5 Lagu Rock paling keren dari band fiktif dalam film Jepang

Lagu soundtrack dalam sebuah film sudah jamak dimasukkan oleh sutradara baik demi memperkuat plot cerita maupun hanya demi komersialisasi film supaya lebih menarik minat penonton. Salah satu dari jenis soundtrack demi plot cerita adalah lagu yang dibawakan oleh tokoh cerita dalam film tersebut. Kali ini saya membuat daftar 5 lagu soundtrack bergenre rock yang dibawakan karakter dalam film bersama rekan ngebandnya. Jadi bukan hanya sekedar soundtrack pembuka atau penutup film saja, melainkan dibawakan sang tokoh dalam film sebagai bagian dari plot cerita. Di sini saya hanya membatasi daftar dengan mengambil lagu dari film live action. Mohon maaf jika tak ada lagu dari film anime seperti misalnya K-On! The Movie di dalam daftar. Inilah 5 lagu rock paling keren dari band fiktif Jepang versi Toumei Ningen, kalau tidak setuju dipersilahkan bikin daftar versi sendiri.😛

Judul: Fish Story

Band: Gekirin

Film: Fish Story

Anda boleh tidak setuju dengan pilihan saya ini, tapi memang tak ada yang bisa menandingi lagu yang dibawakan band fiktif Gekirin ini untuk menduduki posisi pertama. Lagu punk rock ciptaan rocker Jepang Kazuyoshi Saito ini energik dan keren walau kenyataannya tidak komersil dan tidak laku dijual di pasaran. Hanya lagu yang pernah menyelamatkan dunia dari kehancuran saja yang berhak menduduki posisi pertama dan lagu itu adalah Fish Story.

—————————————————-

Judul: Insecticide

Band: Crude Play

Film: Kanojo wa Uso wo Aishugiteru (The Liar and His Lover)

Posisi dua ditempati oleh band fiktif supergrup Crude Play. Sebenarnya ada 3 lagu yang dibawakan oleh Crude Play dalam film, tapi pilihan saya jatuh pada Insecticide untuk posisi nomer dua. Lagu ciptaan bassist Tokyo Jihen Seiji Kameda ini terdengar memberikan warna khas lagu buatan Kameda, yaitu permainan bass yang dominan.

———————————————————————

Judul: Moon Beams

Band: Beck

Film: Beck The Movie

Walaupun di dalam film live action-nya lagu Moon Beams dibawakan voiceless oleh tokoh Koyuki, tetap saja tidak menghalangi saya untuk meletakkannya di posisi nomor tiga. Lagu aslinya sendiri berjudul BOY dan dibawakan oleh band Spank Page, dan demi kepentingan film lagu tersebut diberi judul Moon Beams yang dibawakan oleh band yang menjadi sentral cerita dalam film yaitu Beck.

———————————————————————-

Judul: Glamorous Sky

Band: Nana feat. Black Stones

Film: NANA

Lagu yang dibawakan Mika Nakashima sebagai Nana ini saya kira pantas menduduki posisi ke empat. Lagu ini merupakan ciptaan Hyde (L’Arc en Ciel/VAMPS) yang dipadu dengan lirik buatan pencipta manga Nana original Ai Yazawa. Sebenarnya suara Mika Nakashima lebih cocok untuk membawakan lagu-lagu ballad dan slow, tapi Glamorous Sky yang bergenre rock ini sukses dibawakan dengan baik oleh Mika tanpa kehilangan rasa ngerock-nya. Sayangnya lagu Hitoiro ciptaan Takuro (GLAY) dalam film sequelnya Nana 2 kurang sukses, sehingga menyebabkan Mika memutuskan berhenti membawakan lagu rock.

BTW, Glamorous Sky juga dibawakan Hyde dalam live concert dan hasilnya jauh lebih sangar dari versi Mika Nakashima.

———————————————————————–

Judul: Solanin

Band: ROTTI

Film: Solanin

Lagu yang aslinya milik Ajikan (Asia Kungfu Generation) ini menempati urutan kelima dalam daftar. Pada dasarnya lagu milik Ajikan ini tak kalah bagus dibanding lagu-lagu di atas, sayangnya suara Aoi Miyazaki terlalu pas-pasan utuk membawakan Solanin. Saya jauh lebih suka versi asli milik Ajikan dibandingkan versi ROTTI yang dibawakan di dalam film Solanin.

————————————————————————-

Runner Up:

Judul: Satsugai

Band: Detroit Metal City

Film: Detroit Metal City

————————————————————————-

Judul: Sayonara no Junbi wa mou Dekiteita

Band: Crude Play

Film: Kanojo wa Uso wo Aishugiteru (The Liar and His Lover)

4 Responses to “5 Lagu Rock paling keren dari band fiktif dalam film Jepang”


  1. 1 purisuka November 8, 2015 at 1:45 am

    Wah saya juga paling suka yang Gekirin. Film-film lainnya udah nonton tapi lagu-lagunya udah rada lupa, hehe. Favorit saya sendiri bukan dari band fiktif, tapi penyanyi fiktif, tepatnya Lily Chou-chou dari film All About Lily Chou-chou. Itu satu album enak-enak semua lagunya.
    btw hisashiburi Ando-san, sudah lama tidak komen di sini😀

    • 2 AnDo November 8, 2015 at 12:08 pm

      @purisuka
      Lagu2 Lily Chou Chou depresif melulu, bikis stress hahaha😛
      Apa kabar puriska? Walau jarang nulis tapi puriska masih update blog ya. Aku juga udah jarang bikin postingan, kebanyakan sibuk di dunia nyata.

  2. 3 kasamago November 18, 2015 at 4:19 am

    Crude play lngsng jd idaman di telinga, moon beams sllu berkesan di telinga karna movienya terbilang cukup amat keren..

    http://kasamago.com/

  3. 4 Ariesusduabelas2 February 1, 2016 at 4:34 am

    by the way, dari sekian daftar taunya cuma satu lagu di film solanin. bagus itu.. terus keterusan cari lagu jejepangan lain dah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: