Supernatural The Complete Season Eight

Delapan musim merupakan waktu yang panjang bagi serial TV modern dan tak banyak yang bisa bertahan selama itu. Tapi ternyata serial Supernatural masih sanggup bertahan dan bersaing dengan serial-serial baru unggulan berbagai macam program TV. Boleh dibilang Supernatural sudah menjadi serial Cult yang mempunyai banyak penggemar. Minggu lalu, Supernatural menayangkan episode terakhir dari musim kedelapannya yang berjudul Sacrifice. Bagaimanakah pendapatku secara keseluruhan satu musim?

Menurutku, season 8 Supernatural adalah season terlemah jika dibanding tujuh season sebelumnya. Ada beberapa hal yang membuatku berpikir demikian, tapi yang paling besar berkontribusi dalam menurunnya rating Supernatural kali ini adalah fokus utama cerita.
Ya, fokus cerita season 8 ini acak-acakan dan itu menyebalkan.
Tak ada tema utama yang menjadi basis untuk menyambungkan cerita setiap episode season 8 hingga usai di episode 23. Awalnya kusangka cerita utama akan berfokus pada demon tablet, lalu muncul kisah romantisme Sam dengan Amelia, lalu muncul Ordo rahasia Men of Letters, lalu muncul cerita chaos di surga, terus… terus… dan cerita akhirnya balik lagi ke demon tablet. Tanpa dasar yang solid, season 8 sulit untuk menjaga ritme untuk setiap minggu sehingga setiap episode lebih mirip episode filler dibanding kelanjutan cerita-cerita sebelumnya.

Tentunya ada hal yang menarik perhatianku pada season kedelapan ini dan itu adalah Ordo rahasia yang bernama Men of Letters. Konsep Men of Letters sebenarnya mirip dengan Hunter, tapi dengan penekanan pakai otak dibandingkan Hunter yang lebih menekankan penggunaan otot. Dengan demikian secara otomatis, Men of Letters sangat cocok bagi Sam yang lebih banyak berperan sebagai otak bagi Winchester bersaudara, sedangkan Dean sejak awal jelas-jelas sudah terlihat lebih unggul sebagai sosok Hunter. Sayangnya kisah keterlibatan Sam dan Dean dengan Men of Letters tak terlalu banyak, padahal menurutku hal ini jauh lebih menarik ketimbang rebutan tablet setan.

Season delapan ini juga jadi ajang reuni beberapa guest star episode-episode awal Supernatural yang kadang aku juga sudah lupa karakter yang dibawakannya. Tapi setidaknya beberapa tokoh baru lumayan menarik untuk disimak seperti misalnya Benny si vampire sahabat Dean. Sedangkan tokoh Amelia justru menurutku menjadi point lemah yang menyebabkan distraksi dari rangkaian kisah, apalagi cerita tentang hubungan cinta Sam-Amelia tiba-tiba diputuskan di tengah cerita. Recurring character lain seperti Castiel, Kevin dan ibunya, Crowley, hingga Charlie muncul dengan porsi yang berbeda-beda. Walau demikian, tetap saja penampilan Mark A. Sheppard sebagai Crowley yang paling menarik perhatian.

So my verdict, season delapan mengalami penurunan tensi yang cukup besar dibandingkan season sebelumnya. Bayangkan saja, biasanya cliffhanger di episode akhir musim bakal membuat penonton penasaran, tapi aku justru biasa-biasa saja di akhir episode 23. Tentunya ada yang salah pada serial ini di sepanjang musim, dan menurutku penyebab utamanya adalah konsistensi cerita.

4 Responses to “Supernatural The Complete Season Eight”


  1. 1 kasamago June 5, 2013 at 2:29 am

    setelah season 6, supernatural udah g bkin kejutan keren lg..
    dsyngkan, mngkin krn trllu pnjang yah. inti cerita supernatural lbh asyik klo lbh terfokus pd perburuan iblis ato mengatasi kejadian2 supernatural.

    • 2 AnDo June 9, 2013 at 9:22 am

      @kasamago
      Iya, season 8 nggak ada kejutan menarik. Tapi setidaknya kalau kisah Men of Letters dibikin story-arch khusus bakalan menarik dibandingkan cuma jadi cerita filler dalam beberapa episode doang.

  2. 3 Lucy July 5, 2013 at 12:21 pm

    Jikalau mreka memang bnar berencana akan membuat season ‘TRILOGY’,,Mksudnya, 3 Season dari s8,9,10 dibuat kedalam satu crita yg brsambung, smua ketidakkonsistenan itu psti akan dijelskan diseason brikutnya koq. Jadi sabar aja.

  3. 4 Priadarsini 'Dessy' July 10, 2013 at 6:23 am

    Gak sabar nunggu season 9..😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: