Warehouse 13 – complete season 1, 2 and 3

Pertama kali tahu tentang serial ini gara-gara ulasan yang menyebutkan kalau Warehouse 13 adalah serial yang menggunakan gabungan plot 4 franchise terkenal yaitu serial TV Friday the 13th (mengumpulkan benda aneh dan misterius), serial X-File (pasangan agen pemerintah), serial detektif Moonlighting (2 tokoh utama beda karakter yang sering cekcok memecahkan kasus) dan serial petualangan Indiana Jones (artefak berasal dari benda kuno bersejarah). Penasaran dengan ulasan itu, aku mulai mencari serial yang ditayangkan oleh jaringan SyFy sejak 2009 ini. Berhubung satu season hanya terdiri dari 12-13 episode, dengan cepat aku bisa menyelesaikan 3 musim pertamanya. Season 4 sendiri sudah direncanakan akan tayang 2012 dengan jumlah episode yang lebih banyak (20 episode) berhubung kepopuleran serial ini semakin meningkat.

Dua orang agen Secret Service Amerika yang tugas utamanya melindungi presiden USA dianggap lalai melaksanakan tugas ketika sang presiden berkunjungan ke museum di Washington D.C. Agen Myka Bering (Joanne Kelly) dinilai lalai karena tidak cepat tanggap menilai situasi sehingga seorang anak duta besar yang hadir diserang. Agen Pete Latimer (Eddie McClintock) dinilai lalai karena terlalu banyak berspekulasi tentang hal yang tidak logis dengan mengandalkan firasat. Memang Myke adalah agen yang sangat mengandalkan intelejensi dan sangat terorganisasi, berlawanan dengan Pete yang sangat bertumpu pada firasatnya yang kuat dan bertindak tergantung situasi dan firasat yang didapat pada saat krusial. Myka dan Pete sendiri awalnya bertengkar tentang metode sistem pengamanan presiden yang akhirnya justru menyebabkan keduanya ditransfer ke divisi lain yang bernama Warehouse 13.

Myka dan Pete ditempatkan dibawah supervisi seorang agen senior NSA yang bernama Artie Nielsen (Saul Rubinek) dengan tugas mengumpulkan barang-barang berbahaya yang disebut dengan artefak. Awalnya Myka dan Pete merasa pemindahan tugas mereka ke Warehouse 13 merupakan hukuman melalaikan tugas. Bagaimana tidak? Warehouse 13 terletak di South Dakota yang terpencil dan jauh dari pusat keramaian dan publikasi. Tapi mereka berdua berangsur-angsur paham kalau tugas sebagai agen Warehouse 13 ternyata sangat penting, penuh kerahasiaan dan kadang lebih berbahaya dibandingkan tugas mereka sebelumnya. Dibantu oleh Artie yang sudah berpengalaman menangani kasus-kasus aneh yang melibatkan artefak, Myka dan Pete yang tadinya partner yang saling bertolak belakang akhirnya berangsur membentuk team yang solid dalam melacak dan mengumpulkan artefak.

Seperti namanya, Warehouse 13 adalah gudang tempat penyimpanan benda-benda aneh yang berhubungan dengan mitos, legenda atau pernah dimiliki oleh tokoh sejarah masa lampau yang pernah membuat mereka terkenal. Kebanyakan dari benda-benda aneh tersebut berbahaya karena tak bisa dikontrol. Karena tak bisa dihancurkan kekuatannya (kepingan sisa artefak juga masih memiliki potensi bahaya), mau tak mau artefak berbahaya tersebut hanya bisa dikumpulkan supaya tidak digunakan oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab. Angka 13 menandakan bahwa Warehouse pernah berdiri 12 kali di masa lalu di lokasi yang berbeda-beda. Misalkan saja Warehouse pertama didirikan oleh Aleksander Agung dengan tujuan mengumpulkan artefak hasil pampasan perang sang kaisar. Berlanjut Warehouse 2 didirikan di Mesir pada masa Cleopatra, hingga Warehouse 12 didirikan di London.

kiri-kanan: Artie, Myka, Pete dan Claudia

kiri-kanan: Artie, Myka, Pete dan Claudia

Season 1

Season pertama diawali dengan agak lambat sehingga mungkin jika aku melihat episode pertama dan menilai langsung, kemungkinan besar aku tak akan lanjut menonton episode kedua dan seterusnya. Selain karakter tokoh utamanya belum berkembang, cara penanganan kasus artefak juga masih kurang gereget. Untunglah kasus di episode selanjutnya mulai menarik dan karakter tokoh utama mulai berkembang, terutama tokoh Myka, Pete dan Arthie. Myka dan Pete adalah agen lapangan dan terjun langsung menyelesaikan kasus. Seandainya saja Myka dan Pete adalah agen FBI seperti Scully dan Mulder (X-File), kehadiran mereka tak akan terlihat aneh. Masalahnya, mereka adalah agen Secret Service yang tugas utamanya menjaga presiden USA. Tentunya banyak orang-orang di tempat kejadian kasus artefak, curiga dengan keberadaan mereka yang tidak pada tempatnya.

Ada 2 tokoh utama di season 1 ini yang menurutku kurang berkembang karakterisasinya selain tokoh Myka, Pete dan Artie. Yang pertama adalah Leena (Genelle Williams), pengurus penginapan tempat tinggal para agen Warehouse 13. Entah mengapa, Leena yang seharusnya berperan sebagai penyeimbang para karakter lainnya, justru terjebak begitu begitu saja dalam kemonotonan. Tokoh kedua adalah Daniel Dickinson (Simon Reynolds), mantan boss Myka dan Pete di Secret Service Washington D.C. yang tak tahu menahu mengenai Warehouse 13 dan penasaran dengan info-info rahasia tentang Warehouse 13. Karakter Dickinson ini juga dengan cepat membuatku bosan, sehingga kreator serial ini mengambil keputusan yang tepat untuk menghapus tokoh Dickinson di season berikutnya.

Selain karakter utama, ada beberapa recurring character yang menghiasi season satu dan sanggup saling mengisi dengan 3 tokoh utama diatas. Tokoh Claudia Donovan yang muncul di episode 4 lebih menarik perhatianku daripada tokoh Leena karena pengembangannya yang menarik. Begitu juga tokoh Mrs. Frederic (C. C. H. Pounder), caretaker Warehouse 13 yang misterius dan rahasia dibalik sosok Mrs. Frederic akan dibuka perlahan-lahan disepanjang 3 season awal serial ini. Tokoh antagonis utama dalam season 1 ini cukup menarik, karena dia adalah mantan agen Warehouse 13 yang membelot.

Season 2

Untunglah pada season 2 ini tokoh Claudia Donovan (Allison Scagliotti) dinaikkan pangkat menjadi karakter utama menggantikan tokoh Dickinson karena memang Claudia lebih sanggup membawa perubahan suasana dalam serial ini. Kemampuan Claudia sebagai hacker dan inventor sanggup memberikan warna baru dalam membantu tugas Myka, Pete dan Artie mengumpulkan artefak. Latar belakang dan sifat Claudia yang agak aneh bagi anak muda seusianya juga mampu membuat kembangan drama baru selain tokoh-tokoh utama lainnya.

Season 2 ini juga memperkenalkan tokoh baru yang juga merupakan tokoh sejarah yaitu H.G. Wells (Jaime Murray) sebagai rekanan sekaligus tokoh antagonis. Maklumlah H.G. Wells adalah mantan agen Warehouse 12 yang hidup kembali dari mati surinya, sehingga memiliki kemampuan dan pengetahuan yang tak bisa diremehkan oleh para agen Warehouse 13 di zaman modern. Selain itu juga season ini memperkenalkan rantai komando Warehouse 13 dengan keberadaan kelompok The Regent sebagai penanggung jawab utama Warehouse 13.

Satu hal lagi yang dihilangkan dari plot season 1 yaitu tentang Pete dan Myka yang mulai sangat jarang memperkenalkan diri sebagai agen Secret Service. Mungkin karena mengingat betapa memperkenalkan identitas mereka sebagai agen Secret Service justru malah mempersulit tugas mereka dalam mengumpulkan artefak.

Season 3

Season 3 dibuka dengan memperkenalkan tokoh baru sebagai agen Warehouse 13 bernama Steve Jinks (Aaron Ashmore). Seluruh agen Warehouse 13 memiliki keunikan tersendiri. Artie dengan pengetahuan artefaknya, Myka dengan kepintaran dan photographic memory, Pete dengan firasatnya (disebut sebagai vibe) yang hampir selalu jitu menebak, lalu Claudia dengan kemampuan inventor dan hacker. Lalu apa keistimewaan Steve Jinks? Jinks adalah agen Biro ATF yang direkrut oleh Mrs. Frederic sebagai agen Warehouse 13 yang baru. Agen Jinks mempunyai kemampuan aneh yaitu bisa mengetahui seseorang berbohong atau jujur, mirip Lie-Detector berjalan.

Tokoh antagonis season ketiga ini agak absurd menurutku. Untuk ukuran seorang anggota masyarakat biasa, sang antagonis Walter Sykes terlalu powerful untuk menghancurkan Warehouse 13 karena bagaimanapun juga Sykes bukanlah orang yang memiliki pengetahuan artefak seluas Artie, dan juga tak memiliki kemampuan dan jaringan seluas Mrs. Frederic. Jadinya yah… ini justru menjadi hal absurd yang agak mengganggu disepanjang season 3. Ini belum menghitung bagaimana cara Sykes merekrut agen FBI sebagai kaki tangannya.

Dari segi plot, season 3 mengalami sedikit penurunan. Walaupun demikian, dengan masuknya tokoh Jinks sebagai agen baru yang berpasangan dengan Claudia ikut memberikan warna baru untuk saling mengisi dengan duet Myka-Pete sebagai agen lapangan. Jika duet Myke-Pete dihitung sebagai the A-Team, maka duet Claudia-Jinks boleh dianggap sebagai the B-team.

So my verdict is…… Warehouse 13 cukup potensial untuk meraih pengemar baru dan layak untuk mendapatkan season 4 yang jumlah episodenya melonjak hampir 2 kali lipat dibanding season sebelumnya. Sebuah serial yang menghibur untuk mengisi hari-hari libur anda tanpa perlu terlalu diseriusi isi tontonannya. Semoga untuk season 4 yang sedang diproduksi memberikan sensasi baru dengan artefak-artefak yang lebih unik dan juga drama antar tokoh yang lebih berwarna. Tokoh Leena patut mendapatkan perkembangan cerita, terutama latar belakang hidupnya dimasa lalu, begitu juga Steve Jinks… akankah dia kembali lagi di season 4?
Satu lagi yang membuatku penasaran. Siapakah yang akan didapuk sebagai tokoh antagonis utama dalam season 4?

NB.
Dynamite Entertainment membuat 5 seri komik Warehouse 13 pada tahun 2011, dan seri terakhir ke-5 terbit pada bulan Desember 2011

5 Responses to “Warehouse 13 – complete season 1, 2 and 3”


  1. 1 itikkecil April 22, 2012 at 10:45 am

    film ini lumayanlah buat tontonan kalau sedang tidak ada kerjaan. tapi menurut saya film ini tidak membuat saya menunggu-nunggu kelanjutan seasn berikutnya seperti saya menunggu CSI atau NCIS.

    • 2 AnDo April 22, 2012 at 11:10 am

      @itikkecil
      Saya malah nonton CSI cuma setengah musim dari season 1. Sama sekali nggak niat nunggu episode berikut, apalagi sampai nunggu season selanjutnya.

      Serial tanpa story-arc jelas kayak CSI malah bikin aku cepat bosen. Toh nonton loncat-loncat juga gak masalah, karena satu episode membahas satu masalah lalu habis. Kalau misalnya Warehouse 13 di season 4 ceritanya mulai monoton, paling nantinya ku drop juga.

      Pengecualian untuk serial crime drama kayak NYPD Blues, walau gak punya story-arc, tapi penitik beratannya lebih ke drama kehidupan polisi dengan kasus sebagai kembangan cerita justru bikin aku gandrung.

  2. 3 AL April 24, 2012 at 5:53 am

    Langsung cari dan download!

  3. 4 Gogo April 24, 2012 at 5:14 pm

    mantabs keknya, sambil nunggu session terbaru Walking Dead yg g nongol2..

  4. 5 Zeph May 16, 2012 at 9:05 am

    baru tahu kalau ada serial macam ini, penginlah sesekali nyoba nonton… *telat info banget saya*🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: