Quruli – Highway

4e8f259199f2e

 

Lagu ini adalah lagu yang terus menemaniku di perjalanan karena selalu kuputar dan kutempatkan paling atas di playlist mp3 playerku.

 

Tidak seperti Kagerou dengan chord progress yang menarik, Highway cenderung sederhana. Sederhana chord preogress-nya, sederhana komposisinya, juga tak banyak menggunakan instrumen pemanis. Yang paling spesial buatku dalam lagu ini adalah liriknya.

 

Highway secara literal dan eksplisit menceritakan tentang perjalanan yang ditempuh seseorang menggunakan mobil. Tapi aku menangkap bahwa perjalan yang dilakukan sang “karakter” dalam lagu bukan hanya perjalanan fisik dalam arti literal melainkan juga perjalanan spiritual dalam bahasa metafora, apakah itu perjalanan karir ataukan itu perjalanan cinta, intinya lebih ke perjalanan hidup secara personal.

Silahkan baca translasi lirik di link ini.
Translasinya lumayan bagus, kecuali bagian Jonii yang diartikan menjadi Johnny, padahal menurutku itu Journey.

 

Awal lagu diungkapkan bahwa sang karakter menyatakan dia punya 100 macam alasan untuk memulai perjalanannya, dari memang sudah muak dengan kondisi saat itu, tertarik dengan sesuatu yang abstrak hingga keinginan memiliki driver licence.

 

Di pertengahan lagu, tercetus keinginan untuk melakukan sesuatu yang besar dan penting.

 

Nani ka dekkai koto shite yarou!

 

Ah, ini adalah cita-cita setiap manusia yang memiliki hasrat untuk melakukan sesuatu yang besar, baik untuk diri sendiri, untuk keluarga hingga yang paling besar…untuk dunia.

 

Bagian akhir lirik merupakan self warning bagi si karakter untuk lebih mawas diri, membumi, lebih bijak menilai kondisi diri.

Dengan melakukan perjalanan, akan meninggalkan banyak kemudahan dan rutinitas. Tetapi nantinya segala kemudahan itu akan datang dengan sendirinya seiring dengan pengalaman yang didapat dari perjalanan yang ditempuh.
Dan pada akhirnya, sebenarnya tak ada satupun alasan untuk melakukan perjalanan, semuanya berawal dari nol dan serakan mimpi lalu akan kembali lagi ke titik awal dengan pengalaman yang membuat diri kita berbeda dari kondisi kita di awal perjalanan.

Video Clip
Lagu ini adalah main theme dan soundtrack dari film Josée, the Tiger and the Fish yang dibintangi oleh Satoshi Tsumabuki. Video clipnya juga menampilkan karakter yang diperankan Tsumabuki.

 

Clip diawali dengan Tsumabuki datang mengendarai sepeda lalu bertemu dengan pengendara skuter. Tsumabuki ganti mengendarai skuter lalu bertemu dengan mobil box dan ganti mengendarai mobil box. Seterusnya kejadian berulang dengan mobil bis dan mobil pemadam kebakaran, hingga akhirnya Tsumabuki kembali ke lokasi awal dan kembali mengendarai sepedanya.

 

Aku jadi ingat dengan kisah buku karangan Paulo Cuelho yang berjudul The Alchemist. Ya seperti itulah kesanku terhadap video clip yang disutradarai oleh Takeuchi Tetsuro ini dan video clip ini membuatku semakin terkesan terhadap lirik lagu ini dan begitu pula membentuk pemahamanku terhadap bagian akhir lirik Highway.

video clip Highway bisa dilihat di link dailymotion ini

 

 

 

 

0 Responses to “Quruli – Highway”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: