Latar Mitologi The Lord of the Ring

Postingan kali ini lebih bersifat sebagai penyegar ingatan saya pribadi dan sarana persiapan sebelum nonton trilogi terbaru buatan Peter Jackson yaitu The Hobbit. Mungkin para pembaca sekalian yang sudah menonton trilogi film The Lord of the Ring (TLOTR) maupun pernah membaca novel karya J.R.R. Tolkien tersebut banyak mengetahui latar belakang mitologi Middle Earth yang menjadi sentral cerita, atau malah belum tahu tentang latar ceritanya. Di sini saya ingin membuat ringkasan tentang latar belakang mitologi Middle Earth, terutama tentang makhluk-makhluk yang menghuninya. Seperti yang telah diketahui, J.R.R. Tolkien banyak mengambil dari campuran mitologi biblikal, mitologi Inggris kuno (Anglo-Saxon), Nordik, Jerman kuno, Persia hingga mitologi Yunani/Romawi sebagai dasar dari mitologi Middle Earth. Yang namanya ringkasan tentunya banyak sekali hal yang disingkat dan dibuat sesederhana mungkin agar gampang dimengerti, apalagi sebagian besar isi tulisan ini diambil dari buku The Silmarillion yang isinya banyak berbentuk syair. Bagi yang ingin mengetahui lebih mendalam dan detail tentang sejarah Middle Earth, bisa langsung mengunjungi link ke wikipedia yang saya sediakan. Atau jauh lebih baik lagi jika membeli dan membaca buku The Silmarillion.


Eru Ilúvatar dan Ainur
Semuanyanya berawal dari Eru Ilúvatar (Yang Maha Esa alias representasi dari Tuhan) yang menciptakan makhluk supranatural abadi yang diberi nama Ainur (menurutku representasi gabungan antara dewa Yunani dan Malaikat biblikal). Para Ainur ini berdialog dengan Sang Eru dalam bentuk irama musik harmonis. Seluruh Ainur tadinya memberikan irama musik yang harmonis dengan sang pencipta Eru hingga salah satu Ainur terkuat dan terbesar bernama Melkor mulai memberikan balasan irama tersendiri yang tidak harmonis. Melkor bukan hanya memilih untuk membuat irama yang berbeda dengan Eru namun juga mulai memiliki kecenderungan untuk menciptakan irama tandingan bagi Eru. Terjadilah persaingan irama antara Ainur yang pro-Eru yang dipimpin kakak Melkor bernama Manwë dengan Melkor sendiri, dimana irama buatan Ainur pimpinan Manwë mengalun dalam damai dan indah berkelanjutan ditandingi oleh irama keras arogan dan berulang-ulang oleh Melkor.

Setelah Eru Ilúvatar mengumpulkan semua material dan perpaduan irama para Ainur (termasuk buatan Melkor yang destruktif), Eru memanifestasikannya menjadi bentuk material nyata yang berbentuk Eä (alam semesta), termasuk Arda (bumi) di dalamnya. Ketika para Ainur masuk ke lingkaran alam semesta, para Ainur menyadari bahwa mereka jadi terikat dengan Eä dan menjadi bagian dari alam semesta. Karena kondisi Eä masih mentah dan belum teratur, para Ainur dibawah pimpinan Manwë ini mulai menata Eä termasuk juga Melkor. Setelah Arda (bumi) selesai ditata, Manwë ditunjuk oleh Eru sebagai pemimpin dan raja para Ainur di Arda. Arda pada saat itu masih berupa bumi yang berbentuk lempeng mendatar dengan daratan Middle-Earth di tengah dan yang dikelilingi perairan.

Valar dan Maiar
Setelah Ainur masuk dan terikat dengan alam semesta yang diciptakan Eru dari alunan harmoni musik Ainur, para Ainur terbagi menjadi 2 kelompok.
1. Yang pertama adalah Valar (bentuk plural dari Vala), Ainur yang memiliki kemampuan, kekuatan, kecerdasan dan kebijaksanaan diatas rata-rata. Melkor adalah Vala terkuat yang pernah ada di kelompok Valar, bahkan Manwë tak sanggup menghadapinya sendiri. Tiap Valar tertarik pada aspek tertentu yang menarik minatnya dan hal itu menjadi fokus kekuatannya. Melkor sendiri tertarik pada aspek kegelapan dan kekerasan sehingga Melkor sering kali menjadi perusak keseimbangan yang dibuat oleh Valar lainnya.
2. Yang kedua disebut sebagai Maiar (bentuk plural dari Maia), Ainur yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata. Bahkan Maiar terhebat masih belum mampu menandingi Valar yang paling rendah kemampuannya. Karena kemampuan Maiar tidak setingkat Valar, para Maiar biasanya bertugas membantu Valar dalam menjalankan pekerjaannya sehingga boleh disebut sebagai bawahan Valar walau mereka sesama Ainur.

Para Valar dan Maiar bersemayam di istana kediaman mereka di daerah perairan sebelah barat Middle-Earth yang disebut sebagai Valinor (tanah para Valar) yang juga di sebut sebagai tanah keabadian.

Elf, Manusia, Dwarf dan Orc
Dengan terbentuknya Arda dan menempatkan Ainur di sana, Eru Ilúvatar berencana untuk menciptakan penduduk asli untuk berdiam di Arda yag disebut sebagai Anak-Anak Ilúvatar. Pada saat itu Valar bidang pengerajin, pertukangan dan pandai besi bernama Aulë tak sabar menunggu terciptanya anak-anak Ilúvatar dan bermaksud membangkitkan ciptaannya sendiri yang kelak disebut sebagai Dwarf (kurcaci) untuk diajarkan keahliannya bertukang. Eru mengetahui hal ini tapi meminta Aulë tidak membangkitkan Dwarf sebelum Anak-Anak Ilúvatar dibangkitkan terlebih dahulu.

Elf adalah Anak-Anak Ilúvatar yang pertama yang dibangkitkan Eru. Elf dibangkitkan sebagai makhluk Arda yang paling sempurna secara fisik, rohani, kemampuan cita-rasa hingga keabadian. Elf pertama yang dibangkitkan ada tiga pasangan suami-istri yaitu Imin dan Iminyë, Tata dan Tatië, Enel dan Enelyë. Masing-masing pasangan tersebut membentuk 3 klan utama Elf yaitu Vanyar (keturunan Imin dan Iminyë), Noldor (keturunan Tata dan Tatië) dan Telerie (keturunan Enel dan Enelyë).
Elf tidak bisa tua dan mati. Kalaupun Elf terbunuh, hanya jasadnya saja yang rusak tetapi arwah Elf tetap abadi di Arda dan bersemanyam di Valinor.

Anak-Anak Ilúvatar yang dibangkitkan setelah Elf adalah Manusia. Manusia tidak memiliki segala kelebihan yang dimiliki oleh Elf, tapi Eru memberikan Manusia sebuah anugerah yang tak dimiliki oleh Elf yaitu maut. Walaupun Eru menyebut kematian sebagai anugerah, kebanyakan Manusia dan Elf menganggap menjadi tua dan mati sebagai kutukan bagi manusia.
Berbeda dengan Elf yang jika mati arwahnya akan pergi ke Valinor, Manusia yang mati arwahnya pergi ke tempat yang tidak diketahui siapapun walaupun oleh Valar sekalipun. Hanya Eru yang tahu kemana perginya arwah Manusia.

Setelah dua Anak-Anak Ilúvatar dibangkitkan oleh Eru untuk menghuni Middle-Earth, Aulë diijinkan membangkitkan ciptaannya tujuh Dwarf pertama dari ruangan batu dibawah permukaan bumi. Karena Dwarf diciptakan oleh Valar, tentunya Dwarf tak sesempurna Elf dan Manusia ciptaan Eru Ilúvatar. Hanya saja Dwarf memiliki kelebihan pengetahuan dalam hal pertukangan dan pandai besi hasil didikan sang Valar Aulë. Karena para Dwarf dibangkitkan di bawah tanah, mereka terbiasa tinggal di sana dan membuat kerajaan Dwarf di bawah permukaan bumi.

Sejarah terciptanya Orc sebenarnya tidak terlalu jelas, tapi bisa dipastikan adanya campur tangan Melkor karena Melkor berniat menghimpun pasukan untuk menguasai Middle-Earth dari tangan Elf dan Manusia. Salah satu sumber menyatakan Orc diciptakan dari Elf (dan juga manusia) generasi awal yang ditangkap oleh Melkor, disiksa dan dimanipulasi untuk dijadikan kelinci percobaan pembentukan tentara bagi Melkor. Sedangkan Goblin disebut Tolkien sebagai jenis Orc dengan tipe yang sedikit berbeda ukurannya.

Morgoth
Seperti halnya Ainur yang lain, Melkor juga datang ke Arda tapi dia berambisi untuk menguasai Arda untuk dirinya sendiri. Untuk menjalankan misinya tersebut, Melkor telah membujuk Ainur lainnya agar mau bekerja bagi dirinya sebelum mereka datang ke Arda. Karena seluruh Valar tak ada yang kena bujukannya, Melkor mengalihkan perhatiannya pada Maiar. Cukup banyak Maiar yang terpengaruh oleh Melkor diantaranya Balrog (ingat raksasa berapi yang menyeret Gandalf ke jurang bawah tanah dalam The Fellowship of the Ring), dan termasuk juga salah satu Maiar terkuat di Valinor bernama Sauron, yang saat itu merupakan pembantu dari Valar Aulë.
Ketika berselisih dengan para Valar lainnya di Valinor, Melkor dan para pendukungnya melarikan diri dari Valinor dan mendirikan markas dan benteng di Middle-Earth serta menjadi penguasa di sana.

Setelah Elf dan Manusia dibangkitkan dan mendiami Middle-Earth, kekuasaan Melkor jadi terusik dan Melkor mulai mengganggu para anak-anak Ilúvatar. Terjadilah bentrok antara Melkor dan Valar yang ingin melindungi anak-anak Ilúvatar dan berakhir dengan dihancurkannya markas Melkor di Middle-Earth serta ditangkapnya Melkor. Melkor dikurung di Valinor dalam kurun waktu cukup lama hingga dianggap bersih dari kejahatan dan dibebaskan.

Sayangnya anggapan para Valar tentang Melkor yang bersih dari pengaruh jahat ternyata salah, dan Melkor yang dibebaskan oleh Valar kali ini malah mampu mengacau Valinor dari dalam. Melkor menghancurkan sumber cahaya dunia dua pohon Valinor, mencuri batu Silmaril, dan membunuh raja Elf klan Noldor yang tinggal di Valinor. Setelah membuat kekacauan, Melkor melarikan diri ke Middle-Earth dan disambut oleh pembantu utamanya Sauron yang telah menyiapkan markas dan benteng baru. Hal ini membuat Elf klan Noldor bersumpah untuk membalas dendam dan pergi ke Middle-Earth untuk berperang melawan Melkor dan pasukannya. Pada saat itu putra raja Elf Noldor yang terbunuh memanggil Melkor dengan nama Morgoth yang berarti Musuh Dunia Kegelapan, dan nama Morgoth lebih dikenal bagi para penduduk Middle-Earth.

Setelah peperangan yang mengakibatkan banyak kepedihan bagi Elf klan Noldor, Morgoth tetap tak terkalahkan. Seorang blasteran setengah Elf-Manusia bernama Eärendil nekad berlayar menuju barat dan datang ke Valinor memohon bantuan Valar untuk menolong Elf dan Manusia bertempur melawan Morgoth. Akhirnya Valar mengizinkan para Elf klan Vanyar, klan Noldor yang tersisa dan klan Teleri untuk datang ke Middle-Earth demi menumpas Morgoth. Saat itu Manusia sendiri terbelah menjadi 2 bagian, setengah membela Elf (disebut Edain) dan setengah lagi membantu Morgoth (dipanggil Easterling).

Dalam War of the Wrath, bala tentara Morgoth berhasil ditumpas, sisanya tercerai berai melarikan diri, dan Morgoth berhasil ditangkap. Karena Morgoth termasuk golongan Ainur yang tak bisa dibunuh, para Valar memutuskan untuk membuang Morgoth ke dalam The Void (semacam lubang hitam dimana tak ada cahaya maupun kekuatan yang bisa digunakan) untuk selamanya. Sauron sendiri berhasil lolos dari tangkapan pasukan gabungan Elf dan manusia. Suatu hari nanti dengan pengetahuan yang didapatkannya ketika mengabdi pada Valar Aulë, Sauron akan membuat One Ring yang akan menjadi bahan pertikaian dalam trilogi The Lord of The Ring.

Elrond dan Elros
Blasteran Elf-Manusia seperti adanya Eärendil tak banyak muncul di dunia Middle-Earth. Setelah perang penaklukan Morgoth, Raja Valar Manwë memutuskan keturunan Elf-Manusia ini akan diminta untuk menentukan pilihan hidup mereka: Menjadi Elf yang abadi atau memilih sebagai Manusia yang bisa mati. Jika memilih Elf, hidupnya akan abadi dan anak keturunannya juga harus memilih menjadi Elf atau Manusia. Jika memilih Manusia, hidupnya tidak abadi dan anak keturunannya juga terlahir sebagai manusia.

Eärendil menikah dengan sesama blasteran Elf-Manusia yang bernama Elwing dan memiliki 2 anak kembar yaitu Elrond dan Elros. Elwing memilih menjadi Elf, Eärendil sendiri sebenarnya lebih memilih hidup sebagai manusia tetapi akhirnya memilih menjadi Elf demi menemani istrinya. Anak kembar mereka memilih jalan belainan.

Elrond memilih tetap sebagai Elf yang abadi. Elrond mempunyai 3 orang anak yang nantinya juga mewarisi kewajiban memilih sebagai Elf atau manusia yaitu sepasang putra kembar Elladan dan Elrohir, dan seorang anak perempuan Arwen yang nantinya memilih sebagai manusia untuk menemani suaminya Aragorn, raja Gondor dan Arnor.

Kembarannya Elros memilih untuk hidup sebagai manusia. Elros mendirikan kerajaan Númenor  bersama Manusia Edain dan menjadi raja pertama Númenor. Keturunan Elros dikemudian hari nanti akan menjadi penguasa Gondor dan Arnor. Karena Elros sendiri masih memiliki darah Elf, keturunannya juga memiliki umur lebih panjang dibanding manusia biasa dan lambat menjadi tua. Aragorn sendiri wafat pada umur 210 tahun setelah menjadi raja selama 120 tahun. Stewards of Gondor sendiri juga merupakan keturunan dari Elros walaupun bukan keturunan dari garis darah para raja Gondor dan Arnor, sehingga Boromir dan Faramir juga memiliki umur lebih panjang dari manusia biasa.

Wizard
Walaupun Sauron berhasil dikalahkan dalam War of the Last Alliance, One Ring tidak hancur dan masih tetap eksis sehingga para Valar merasa khawatir dengan kekuatan manusia untuk menghadapi kelicikan Sauron walaupun dia telah kehilangan jasad fisiknya. Akhirnya para Valar memutuskan untuk mengirim 5 orang Maiar ke Middle-Earth untuk menolong manusia, meluruskan jalan mereka dan memberi bantuan pengetahuan dan moral untuk menghadapi Sauron.

Kelima Maiar ini datang ke Middle-Earth dengan menggunakan perawakan tubuh orang tua berjenggot memakai bertongkat. Masing-masing dari mereka memakai jubah dengan warna berbeda sehingga mereka dikenal dengan nama julukan The White, The Grey, The Brown dan The Blue. Sebagai Maiar, tentu saja mereka berlima memiliki kekuatan supranatural dan manusia memanggil mereka dengan julukan Wizard (penyihir). Walaupun sesama Maiar, kekuatan kelima Wizard ini tak ada yang bisa menandingi Sauron karena Sauron termasuk golongan Maiar yang paling kuat (walaupun tak sehebat Valar yang paling lemah sekalipun).

Hanya ada 3 Wizard yang muncul di buku yaitu Saruman The White, Gandalf The Grey dan Radagast The Brown. Sisa 2 Wizard yang dikenal sebagai sepasang Blue Wizard tidak muncul karena mereka berada jauh di timur Middle-Earth sejak datang dari Valinor.

Epilog
Setelah kejadian War of the Ring yang diakhiri kehancuran total Sauron (seperti halnya Morgoth, Sauron juga dibuang ke The Void) dan diangkatnya Aragorn menjadi raja Gondor dan Arnor, kehidupan Middle-East mulai kembali normal. Hampir seluruh Elf berlayar pulang dan kembali ke Valinor bersama semua pembawa The One Ring yang masih hidup. Setelah semuanya selesai, para Valar memutuskan untuk menutup jalan menuju Valinor agar para penduduk Middle-Earth tak bisa lagi berlayar pergi menuju Valinor di barat. Valar meminta Eru Ilúvatar untuk mentautkan ujung Arda di ufuk barat dengan ujung Arda di ufuk timur, sehingga jika ada yang berlayar ke arah barat untuk mencari Valinor akan kembali dari arah timur. Dengan demikian Arda yang tadinya datar berubah bentuk menjadi bulat, dan sejak itu dimulailah era para Manusia di muka bumi.

NB. Sebenarnya kejadian membulatnya Arda ada dalam cerita sebelum peristiwa War of the Ring, hanya saja time-line jadi agak aneh sehingga kupindahkan ke bagian akhir cerita. Silahkan baca kisah lengkapnya di Akallabêth

61 Responses to “Latar Mitologi The Lord of the Ring”


  1. 1 Nugros C December 16, 2012 at 5:12 pm

    wah, jujur aja ane malah baru baca tuh yg soal Eru Iluvatar, yg notabene mungkin semacem sejarah penciptaan gitu ya?
    selama ini ane paling sekedar nyari tau soal nama2 and latar belakang ras/ makhluk di Middle-earth..(berhubung ane cuma penikmat filmnya aja sih, belom pernah baca bukunya *shame on me*)

    penasaran juga sama 2 blue wizard…penampakannya gimana *bayangin rambutnya biru ala Kate Winslet di Eternal Sunshine,hehe*

    • 2 AnDo December 17, 2012 at 10:49 am

      @Nugros C
      Betul, Tolkien bukan cuma bikin cerita tLotR doang tapi juga bikin dasar mitologi Middle-Earth. Tulisan ini lumayan lah buat nambah pengetahuan ttg kondisi setting cerita bagi penikmat film trilogi-nya😀

      Blue Wizard? gak tau juga apa rambutnya biru atau nggak, yang pasti mereka pakai jubah biru laut.

      • 3 Nugros C December 17, 2012 at 11:07 am

        Yup, jadi ga cuma bikin ceritanya ja, tapi ada asal-usulnya juga (what an auteur !)Eh gan, di tulisan diatas kok ga ada tentang bangsa hobbit (yah walaupun ane uda pernah baca di web),kan bagusan lagi tuh dibahas hobbit-nya,,^^

        haha, soalnya kemaren di The hobbit si Radagast juga rambutnya kecoklat-coklatan, haha..(tapi emang di ilustrasi Istari Wizard jubahnya doang yg biru, ^^)

      • 4 AnDo December 17, 2012 at 5:04 pm

        @Nugros C
        Asal-usul hobbit sebenarnya gak jelas, hanya diketahui mereka memiliki pertalian dengan Manusia walaupun Hobbit sendiri menegaskan mereka tidak termasuk ras Manusia. Sengaja gak kutulis hobbit disini karena memang Tolkien membuat asal-usul Hobbit agak misterius, ada hubungannya sih dgn pengkondisian cerita The Hobbit dan trilogi TLOTR supaya para pembaca memandang remeh mereka di awal kisah dan akhirnya kaget dan kagum setelah habis membaca.

  2. 5 niken December 17, 2012 at 12:02 pm

    wah trims banget ulasannya Bang… saya dari dulu pengen baca buku The Silmarillion, tapi berhubung belum ada yang nerjemahin ke bahasa indonesia, jadi sampai sekarang ga kesampaian. Mau baca yang versi inggris, rasanya ga sanggup menangkap gaya bahasanya Tokien yang nyastra banget, bahkan kabarnya beberapa kata yang dia pakai tidak ada dalam kamus :))
    setelah Hobbit, apa mungkin ya The Sirmarillion bakal dibuat juga filmnya? hehehe…we’ll see…

    • 6 AnDo December 17, 2012 at 5:07 pm

      @niken
      Wah, The Silmarillion kayaknya cukup sulit dibuat versi filmnya. Bukunya terlalu tebal dan terlalu banyak kisah yang ditulis di dalamnya, bahkan dibuat trilogi juga kayaknya bakalan kurang. Tapi aku berharap sih, mudah2an pihak yang punya lisensi tertarik bikin versi film layar lebarnya. Setidaknya chapter2 yang paling menarik kayak konflik yang akhirnya jadi perang melawan Morgoth.

  3. 7 shisio December 18, 2012 at 8:04 am

    Wah! Jujur aja, aku baru tahu asal mula penciptaan dunia LOTR. Salut buat anda!

  4. 9 Ade December 25, 2012 at 3:30 am

    Punya ebooknya kaga gan
    Tapi yang bahasa
    Brati middle earth=bumi keseluruhan apa gimane?
    Atau ada bagian bumi yg lainnya?

  5. 10 AL January 2, 2013 at 11:35 am

    Ya ampun, dirimu ngerti dan bisa buat ringkasannya. Walopun suka sejarah dan mitologi, rasanya baca trilogi LOTR itu beneran sampe eneg banget! Akhirnya di lewat-lewat ajalah, hehe.. Lebih suka The Hobbit kalo bukunya. Kagak banyak omong kosong begituan :p

  6. 11 gogo January 4, 2013 at 6:59 am

    mantab neh ulasannya, jujur baru tau ttng Eru Iluvatar, valar, maiar dan pembentukan middle earth. imajinasi JRRT luar biasa keren..
    andai bku The Silmarillion ad edisi Indonesia..

  7. 12 AnDo January 4, 2013 at 4:45 pm

    @Ade
    Kayaknya Middle Earth itu daratan yang dihuni oleh para makhluknya, sisanya perairan yang di ujung baratnya terdapat Valinor, tempat para Valar tinggal.
    Ingat, tadinya Arda (bumi) itu berbentuk lempengan datar sebelum diubah Eru jadi bulat.

    @AL
    Bagi sebagian orang, mitologi emang omong kosong. Tapi bagi sebagian lagi, mitologi adalah hasil pemikiran mendalam tentang filosofi kehidupan berbentuk fantasi.
    Anu, The Hobbit itu buku yg ditujukan JRRT buat anak-anak/remaja. Kalau trilogi TLOTR dan The Sillmarillions itu buat konsumsi dewasa.
    Karena itu The Hobbit lbh mudah dicerna karena memang konsumen pasarnya adalah anak-anak.

    @gogo
    Cobalah baca versi Inggrisnya, soalnya saya jg gak yakin bakalan diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

  8. 14 AL January 7, 2013 at 4:18 am

    Berarti kualitas membaca saya sama dengan anak-anak, ya.. *sigh*

    Btw, yang saya tulis omong kosong di komen bukan maksudnya saya menganggap latar suatu cerita omong kosong (Harusnya saya pake tanda petik, ya? Hehe..). Itu cuma semacam penggambaran aja betapa sakit kepalanya saya saat membaca LOTR pertama kalinya beberapa tahun yang lalu…sampai kemudian film-nya nungul dan, walah, akhirnya saya ngertiiii…

    • 15 AnDo January 7, 2013 at 2:56 pm

      Berarti kualitas membaca saya sama dengan anak-anak, ya.. *sigh*

      Wah… koq kesannya saya jadi ngejek Bu Al yah😐
      Padahal maksud saya tuh genre The Hobbit termasuk dalam kategori Children’s literature. Lagipula yang baca The Hobbit nggak cuma anak-anak doang, wong saya juga beli bukunya dan baca koq😛

      Tapi harus diakui sih, Children’s literature memang lebih mudah dicerna karena pangsa pasar utama buat buku tersebut adalah anak-anak. Justru hal ini menobatkan J.R.R Tolkien sebagai penulis hebat karena dia bisa menulis buku untuk anak-anak hingga mitologi dan novel rumit sekelas serial TLOTR.

  9. 16 Atim January 10, 2013 at 2:25 pm

    Saya adalah orang yg hampir dalam tiap bulan minimal 1kali nonton marathon LOTR trilogy. Dan skrg dapat wawasan baru lagi mengani LOTR, makasih om udah share…

  10. 17 Hasti Nur Hapsari May 3, 2013 at 9:10 am

    wah makasih udah buat ringkasan mitologinya. Soalnya kalo baca The Silmarillion ga sanggup. Lagipula kendala dari segi bahasa. Tau sendirilah..
    jadi tau ternyata Gandalf, Saruman, sama Sauron tu sama2 Maiar

    Asal usul Hobbit, Orc dan Uruk Hai belom dibahas ya gan?? ;D
    Pingin tau banget Orc sama Uruk Hai awal mulanya gimana bisa jadi mahluk yg menyeramkan gitu

    tapi, sekali lagi nice info gan :))

  11. 18 Herdin June 22, 2013 at 8:11 am

    Thank’s admin atas informasinya,,,
    Sangat2 jenius J.R.R Tolkien sayang beliau sudah tiada, bkn hanya fantasi nya yg bagus tapi nilai kehidupan didalamnya yg sangat mendidik,,,

  12. 19 angga ria mandala November 1, 2013 at 4:38 am

    Bang ane pengen beli buku silmarillionnya, ada yg bisa kasih saran carinya dimana? Thanks. Angga di jogja. 081 222 977 577

  13. 21 Aragorn December 3, 2013 at 3:09 pm

    bang di filmnya the hobbit pertama, ditemukan pedang morgul.
    apakah itu pedangnya morgoth?

    • 22 AnDo December 4, 2013 at 4:25 pm

      @Aragorn
      Lah? Bukannya udah dijelasin di trilogy tLotR? pedang Morgul itu pedang pemberian Morgoth buat Ring Wraith. Itu tuh pedang beracun yang dipakai Witch King of Angmar buat menikam Frodo di film tLotR yang pertama.

  14. 23 Ibas December 8, 2013 at 3:44 am

    Mantab nih ulasannya !!! jadi tambah pengetahuan ttg sejarah tLotR. Pengen tanya, Siapa aja yang disebut Valar (selain Manwe & Melkor) dan Maiar (selain Balrog, Sauron, & Wizard) dan urutan dari yang terkuat ? Ada bocoran The Silmarilion difilmkan ?

  15. 24 Randy Afriadi June 16, 2014 at 3:25 pm

    Ane jadi ingat sempat lupa belajar buat ujian semester gara2 keasyikan baca Silmarillion, nilainya jeblok, sayangnya versi indonesianya belum terbit, versi inggrisnya bahasanya terlalu sastra, pusing bacanya

  16. 25 charles July 29, 2014 at 3:34 am

    Trima kasih buat ulasannya. Tanya nih gan… Kenapa Maiar kaya Saruman bisa korup pikirannya buat kerjasama dgn Sauron? Apa ada tingkatan kekuatan sesama Wizard? Nampaknya WHITE itu paling tinggi kah? Secara Gandalf menang lawan Balrog tiba2 hadir lagi dalam wujud WHITE. Apa krn jabatan WHITE nya Saruman “kosong” alias ga digunaan dgn baik? Gmn juga dgn ENT? Asal usulnya bisa dijelaskan juga ga ya? Dr seluruh cerita ini seberapa besar berhubungan dgn DRUIDS yg ada d tanah Inggris? Matur nuwun pisan…dimana ya pesan bukku Simarillion? pengen bgt bacanya

    • 26 AnDo August 13, 2014 at 5:06 am

      @Charles

      Kenapa Maiar kaya Saruman bisa korup pikirannya buat kerjasama dgn Sauron?

      Bukannya Sauron juga Maiar? Malah Maiar level di atas Saruman dan Gandalf.
      Jangankan Maiar, Morgoth sendiri malah Valar tingkat tinggi.

      Apa ada tingkatan kekuatan sesama Wizard?

      Sepertinya tidak ada. Level kekuatan tidak dihitung dari warna. Sauron yang merupakan Maiar berwarna gelap malah lebih kuat dari gabungan Wizard.

      Apa krn jabatan WHITE nya Saruman “kosong” alias ga digunaan dgn baik?

      Saruman menjabat leader white council bukan karena dia “white”, tapi dipilih secara demokratis oleh semua anggota. Sebelum Saruman menjabat, white council leader dijabat Gilgalad, raja Elf klan Noldor. Tampilan putih Saruman lebih karena karakteristiknya yang koorperatif, bukan karena kekuatannya. Seperti Radagast yang punya karakter suka menyatu dengan alam dan dunia botani, tampil dalam warna natural yaitu coklat.

      Gmn juga dgn ENT? Asal usulnya bisa dijelaskan juga ga ya?

      Coba baca link ini
      Ents diciptakan Eru atas permintaan Yavanna, valar pecinta tumbuh2an, demi melindungi pepohonan dari kerusakan yang ditimbulkan kejahatan, Orc hingga Dwarves yang ingin mengambil kayu secara tamak.

      Dr seluruh cerita ini seberapa besar berhubungan dgn DRUIDS yg ada d tanah Inggris?

      Druids? Karena anda yang menghubungkan sendiri, saya kira anda yang paling tahu.
      btw, Druid bukan cuma hidup di tanah Ingris tapi juga Eropa daratan kuno.

  17. 27 paddle pop August 6, 2014 at 10:15 pm

    sumpah.. keren bgt, jadi tahu dikit kosmologinya tolkien.

  18. 28 arian October 15, 2014 at 8:35 am

    wah keren, novel- novel nya tolkien memang novel terbaik yang pernah ditulis sebab sangat mendetail mulai dari penciptaannya sampai kepada pertempuran, jauh lebih mendetail dibanding novel harry potter

  19. 29 ns November 3, 2014 at 4:04 am

    penasaran kaya gimana klo difilmkan,,, dr mulai “The Hobbit” dan “LOTR” saya suka filmnya..pokoknya ditunggu versi filmya..he he
    boleh tanya tapi bkan ttg The Sirmarillion, ttg LOTR,, waktu Bilbo suruh frodo pake baju pemberian kurcaci “mithril”, trus bilbo lihat cincinnya, bilbo langsung berubah gtu, apakah bilbo juga bakal berubah jadi gollum..?? berarti yg pernah pakai cicncin sauron cuma Isildur, smeagol (gollum), Bilbo dan Frodo yaa..??apakah gollum hanya ada satu saja di middle-earth..??siapa itu Lady Garadriel dan Thranduil,..?? masih ada hubungan keluarga dengan Elrond (ayah nya arwen)…?? Elladan dan Elrohir, saudara arwen gak dimunculkan di film yaa..??
    duuh maap ya, kalau kebanyakan pertanyaannya,… he

    • 30 AnDo November 4, 2014 at 4:39 am

      @ns
      Smeagol terlalu lama terpapar one ring, sedangkan Bilbo jarang memakai cuma jadi koleksi berharga. Penyebabnya, Smeagol hidup di dalam gua yg sepi sedangkan Bilbo tinggal di kampung hobbit. Bilbo susah sering “menikmati” one ring karena dikelilingi hobbit lain.

      Gollum cuma ada satu, Bilbo juga cuma satu, Frodo juga cuma satu. Karakter khas seperti mereka cm ada satu.

      2 kembar anak Elrond cuma muncul sekilas di film pas adegan pernikahan Aragorn dengan Arwen. Figuran doang kayaknya.

      Mengenai hubungan antar karakter, terlalu panjang untuk dijawab di kolom komentar. Coba baca pelan pelan di situs wikia khusus LotR

      http://lotr.wikia.com/wiki/Main_Page

  20. 31 jet November 20, 2014 at 9:45 am

    kalau membulatnya sebelum war of the ring, itu rombongan gandalf galadriel ke mana?

    • 32 AnDo November 23, 2014 at 8:11 am

      @jet
      Pergi ke valinor. Yang bisa datang ke valinor cuma atas seijin para valar. Kalau gak dapet ijin, pergi ke barat cuma bakalan balik lagi ke sisi timur

      • 33 jet November 28, 2014 at 3:04 am

        nanya lagi, elf itu emang punya kemampuan supranatural y, kyak galadriel bisa baca/bicara dg pikiran orang lain, ngilang (waktu sma gandalf di rivendel), dan darimana dia dapat kemampuan itu?

      • 34 AnDo November 30, 2014 at 7:15 pm

        @jet
        Tak banyak tokoh Elf memiliki kemampuan supranatural. Misalnya Galadriel yang belajar dari Valar sewaktu tinggal di Valinor.

  21. 35 ali November 28, 2014 at 3:00 am

    di the hobbit, motivasinya smaug merampas harta erebor buat apa sih? kan aneh ada naga hobi koleksi emas…

  22. 39 ali November 28, 2014 at 3:13 am

    menurut saya y, sehebat2nya imajinisani seseorang tntang makhluk lain selain manusia ujung2nya tetep tak jauh beda dg sifat dan penggambaran manusia, mungkin emang terbatas kali y imajinasi untk menggambarkan betapa diluar nalarnya makhluk ciptaan tuhan…

    kenapa waktu melkor dan sauron mengacau di middle earth para valar ga turun tangan langsung aja biar cepet kelar?

    • 40 AnDo November 30, 2014 at 6:57 pm

      @ali
      Tolkien membentuk mitologi LotR berdasarkan campuran mitologi yang ada, dimana para dewa juga digambarkan dalam bentuk manusia. Contohnya Zeus yg bertampang lelaki tua bijak. Jadinya yah bisa ditebak penggambarannya kayak apa.

      Para Valar gak bisa turun tangan langsung krn memang dari awal sudah terikat dengan peraturan Eru utk tidak ikut campur tangan secara langsung.

  23. 41 munir November 28, 2014 at 3:17 am

    elf kan diciptakan sbg penghuni asli ME, tapi kenapa ainur malah mengajaknya ke valinor?
    trus pernah dgr elu tinggol kawin dg maia, emang bisa y, kalau elf kawin dg manusia apa telinganya juga runcing?

    • 42 AnDo November 30, 2014 at 6:59 pm

      @munir
      Ini imajinasi Tolkien. Kalau tanya sama saya apa ini bisa atau itu gak bisa, yaaahhh… Selama Tolkien menginginkan itu terjadi di dunia ciptaannya, bisa aja.😛

      • 43 madara December 14, 2014 at 2:15 pm

        saya juga ga ngerti soal ini om, elu tingol kan katanya kawin sama maiar, itu gmana ceritanya, trus ras campur manusia-elf telinga runcing ga?

      • 44 AnDo December 18, 2014 at 3:47 pm

        @madara
        Coba baca-baca bukunya J.R.R. Tolkien dan anaknya Christopher Tolkien, mungkin nanti anda bakalan lebih banyak tau dari saya. Saya sendiri bukan ensiklopedia LotR berjalan, gak tau semuanya😀

  24. 45 jet November 28, 2014 at 3:22 am

    eru kan sbg pencipta y, seharusnya dia juga sbg pencipta keabadian, dan sharusnya dia bisa menghapusnya juga, kenapa melkor dan sauron yg notabene ciptaanya tak bisa mati dan hanya dibuang?
    kemana arwah manusia stelah mati yg hanya diketahui eru, mungkin ini juga menunjukan kterbatasan imajinasi.,.

    • 46 AnDo November 30, 2014 at 7:08 pm

      @JET
      Pernah dengar penciptaan Iblis dalam Qur’an? Atau kemunculan Lucifer dalam Bible? Kenapa Tuhan tidak menghilangkan keabadian mereka? Kenapa Tuhan hanya menghukum mereka?
      Sepertinya Eru dalam mitologi Tolkien memang dikondisikan seperti halnya Tuhan dalam agama Abrahamic.

      Kemana arwah manusia yang mati? Menurut anda kemana? Mungkin beda dengan versi saya, mungkin beda menurut kepercayaan orang lain.
      Bahkan kita sendiri dalam dunia ini tak tahu kemana perginya arwah orang yang mati, itu semua tetap misteri kecuali kalau sudah menemui ajal tentunya.
      Menurut saya ini bukan keterbatasan imajinasi, tapi memang dalam beberapa hal, dunia Tolkien dikondisikan seperti dunia kita ini.

  25. 47 jet November 28, 2014 at 3:24 am

    elf dan manusia sbg anak2 eru, ini kok mirip2 sama…..

  26. 48 itzmia December 8, 2014 at 12:36 pm

    tambang moria yg the fellowship of the ring lalui itu dulunya apa, kok jadi serem gtu, bukannya tambang emas kurcaci dan kerajaannya ada di elebor yaa,.??kan elebornya di huni naga dan thorin serta penduduknya harus pindah, trus mereka tinggal dimana..??

    • 49 AnDo December 18, 2014 at 3:34 pm

      @itzmia
      Moria itu dulu kota bawah tanah Dwarf, terletak di dekat tambang yang kaya logam2 berharga. Gara-gara aktivitas pertambangan Moria menyebabkan Balrog muncul dan Moria dihancurkan oleh Balrog. Setelah itu kota Moria yang kosong diambil alih dan didiami oleh Orc.
      Sedangkan rombongan Dwarf yang selamat dari amukan Balrog, mereka pindah ke Erebor.
      Setelah Erebor direbut Smaug, Dwarf ngungsi ke Ered Lindon sambil menunggu kesempatan untuk merebut Erebor dari tangan Smaug.

      • 50 itzmia December 20, 2014 at 4:53 am

        oh ya mau tanya lagi,, hhe
        kalo Dol Guldul itu bekas benteng apa dan punya siapa, bukannya sauron itu di Mordor yaa..??
        maaf ya bnyak tanya soalnya saya baru banget suka film lort of the rings.

      • 51 Ando-kun December 20, 2014 at 9:59 am

        @Itzmia
        Dol Guldur itu benteng sementara Sauron setelah Mordor hancur gara2 kalah sama aliansi manusia dan Elf dalam war of the ring.
        Sambil membangun kembali Mordor dan mengumpulkan kekuatan, Sauron bermukim di Dol Guldur menyamar sbg Necromancer.

        Kalau suka the lord of the ring, silahkan baca link di bawah ini, kumpulan tulisan para penggemar lotr:

        http://lotr.wikia.com/wiki/Main_Page

      • 52 nuk December 26, 2014 at 4:26 pm

        bukannya setelah para dwarf yang tersisa berhasil merebut erebor di battle of five armies baru ekspansi ke moria yang dipimpin oleh Balin?

  27. 53 madara December 14, 2014 at 2:12 pm

    kalau dwarft, goblin, orc, hobbit setelah mati arwahnya kemana. ke valinor juga kah? oh ya hobbit ciptaan eru atau valar?

    • 54 AnDo December 18, 2014 at 3:37 pm

      @madara
      Coba baca-baca bukunya J.R.R. Tolkien dan anaknya Christopher Tolkien, mungkin nanti anda bakalan lebih banyak tau dari saya. Saya sendiri bukan ensiklopedia LotR berjalan, gak tau semuanya😀

  28. 55 meki December 19, 2014 at 1:59 pm

    nama ibunya legolas siapa om?

  29. 57 miaa February 17, 2015 at 2:00 am

    selain buku the sirmillarion, the hobbit dan the lord of the ring ada kisah yg lain lagi yg dibukukan juga yg msih berhubungan dgn ke tiga buku diatas..?? kenapa melkor mencuri batu Silmaril, memangnya itu batu apa..?? admin nya suka sma karya2 j.r.r tolkien..??

  30. 59 Ridwan September 2, 2015 at 1:15 pm

    Asal muasalnya smaug itu darimana ya? Terus emang bener ya kalau smaug itu naga paling lemah?

  31. 60 rizki ikki February 28, 2016 at 5:32 am

    abang admin….!!!
    film yang cerita sebelum the hobbit itu ada nggak??? klo ada judulnya apa ya?? aku mau nonton aja alnya malas baja buku palagi bahasanya inggris-inggrisan gitu. nggak ngerti aku….

    mohon petunjuknya bang
    makasih

  32. 61 Narumi March 27, 2016 at 12:56 pm

    Jujur, saya suka sekali dengan semua Film trilogi the Hobbit dan LOTR

    TApi, masih ada misteri yang menyelimuti sejarah Middle-Earth dimana tidak dibuka di kedua film tersebut.

    . Sejarah kota Angmar dengan Balrog dan Minas Morgul dengan TRoll
    . Selain Rivendell dan MirkWood, kota Elf adalah lindon dan Lothlorien namun siapa penguasa di masing-masing kota itu.
    . Haldir itu keturunan atau keluarga siapa dalam silsilah Elf
    . Kapan Barad-DUr (menara Sang Mata) dibangun oleh Sauron
    . Samakah laba-laba yang menyerang dwarf di Mirkwood dengan yang menyerang FRodo di pegunungan Ash di MOrdor.
    . siapa sebenarnya gollum a.k.a smeagol dan kenapa dia punya cincin

    Maaf kalau bahasa Indonesia saya kurang sempurna.

    Narumi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: