Moshidora – Live Action Film

Judul Moshidora merupakan kependekan dari Moshi Kōkō Yakyū no Joshi Manager ga Drucker no “Management” o Yondara (Jika cewek pelajar SMA manajer klub base-ball membaca buku manajemen karangan Drucker), adalah judul sebuah buku manajemen bisnis yang dibawakan dalam bentuk cerita novel fiksi karangan Natsumi Iwasaki. Saking populernya buku ini, serial manga dan anime telah dibuat sebagai bentuk adaptasi dari novel aslinya. Rupanya kepopuleran Moshidora masih sanggup membuat pihak TOHO Cinema membuat versi live-action dari novel dan jadilah film ini. Untuk menarik penonton, direkrutlah anggota grup idol populer saat ini di Jepang AKB48 sebagai pemeran utamanya Atsuko Maeda dan Minami Minegishi, ditambah Koji Seto dan Haruna Kawaguchi sebagai pendukung. Novel Moshidora adalah novel manajemen bisnis yang ditulis sedemikian rupa dalam bentuk fiksi oleh Natsumi Iwasaki agar kaum muda tertarik untuk belajar manajemen. Manga dan anime cukup sukses meraih penggemar, tapi bagaimana dengan film live-action?

Minami Kawashima (Atsuko Maeda) mengambil alih jabatan manajer klub base-ball SMA Hodokubo sebagai manajer sementara untuk menggantikan teman karibnya Yuki Miyata (Haruna Kawaguchi) yang masuk rumah sakit akibat kondisi penyakitnya yang semakin parah. Minami cukup berpengalaman main base-ball di masa SMP, tapi Minami sama sekali buta dalam hal mengatur klub base-ball. Karena sudah menyanggupi permintaan Yuki, Minami mulai belajar manajemen demi mensukseskan prestasi klub base-ball SMA Hodokubo yang cukup jeblok di kompetisi nasional antar SMA. Ketika Minami bertanya kepada penjaga toko buku tentang buku manajemen, dirujuklah buku manajemen bisnis karangan Peter Drucker yang berjudul Management: Tasks, Responsibilities, Practices. Setelah membaca isinya Minami merasa salah mengambil buku sebagai sumber belajar karena buku Peter Drucker lebih menekankan manajemen bisnis perusahaan. Walaupun demikian, akhirnya Manami sadar kalau pengelolaan manajemen pada dasarnya sama dan mulai menerapkan isi buku Peter Drucker untuk mengelola klub base-ball sekolahnya.

Premis cerita sebenarnya menarik yaitu tentang penerapan buku manajemen bisnis dalam mengelola sebuah klub base-ball sekolah. Disini ditekankan bahwa pengelolaan manajemen pada dasarnya sama, yang terpenting adalah aplikasi yang tepat untuk masalah yang dihadapi. Terbukti novel yang ditulis Natsumi Iwasaki berhasil menjadi best-seller di Jepang, sedangkan versi manga dan animenya juga lumayan sukses di pasaran. Masalahnya jika dibawa ke daerah film live-action, itu berarti harus berurusan dengan skenario, pengarahan sutradara dan akting para pemeran dan banyak tetek bengek perfilman lainnya. Terus terang saja film ini gagal dalam banyak hal.

Skenario film menampilkan banyak dialog cheesy khas sinetron, bertele-tele. Pengarahan sutradara juga tampak kurang menarik. Perhatikan saja bagaimana sutradara Makoto Tanaka memberikan inspirasi cara aplikasi manajemen a la Peter Drucker kepada Minami dengan pendekatan komedi lebay lewat aksi komedian Hideko Ishizuka dan Sayaka Aoki. Hasilnya justru membuat aku membayangkan buku manajemen Peter Drucker cuma bualan untuk lucu-lucuan tanpa ada kesan “manajemen itu hal yang serius loh!” Ujung-ujungnya mengesankan usaha Minami hanyalah sekedar main-main manajemen dengan obyek mainan berupa klub base-ball dan para anggotanya. Hal ini diperparah dengan pacing film yang lambat dan membosankan.

Akting para pemainnya juga sama sekali tak mengesankan karena tak ada chemistry antar tokoh. Bayangkan saja, aku sama sekali tak merasa sedih dengan kematian salah satu tokoh. Malah tak ada perasaan ikut bersuka ria ketika klub base-ball SMA Hodokubo memenangkan pertandingan di akhir film, tidak seperti ketika aku menonton Moneyball-nya Brad Pitt. Memang sih membandingkan film Moneyball dan Moshidora sama sekali tidak pada tempatnya, tapi setidaknya harus ada usaha untuk membuat Moshidora menarik seperti manga dan animenya. Bagiku menonton Moshidora live- action bagaikan melewati menit-menit yang membosankan. Satu-satunya hal yang membuatku tertarik adalah cewek-cewek yang main dalam film ini cakep-cakep. Ada dua anggota AKB48 yang tampil yaitu Akiko Maeda dan Minami Minegishi, tapi justru tampang Haruna Kawaguchi yang paling menarik perhatianku. Kalau anda cuma mencari hiburan tampang cewek cakep, bolehlah nonton film ini. Tapi kalau mencari cerita yang solid, mendingan nonton serial anime Moshidora saja.

Rating: 2.5/5

4 Responses to “Moshidora – Live Action Film”


  1. 1 elka April 21, 2012 at 3:37 pm

    ok deh, saya nonton Gundam aja🙂

  2. 2 Cheese Burger April 22, 2012 at 3:13 am

    Ini yang ada Seto Koji yg jadi Wataru di Kamen Rider bukan?

  3. 3 Gogo April 24, 2012 at 5:21 pm

    wah, klo hiburan cew cakep tntn kamen rider Fourze.. hehe

  4. 4 Elkha June 14, 2012 at 6:02 pm

    aku sudah dapat film ini mas Ando tapi baru beberapa menit nonton, baru sampai maeda atsuko mempelajari buku manajemen yang dia beli rasanya sudah bosan, temanku yang kutanya juga bilang rasanya seperti mendengarkan kuliah yang membosankan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: