Happy 20th L’Anniversary L’Arc~en~Ciel

またここから新しい L’Arc~en~Ciel がスタートする

“Sudah berumur 20 tahun… Kami sudah makin dewasa…”
“Hadirin yang cuma diam saja… kalian bakalan dibunuh! Itu kata yukihiro loh! Makanya hati-hati!” ROFL
(hyde)

“Cuaca hari ini cerah ya!”
“20 tahun selama konser di lapangan terbuka tak pernah sekalipun hujan, baru kali ini kita manggung basah kuyup”
(tetsuya)

“Gimana diguyur hujan? Kalau gitu gue juga ikutan basah-basahan ahhhh… ”
(ken)

Singin' in the Rain


Tadinya aku tak percaya kalau L’Arc~en~Ciel sudah menjadi band legenda Jepang, tapi hari ini aku melihatnya sendiri di konser 20th L’Anniversary hari kedua. Selain lapangan bola dan bangku penonton terisi penuh, orang-orang yang datang menonton konser ultah ke-20 mereka di stadion Ajinomoto Tokyo ternyata memang memiliki sebaran usia yang cukup lebar. Terlihat dari tampang-tampang setengah baya yang sudah agak beruban sampai yang umurnya masih SMP datang menonton konser, baik lelaki maupun perempuan. Semuanya datang dengan semangat tinggi. Tahukah kalian mengapa? Karena 2 hari konser live 20th L’Anniversary kedua-duanya diguyur hujan lebat. Menurut sang bassist tetsuya, selama 20 tahun konser di lapangan terbuka tak pernah manggung sambil berhujan-hujan, baru kali ini basah kuyup, 2 hari berturut turut pula. Tapi hujan tak menghalangi para personel Laruku untuk menghibur para penonton yang rela nonton sambil diguyur air hujan. Selama waktu konser hari kedua yang kutonton, hyde, tetsuya, dan ken bertiga ikutan basah kuyup sambil menyanyi dan memainkan alat musik. Hanya drummer yukihiro saja yang tetap kering karena terus berada ditempat teduh di belakang drum dan perkusi. Berkali-kali staff konser harus mengeringkan lantai atas panggung dari genangan air dengan wiper, sementara ken dan tetsu mengelap kering gitar dan bass mereka masing-masing.
Baiklah, ini laporan konser 20th L’Anniversary Live Concert hari kedua, Minggu tanggal 29 May 2011..

hyde

Hujan lebat mengguyur stadion Ajinomoto Tokyo, para penonton yang berdiri di tengah lapangan bola hampir seluruhnya mengenakan jas hujan karena ada larangan menggunakan payung yang bisa menghalangi pandangan penonton lain. Ada juga sih beberapa cewek nekad pakai bikini dibagian atas tubuh dengan celana jins cuek berhujan-hujan. Sedangkan yang berada di daerah bangku penonton di tepi stadion yang teduh terlihat melepaskan jas hujan mereka. Para penonton yang diam menunggu mulainya konser agak menggigil kedinginan walau terlihat tetap semangat. Sekitar jam 5:20 sore, yukihiro naik panggung ke belakang peralatan drum dan perkusi, lalu para penonton berteriak histeris. Disusul munculnya ken dan tetsuya yang menerima gitar dan bass mereka masing-masing dari staff konser, terakhir hyde muncul dengan pakaian hitam lengkap berkaca mata hitam sambil teriak, “ARE YOU READY? ARE YOU FU*#IN’ READY?”. Untuk memanaskan suasana yang agak dingin akibat hujan, Laruku langsung menghentak awal konser dengan 4 koleksi lagu kencang mereka yaitu Ready Steady Go, Pretty Girl, NEXUS 4 dan Heaven’s Drive sehingga para penonton bisa ikut menonton, bernyanyi, sambil meloncat-locat dengan semangat hingga badan mulai terasa hangat. Setelah itu disusul dengan obrolan singkat bergantian antara hyde, tetsu dan ken ditengah guyuran hujan.

tetsuya

Menjelang magrib, barulah Laruku membawakan lagu-lagu berirama agak slow seperti Alone en La Vida, Love Fly, Jojoushi, Snow Drop, Neo Universe dan Kasou. Jojoushi dinyanyikan dengan istimewa yaitu dengan pembukaan nyanyian a capella oleh hyde diiringi suara rintik hujan yang kemudian dilanjutkan dgn memasukkan instrumen musik lainnya. Lalu Laruku silih berganti menaikkan tensi kembali dengan lagu-lagu cepat seperti Revelation, Seventh Heaven, Drink it Down, Driver’s High, Honey, Shinsoku~lose control~. Yang menarik mungkin prolog lagu Honey, dimana dilayar besar dipinggir panggung ditampilkan rekaman beberapa penyanyi terkenal Jepang bergantian menyanyikan lagu Honey sebelum akhirnya disambung oleh hyde.

ken

Hari semakin gelap menjelang malam dan para anggota Laruku rehat sejenak. Mereka kembali naik panggung untuk encore, hanya saja cara mereka menuju panggung tidak seperti biasa melainkan berjalan kaki menyusuri pinggir lapangan bola yang menjadi arena konser sambil menyapa para penonton dari dekat. Barulah kemudian lagu-lagu encore dilanjutkan dengan campuran lagu-lagu yang agak slow dan sedang seperti Stay Away, Link, Hitomi no Jyuunin, Forbidden Lover hingga My Heart Draws a Dream. Seperti biasanya, tetsuya melakukan rutinitas mukinpo-kun dengan pisangnya sebelum masuk lagu Stay Away. Mungkin yang cukup mengejutkan adalah hyde tiba-tiba menitikkan air mata sewaktu menyanyikan Forbidden Lover dengan penuh perasaan.

yukihiro

Konser hari kedua diakhiri dengan 2 lagu dari single terbaru mereka, diawali dengan Good Luck My Way dan ditutup dengan lagu Bless. Berakhir pulalah konser hari kedua 20th L’Anniversary sekitar pukul 8:20 malam dengan bagi-bagi sekeranjang pisang oleh tetsuya, dibantu hyde dan lainnya. Laruku membawakan lebih dari dua puluh lagu dalam konser hari ini dan aku cukup puas dengan penampilan mereka walaupun dalam cuaca yang kurang mendukung. Dan konser diakhiri dengan beberapa pengumuman diantaranya:
– Konser lanjutan L’Anniversary akan diadakan dikota-kota Jepang yang lain termasuk Saitama, Fukuoka, Sapporo, Nagoya dan Osaka dari bulan September hingga Desember.
– Akan diadakan konser internasional pada tahun 2012 dengan nama L’Arc~en~Ciel World Circuit yang akan melawat ke Taipei, Shanghai, Hongkong, Bangkok, London, New York dan Paris.

Catatan:

– 2 cewek yang nonton di depan dan belakangku rupanya nonton juga konser hari pertama, sehingga aku tahu beberapa info tentang konser hari pertama dari obrolan mereka.
– L’Arc~en~Ciel pertama kali berdiri tanggal 30 May 1991, sehingga tepat tanggal 30 May 2011 berusia 20 tahun.
– hyde mengucapkan salam dalam 5 bahasa karena konser mereka disiarkan ke beberapa negara secara langsung.
hyde bilang, Hello!… Bonjour!…Annyeong Haseo!… (diam bentar sambil ngitung pakai jari) ah… Nihao!….. oya tentu saja: Konnichiwa!”
– L’Arc~en~Ciel pertama kali akan melawat ke Asia Tenggara pada tahun 2012 dan tujuan mereka yang masuk daftar konfirmasi adalah Muangthai. Semoga ini menjawab pertanyaan tentang tujuan konser Laruku berikutnya bukanlah Indonesia. Semoga juga ada promotor konser yang mau mengundang Laruku ke Jakarta setelah mereka berkunjung ke Bangkok,
– Secara tak sadar, konser Laruku yang diadakan dalam guyuran hujan mengingatkanku pada adegan konser Greatful Sound dalam manga/anime/film BECK.
– Seluruh gambar diambil dari link ini
– Urutan lagu-lagu yang ditulis diatas agak acak, susunan asli lagu-lagu yang dibawakan di hari kedua sbb:
01. READY STEADY GO
02. Pretty girl
03. NEXUS 4
04. HEAVEN’S DRIVE
05. LOVE FLIES
06. snow drop
07. ALONE EN LA VIDA
08. Jojoushi
09. NEO UNIVERSE
10. Driver’s High
11. REVELATION
12. DRINK IT DOWN
13. Kasou
14. Shinsoku -lose control-
15. HONEY
16. SEVENTH HEAVEN
17. STAY AWAY
18. Link
19. Hitomi no Jyuunin
20. forbidden lover
21. MY HEART DRAWS A DREAM
22. GOOD LUCK MY WAY
23. BLESS

Sayang tak ada lagu Singin’ in the Rain, padahal cocok banget sama suasananya😀

SELAMAT HARI JADI KE-20 L’ARC~EN~CIEL

Mumpung belum dihapus, sedikit rekaman aksi mereka dalam 20th L’Anniversary:

46 Responses to “Happy 20th L’Anniversary L’Arc~en~Ciel”


  1. 1 Zeph May 30, 2011 at 8:34 am

    2 hari konser hujan terus?..salut buat semangat hyde dkk…salut juga terutama buat para fans yang rela menikmati musik laruku dalam guyuran hujan…. you’re rocks…….🙂

    Semoga juga ada promotor konser yang mau mengundang Laruku ke Jakarta setelah mereka berkunjung ke Bangkok

    Amin.

  2. 2 Ardhie May 30, 2011 at 2:48 pm

    kapan DVD nya keluar …………………………

    pengen banget hujan – hujan bareng Laruku

    Selamat Hari jadi buat L`Arc~en~Ciel

    cepet datang ke Indonesia ya😀

  3. 3 AnDo May 31, 2011 at 9:20 am

    @Zeph
    Iya. Bukan cuma hujan, tapi angin juga lumayan kencang. Maklumlah ada angin Topan Songda yang lewat Yap island daerah Pasifik, sehingga ada pengaruhnya ke cuaca sekitar Tokyo, termasuk hujan lebat dan angin kencang.
    Sampai2 hyde bilang, “Hujan hari ini cuma efek pertunjukan koq!”😆

    @Ardhie
    Gak usah ngomong DVD lah, paling cepat juga jaraknya setahun setelah konser.
    O iya, itu udah kutulis konformasinya. Laruku konser Live ke Indonesia 2011 cuma hoax doang. Tahun depan 2012 khan mereka udah konfirmasi manggung ke Bangkok, mudah2an aja ada promotor di Indonesia mau narik mereka dari Bangkok ke Jakarta. Toh udah gak jauh ini😀

  4. 4 syahrul May 31, 2011 at 11:16 am

    sumpah, gue merinding, haru, sedih, baca ni artikel, pengen banget nonoton !!
    DVD konsernya ada blum ya ?

  5. 5 Ardhie May 31, 2011 at 3:15 pm

    iia udah ane beritahu komunitas di sini, pada sedih semua
    hho
    ntar de, ane coba rundingin sama mereka buat mbujuk promotor buat narik Laruku setelah ke Thailand😀

    kalau disana udah ada yang punya, boleh dong di copy.in Anod-kun ^^,b

  6. 6 AnDo May 31, 2011 at 5:12 pm

    @syahrul
    Biasanya butuh waktu untuk merilis DVD hasil konser, paling cepat setahun.

    @Ardhie

    udah ada yang punya, boleh dong di copy.in Ando-kun ^^,b

    Dari awal aku udah ngasih tau nggak bakalan ngupload apapun yg berbau copy-right. Kalaupun gak sengaja pernah liat dimana, paling ngasih link doang dan itupun kalau pernah ketemu pas browsing, dalam artian bukan aku yg bikin.

  7. 7 Ardhie June 1, 2011 at 9:35 am

    maksudnya juga gitu, kalau nemu link, ada yang udah upload, bisa d share dunk
    bisa mati penasaran nunggu setahun DVDnya
    T.T

  8. 8 syahrul June 2, 2011 at 10:33 am

    iya, betul.. tlong share yah..
    d tnggu..😀

  9. 9 AnDo June 2, 2011 at 12:08 pm

    @Ardhie & syahrul
    Kalau link youtube dari orang2 yg ngerekam pas konser sih bisa liat di akhir postingan. Kalau ada yg baru bakalan kutambah dan edit di akhir postingan. Kalau misalnya udah dihapus youtube,ntar kucari lagi buat gantinya.

  10. 10 Ardhie June 2, 2011 at 4:38 pm

    itu manusia apa semut yang nonton …
    banyak banget.
    itu baru fans yang di jepang, gimana kalau semua ngumpul ya .??? gak ngebayangin

    malah makin kepingin DVDnya
    ayo semoga gak terlalu lama😀

    itu yang di link youtube ke2, nontonnya dari bioskop ya Ando .?
    fellnya jadi seperti lihat DVD ya .? benarkah seperti itu .?

    one more question : forbidden lover itu dari album mana ya .???

  11. 11 AnDo June 2, 2011 at 5:26 pm

    @Ardhie
    Itu penonton basah kuyup. malah ada cewek2 yg nekad pake bikini😆

    iya, kata yg ngupload di youtube sih dia ngerekam ngambil dari tayangan live dalam bioskop di New York.

    Forbidden Lover ada dalam album Ark

  12. 12 Ardhie June 3, 2011 at 6:02 pm

    kalau nonton dari bioskop ada enaknya juga ya, bisa sambil duduk, gak kebasahan [ bisa lihat yang pakai bikini juga😀 ]., kalau live langsug mana bisa, terlalu banyak, hho

    waktu konser mereka gak nyinggung masalah album baru .?

    • 13 AnDo June 4, 2011 at 2:02 am

      waktu konser mereka gak nyinggung masalah album baru .?

      Gak ada. Kabar ttg konser selanjutnya aja cm lewat tulisan di layar gede doang.

  13. 14 oktoranda June 4, 2011 at 3:22 am

    keren bgt gan info nyah,
    tapi yg membuat gue kaget jas nya tetsu ada nama sebuah prusahaan kartu kredit dri inggris ya? yg jadi sponsor liverpool, jangan2 laruku di sponsorin juga?????

  14. 15 syahrul June 4, 2011 at 9:14 am

    punya link download single barunya ?? mp3 ?? ada ga ?

  15. 16 AnDo June 4, 2011 at 11:11 am

    @oktoranda
    Setahuku sih soal baju itu gak ada hubungan sponsor2an. Kemarin hari pertama tetsu pakai baju AC Milan yg udah dipermak potong sana-sini spy logonya gak keliatan full. lalu hari kedua pakai kaos Liverpool yg juga dipermak walau logo bangau-nya masih keliatan samar2, plus jaket perusahaan finansial berinisial SC.
    Cuma masalah fashion doang koq, gak ada hubungan LAruku dapet sponsor atau tetsu fans klub bola tertentu.

    @syahrul
    CD singlenya baru rilis 29 Juni 2011 nanti. Tapi di internet udah banyak koq yg bikin copy-an berbentuk mp3 dari rekaman PV nya di youtube. search di google jg gampang di temukan koq.

  16. 17 oktoranda June 4, 2011 at 3:35 pm

    arigatou bang ando trnyata hanya fashion gue kira ad sponsor🙂,
    oia setlish yang konser hari pertama lagu apa aja yang di bawain gan? mksh

  17. 18 AnDo June 4, 2011 at 4:25 pm

    @oktoranda
    Aku nggak nonton yg hari pertama, taunya dari laporan orang lain. Set list hari pertama ada di link ini.

  18. 19 syahrul June 5, 2011 at 10:14 am

    oh, tanggal 29.. iya, kirain udah ada.. terimakasih info nya..

  19. 20 oktoranda June 5, 2011 at 4:41 pm

    makasih bgt gan link set lish ny , top top top🙂 di tunggu info2 menarik ttg laruku .🙂

  20. 21 azuka June 6, 2011 at 10:04 am

    oh my god!!!! merinding bgt bacanya!!!
    jdi pengen cepet2 beli dvd konsernya…!!! >_<
    aaaaaaargh!!! cinta berat sama larukuuu!!!

  21. 22 aJunk June 8, 2011 at 7:34 am

    wahh bangga ya udh jd band Legendaris ,,!!
    happy L’anniversary yyaaa,,,,,!!! ^^
    “aku pasti bisa seperti kalian”

  22. 23 Putri June 9, 2011 at 3:10 am

    Gak nyangka.. Penggemar Laruku bela2in pake jas hujan buat nonton konser, ya…
    bener2, dah ..!!

    Beneran udah 20 tahun, ya ? berarti umur2 personelnya sekitaran 40-an, ya (ato menjelang2 40-lah paling tidak)? tapi penampilan fisik mereka sepertinya tidak banyak berubah, ya?…*waktu dulu ngelihat klipnya..saia pikir si hyde itu perempuan he.. he..😀

    Konser yang besar untuk grup rock yang melegenda,…😀

  23. 24 Putri June 9, 2011 at 3:12 am

    video-nya gak bisa dibuka, mas😦

    btw.. kenapa si hyde menangis waktu nyanyi forbidden lover, ya ? *agak bingung

  24. 25 AnDo June 10, 2011 at 2:16 pm

    @syahrul & oktoranda
    thanks juga

    @azuka
    thanks udah baca laporan pandangan mata ini😛

    @putri

    berarti umur2 personelnya sekitaran 40-an

    rata-rata umur mereka sudah 42 tahun, hanya saja tampang mereka kayak masih 30 tahun:mrgreen:

    video-nya gak bisa dibuka, mas😦

    artinya udah dihapus sama pihak youtube. bagaimanapun juga kalau ada video tersangkut masalah hak cipta, siap2lah utk di delete.

    kenapa si hyde menangis waktu nyanyi forbidden lover, ya ?

    Wah… gak tau juga. hyde kelihatan meneteskan air mata pas bagian akhir lagu.
    Lagi menghayati lagu mungkin…
    Atau hyde skrg punya forbidden lover aka selingkuh, jadinya ngerasa kali… 😈

  25. 26 Mitcyu June 17, 2011 at 4:06 am

    Bravo L’ Arc en Ciel! Arigato Ando-Kun!

    Nize inpoh, mudah2an tour asia tenggara lewat Indo, soalnya ada forum juga yg sedang ngadain petisi untuk mereka tuh. Infonya yg konser di Paris itu juga lewat petisi soalna..

    Long Live L’ Arc en Ciel!

  26. 28 ina damn June 19, 2011 at 11:41 am

    plisss..pliiiis…banget dishare kalo ada info sedini mungkin konser ke bangkok… kita bareng-bareng aja bikin tour ke sana guys! thaaanks.

  27. 29 Ralind_re July 21, 2011 at 5:23 pm

    wahhh,, blognya rapi bagus pula isinya lengkap….tadinya cuma baca tentang Ultahnya laruku tapi malah jadi kemana-mana …
    mantapz ….
    keliatan kalo orangnya suka berpikir kritis sama tenang…

    sukses mas di jepang …

    (kapan bisa nyusul kayak mas?)

    di tunggu info terbaru tentang L’arc en Ciel nya……

    (^_^)

    • 30 yudo July 30, 2011 at 8:36 am

      kalo mw nntn konserny hrs jd anggota dlu ya??

      • 31 AnDo July 30, 2011 at 5:11 pm

        @yudo
        Ya nggak lah, tiket konser bebas dijual buat umum koq. Hanya saja belinya itu rebutan dan bisa-bisa dalam waktu singkat udah keburu habis. Kalau mau gampang dan pengen pasti dapet tiket sih, daftar jadi anggota fans club Le-Ciel. Member Le-Ciel dikasih prioritas untuk beli tiket konser lebih dulu sebelum dijual untuk umum.

  28. 32 yudo July 31, 2011 at 1:14 pm

    ooohh bgitu…iya yg gw dgr hrs jd anggota le ciel ny dlu…kalo mw bli tiketnya biasanya dmana? coz kykny gw mw nntn konserny mreka yg d saitama bulan september nnti..

    tks bro infonya..

    • 33 AnDo July 31, 2011 at 4:05 pm

      @yudo
      Kalau mau beli, tinggal cek aja di situs resmi Laruku. Soalnya beda tempat konser beda tempat jualan juga.
      Penjualan tiket buat konser di Saitama tanggal 6 Agustus 2011 (hari sabtu) jam 10 pagi teng. Silahkan lihat di situs kyodotokyo.
      Selamat berburu tiket konser, semoga dapet, soalnya setauku sih yang nelpon pesan tiket, pada rebutan masuk.

  29. 34 yudo August 1, 2011 at 2:40 am

    ok…thank’s bro infonya…

  30. 35 Tetsuya Arai Suki September 7, 2011 at 10:51 am

    daftar artis yg nyanyi lagu honey sapa aja kakak

    • 36 AnDo September 7, 2011 at 4:54 pm

      @Tetsuya Arai Suki
      Wah saya gak apal dan gak kenal semua. Cuma tau beberapa wajah kayak: yasu (vokalis Janne Da Arc), Mao (vokalis SID), Abe Natsumi dan Miki Fujimoto (keduanya mantan member Momusu), DAIGO (vokalis Breakerz), Kano Eiko (pelawak), Moe Ishikari (fashion model),

  31. 37 Ditya Adit November 3, 2011 at 12:05 am

    ini link fans laruku indonesia ya? okeh saya punya info mengenai event laruku di indonesia yaitu penayangan video konser 20th anniversary laruku di salah satu bioskop jakarta pada bulan november dan desember…. nah saya minta link yg bisa dihubungi untuk nantinya bisa dtng untuk membahas mengenai event ini bisa di message atau wall ke fb saya untuk info dan keterangan lebih lanjut

    trims

  32. 40 Chan Chan December 9, 2011 at 3:05 pm

    Larc is Never Die…
    Mudah mudahan bisa terus berkarya buat kita kita.. amiinn….

  33. 41 laruku lovers December 28, 2011 at 7:25 pm

    kalo bisa laruku datang ke Indonesia……………….. tunjukan bahwa lagu japan ga kalah sama korea….soalnya bosan lagu korea melulu ga ada skill2nya menang di joget aja.. maju japan in love.

  34. 42 matt en ciel February 6, 2012 at 3:09 am

    2 mei mreka manggug disenayan d

  35. 43 Mohammad Anugerah February 12, 2012 at 7:13 pm

    Aslmkm,,trmksh infonya Mas,sangat menyenangkan bisa membaca ini,salam knal untuk semua fans Laruku,^^

  36. 44 nophie ogawa 91 March 2, 2012 at 6:55 am

    laruku katanya mau konser di indonesia tgl 2 mei 2012,,
    bisa di liat link’a disini..
    http://www.larc-en-ciel.com/jp/
    official website laruku..
    disitu ada jadwal manggung laruku taun 2012 ini dan indonesia trmasuk salah satu tmpat konser’a.. smoga saja jadi.. ga sabar mau ketemu tetsu dan yang lainnya😀

  37. 45 zesky riko April 13, 2012 at 7:17 am

    L’Arc~en~Ciel Hai anata wa Bandon no machi o tamesu koto ga deki, watashi wa anata ni onaji bando o hatasu yo

  38. 46 sabila amalina (@sabilamalina) May 8, 2012 at 5:46 am

    huwaahh kemaren salah beli dvd yg ini nih hiks!! baru tau juga mereka nyanyiin bless!! favorit ni favorit!! pas 2 mei gak dinyanyiin (emang udah ngira si sebenernya. ngeliat dari setlist kota2 sblmnya.. hehe)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: