situasi pada tahun 1990an ketika sosial media masih belum eksis. Kalau sudah ada facebook dan mixi pada saat itu, tentunya tak perlu capek-capek nebak sosok Itsuki Fujii dan Hiroko, tinggal cari saja profilnya via socmed😛

Sebenarnya banyak hal yang ingin kutulis tentang film yang diproduksi tahun 1995 ini, tapi khawatir akan spoiler yang membuat tawar apa yang disampaikan oleh Shunji Iwai sang sutradara. Yang pasti film ini ditutur dengan indah dan membuatku sulit move on dari sosok manis Miho Nakayama.

 

7 Responses to “Love Letter”


  1. 1 Radira September 20, 2016 at 8:30 am

    Lupa-lupa ingat sama film ini soalnya udah lama nontonnya.
    Nonton film ini juga gara-gara cuma pengen liat si kawai Kassy-kun😀

  2. 3 jensen99 September 21, 2016 at 2:46 am

    Ini seingatku film terbaik yang kutonton di 2014.🙂

  3. 5 Dwi Okta Nugroho September 24, 2016 at 12:07 am

    Penasaran dg “perspektif baru nya”.. N klo set nya djmn skrg, mngkin jdulny jd LoveMixi

    • 6 AnDo September 29, 2016 at 4:16 am

      @Dwi
      Kalau jaman sekarang mungkin gak seru lagi plotnya. Bayangin aja, tinggal cari nama yang bersangkutan di socmed, lalu cross check dengan umur dan tempat tinggal, langsung ketauan deh tampang dan data si Itsuki Fujii hahahaha…


  1. 1 Love Letter : Membalikan Kisah dengan sudut pandang baru | Kasamago | Opinion and Information Trackback on October 28, 2016 at 10:26 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: