The Liar and His Lover

Judul asli: Kanojo wa, Uso wo Aisugite

Plot:
Perkenalkan Aki Ogasawara, seorang pencipta lagu terkenal merangkap komposer and arranger untuk Crude Play, band nomer satu paling terkenal di Jepang. Aki hidup dalam depresi hingga dia bertemu dengan seorang anak SMA berusia 16 tahun bernama Riko. Dari awal bertemu, Aki sengaja menyembunyikan identitas aslinya termasuk nama dan pekerjaan aslinya kepada Riko. Kencan dengan Riko mulai mengubah hidup Aki jadi lebih ceria dan mulai memiliki semangat hidup, hingga situasi menyebabkan Aki mau tak mau harus berterus terang pada Riko.

Komentar:
Film ini tayang di bioskop Jepang pada akhir tahun 2013 hingga awal 2014, tak disangka diputar di TV pada tanggal 6 Juni 2015 sehingga aku bisa menontonnya secara gratis dan legal.

Berhubung film ini berasal dari adaptasi manga Shoujo, bisa ditebak karakter yang ditampilkannya juga khas manga shoujo. Lihat saja sosok Aki yang merupakan musisi terkenal tapi misterius karena tak pernah muncul di muka publik, hal yang membuatnya terlihat cool di mata Riko. Lalu Riko seorang gadis polos yang mau saja dibohongi Aki, dan tentu saja Riko punya talenta musik supaya ada konflik yang nyambung dengan dunia Aki. Adegan romantisnya pun khas manga, dari lari-lari berdua menerobos kerumunan orang-orang di pedestarian Tokyo, hingga gaya Aki merapatkan dirinya ke tubuh Riko di dinding. Memang film ini dibuat untuk memuaskan cewek-cewek penggemar manga shoujo yang romantis.

Yang bikin aku nongkrongin film ini sampai habis bukanlah plot drama romantisnya, melainkan kisah band Crude Play dan lagu-lagunya yang apik. Ada 3 lagu Crude Play ciptaan Aki Ogasawara yang ditampilkan dalam film yaitu Sotsugyo, Insecticide dan Sayonara no Junbi wa, Mou Dekiteita. Semakin didengar, lagu-lagu ini semakin nempel dikuping. Penasaran, akhirnya kucari info tentang pencipta lagu dan komposernya yang ternyata Seiji Kameda.
Ya! Seiji Kameda si bassist Tokyo Jihen yang terkenal itu menjadi produser sekaligus mengaransemen semua lagu yang ditampilkan dalam film ini. Pantasan saja progression bass line lagu Insecticide gayanya Kameda banget. Para aktor yang memerankan personil Crude Play juga bekerja keras dan berlatih tekun untuk membawakan seluruh lagu-lagu Crude Play tanpa stand in musisi profesional. Seluruh aktor kecuali Koudai Asaka yang berperan sebagai drummer Teppei, memiliki pengalaman memainkan alat musik sehigga mereka tinggal mengasah kemampuan mereka saja. Tapi Asaka yang tak pernah menyentuh drums set mau tak mau berlatih ekstra keras, sampai-sampai Asaka jadi tertarik dan meneruskan berlatih menjadi drummer setelah syuting selesai. Selain itu juga mereka sempat tampil live di acara Music Fair di Fuji TV dan juga mengadakan mini-concert ketika tur mempromosikan film ke seluruh Jepang. Sekalian juga promosi CD single lagu Crude Play yang dirilis bersamaan dengan peluncuran film.

7 Responses to “The Liar and His Lover”


  1. 1 jensen99 June 18, 2015 at 1:36 am

    Menarik nih. Semoga ada di situs donlot langganan. Film2 Jepang kadang susah dicari. Minggu lalu nonton Midnight Sun (Taiyou No Uta) ngopinya dari geng pendonlot anime.😛

  2. 3 kasamago July 5, 2015 at 2:37 am

    wew, jd pnasaran dg musik2ny..

    • 4 AnDo July 6, 2015 at 11:55 am

      @kasamago
      Di youtube ada sih, cuma sample doang. Coba cari di dailymotion.
      Judulnya: Sayonara no junbi wa mou dekiteita, Insecticide, Sotsugyo
      Artis: Crude Play

  3. 5 iza awnar July 27, 2015 at 1:45 am

    salam pecinta film.
    bolehkah kita berbagi link blog review film ?
    blog saya di [iza-anwar.blogspot.com]
    jangan lupa klik follow di pojok kanan atas juga ya ?

    terima kasih sebelumnya. yoroshiku onegaishimasu

  4. 6 Saya September 29, 2015 at 3:15 am

    Pandai produsernya…ya film ya lagu laku dijual…:)
    Semoga bisa menikmati kalau ketemu


  1. 1 5 Lagu Rock paling keren dari band fiktif dalam film Jepang | Toumei Ningen - The Reviews Trackback on November 7, 2015 at 4:09 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: