Gantz: Perfect Answer


Seperti yang telah kutulis sebelumnya dalam review Gantz Live Action, Gantz: Perfect Answer adalah direct sequel dari film pertamanya tersebut yang mengambil setting beberapa bulan setelah misi Buddha seribu tangan. Para karakter yang telah ada pada film pertamanya kembali muncul seperti 2 tokoh utama Kei Kurono (Kazunari Ninomiya) dan Masaru Kato (Kenichi Matsuyama), malah beberapa diantara diberikan porsi lebih besar dibanding film sebelumnya seperti misalnya Tae (Yuriko Yoshitaka) dan Pak tua Suzuki (Tomorrow Taguchi). Sequelnya ini menambahkan beberapa tokoh baru, baik yang ada dalam manga maupun karakter yang dibuat untuk versi film. O iya, sebelumnya harus saya ingatkan. Walaupun film ini merupakan sequel dari Gantz Live Action, film ini bukanlah adaptasi manga Gantz mengingat sebagian besar plot utama cerita berubah. Memang sih, ada beberapa sub-plot manga seperti misalnya lulusan tim Gantz lama dipanggil pulang, member Gantz dalam misi yang biasanya tak terlihat menjadi terlihat orang lain, hingga misi memburu Tae Kojima hadir dalam film ini, tapi tetap saja kalau anda membaca manga Gantz akan merasakan perbedaan yang mendasar.

Selama 4-5 bulan terakhir, Kurono memimpin tim Gantz untuk meraih poin 100 demi membangkitkan temannya yang tewas pada misi Buddha bertangan seribu. Disaat yang sama, Kurono juga semakin dekat hubungannya dengan Tae Kojima. Tanpa disangka, temannya yang tewas itu ternyata muncul di depannya dalam keadaan hidup, padahal nilai 100 belum berhasil dikumpulkan Kurono. Dilain pihak, artis idola dan top model terkenal Eriko Yukawa (Ayumi Ito) mendapatkan sebuah bola hitam mirip Gantz berukuran kepalan tangan dan mulai membunuhi orang-orang tertentu yang telah lulus dari misi Gantz sebelumnya (menyebabkan mereka balik ke ruangan Gantz lagi). Tim Gantz akhirnya pecah menjadi 2 kelompok yang saling berseteru ketika Gantz memerintahkan mereka untuk membunuh Tae Kojima. Padahal disaat yang sama mereka harus berhadapan dengan kelompok Alien paling tangguh yang dikenal dengan nama Kurofuku Seijin (alien baju hitam).

Ada beberapa hal menurutku menarik dalam hal ide baru yang ingin disampaikan oleh film dengan maksud mengambil ending berbeda, baik beda dengan versi manga maupun anime. Ide tentang Gantz yang kehabisan energi seperti batere sehingga perlu di charge lumayan unik. Lalu keberadaan bola hitam berukuran kepalan tangan juga membuat film ini memiliki suasana yang berbeda. Tapi sayangnya eksekusi untuk menyelesaikan hal tersebut menurutku terlalu tergesa-gesa (namanya juga film bioskop, waktunya mepet) sehingga justru menebarkan banyak hal yang tak jelas disepanjang film. Lubang-lubang plot ini juga mampu membuat aku yang membaca manga maupun anime tetap bingung dengan apa yang diinginkan cerita versi film. Ingin mengambil rute penyelesaian kisah yang berbeda, malah membuat ceritanya semakin mirip puzzle yang rumit yang kehilangan kepingannya. Hal ini diperparah dengan banyaknya kebetulan-kebetulan yang kesannya dibuat-buat.

Karena ingin memadatkan film, tokoh-tokoh baru yang muncul dalam sequel ini mengambil beberapa karakter-karakter komik yang dibaur menjadi satu tokoh baru. Misalnya saja pemimpin Alien Baju Hitam yang bernama Kurofuku Ichi (Go Ayano), jelas-jelas merupakan gabungan antara karakter Host Samurai (si vampire leader) dengan para boss Alien. Kelompok Alien Baju Hitam sendiri merupakan perpaduan karakter alien dengan sosok dan gaya bertarung kelompok Vampire (lihat saja cara mereka memperoleh pedang). Lalu Sang artis Eriko Yukawa pastilah bisa ditebak merupakan gabungan karakter Pop-idol Reika dan Shion Izumi, mantan Gantz yang balik lagi ke kamar berisi bola hitam. Ada juga karakter baru khusus untuk film, seorang polisi detektif Shigeta (Takayuki Yamada) yang menyelidiki kasus hubungan aneh antara bangkitnya beberapa orang yang dianggap tewas dengan bola hitam. Tapi justru dengan menggabungkan beberapa karakter kuat dalam manga, justru membuat blunder karena karakter gabungannya jadi melemah. Sang detektif sendiri koq kesannya numpang lewat doang, tak tahu dia detektif jujur atau malah lebih mirip agen ganda. Hingga akhir tak ada kejelasan pasti.

Tak ada Shion Izumi dan kelompok vampire seperti yang sebelumnya kukira akan muncul (ternyata yang kusangka Izumi adalah Kurofuku Ichi dan kelompok yang mirip Vampire adalah Alien Baju Hitam). Tapi itu bukan berarti film ini benar-benar malapetaka. Paling tidak disela-sela cerita yang tumpang tindih, adegan aksinya masih bisa dinikmati terlepas dari spesial efeknya biasa saja. Yang paling kusukai adalah duel antara Kurono dengan Kurofuku Ichi di dalam gerbong kereta bawah tanah yang sempit dan sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Sepertinya duel mereka berdua adalah aksi pertarungan terbaik yang pernah kutonton dalam film Jepang hingga saat ini, lumayan menegangkan dan terlihat keren. Salut buat fight choreographer-nya Shimomura Yuji yang pernah menimba ilmu dari Donnie Yen ketika Shimomura selama beberapa tahun menjadi bagian tim stuntman-nya Donnie Yen di Hongkong.

So my verdict, kalau anda penggemar manga Gantz, jangan tonton film ini dengan membawa belitan kisah manga dalam kepala anda. Paling tidak, anda tidak akan dibuat kebingungan dengan lubang plot yang bertebaran, sehingga terima saja apa yang dimau penulis cerita film ini. Bagi yang menonton Gantz Live Action dan belum baca manga atau nonton animenya, nikmati saja film sequel ini terutama adegan aksinya. Kalau anda mempertanyakan hal ini itu yang tak dijelaskan dalam film, jangan tanya saya karena saya juga pulang nonton dari bioskop hanya mengenang adegan duel Kurofuku Ichi vs Kurono. Ciaaattttt……………

Rating: 2.75/5

24 Responses to “Gantz: Perfect Answer”


  1. 1 nao April 25, 2011 at 12:29 pm

    mungkin krn nggak baca komiknya, gantz part 1 aja aku bingung sesungguhnya kalau nggak baca resensinya, jadi penasaran gantz selanjutnya ini,,,
    tau dmn downloadnya mas? ^^

    • 2 AnDo April 25, 2011 at 2:47 pm

      @nao
      Belum ada DVDnya soalnya baru tayang kemarin di bioskop, jadinya bajakan juga gak bakalan ada. baca ini deh
      Aku nonton kemarin hari minggu di bioskop.
      Tapi jangan takut, film ini juga tayang di USA, jadinya bajakan versi tayangan USA (pakai dubbing english) bakalan cepat keluar.

  2. 3 Ryuzaki May 1, 2011 at 4:22 am

    ijin bookmark ya mas!

    tolong update lagi klo ada link downloadnya,sekalian sub indonesianya,:D

    saya pengen tau seberapa parah gantz part 2 ini,

    pertama liat berita tentang live action pertamanya mau keluar, saya
    udah mikir, berani bgt nih manga seinen yang bertaburan fanservice
    mau dibikin live action,
    pas nonton… ==”
    tapi lumayan lah,

  3. 5 gogo June 6, 2011 at 2:24 pm

    bingung, blm nonton

  4. 6 Shia Zen June 10, 2011 at 2:20 am

    Oh ya ampun saya pembaca setia komik gore hentai *plak* ini~
    Dimana bisa download yg perfect answer D:
    Habisnya ceritanya agak berbeda amakomiknya sih.
    Sifatnya juga. =____= Yg jadi si kei kurang pervert tuh hahahah😛

    • 7 AnDo June 10, 2011 at 2:30 pm

      @Shia Zen
      Gak ada donlotan perfect answer utk saat ini, karena film ini masih baru tayang di bioskop.. Coba baca ulasanku disini.
      Kabarnya film ini udah rilis bulan lalu di USA, mungkin aja udah ada yg ngembajak versi amrik (dubbing bhs inggris). Kurang tau juga yah, soalnya saya nontonnya di bioskop.

      • 8 Shia Zen June 12, 2011 at 7:23 am

        Ah gitu yaaa😦 *nangis di pojokan *halah
        Uhm, ando-san udah nonton kan?
        kalo gitu aku mau tanya aja~
        Ntar nishinya gimana?? Kok di trailernya dia fight lawan hunters laen ya? Itu kenapa ??? Ah penasaran jadinya. Dan bingung juga hahahah

  5. 9 Skyhopper August 10, 2011 at 4:34 pm

    Wah penasaran jadinya nih, saya udah nonton juga film “Another Gantz”, cerita tambahan dari film pertamanya yang ceritanya diambil dari sudut pandang seorang wartawan yang mengetahui insiden orang-orang yang kembali setelah mati, dan di sana ada juga beberapa adegan dari orang berjas hitam dan berambut panjang yang saya lihat di trailer Gantz Perfect Answer (mungkin itu yg namanya Kurofuku Ichi ya?) Di situ juga diceritakan sedikit tentang kehidupannya Nishi, Kishimoto, dan Suzuki

    Menurut saya sih untuk ukuran film sci-fi action Jepang, film ini merupakan gebrakan yang tidak terduga, karena mereka mulai berani mengeluarkan budget yang besar dan keseriusan untuk mengadaptasi manga/anime, seperti halnya film yang baru saya tonton kemarin, yaitu live actionnya “Space Battleship Yamato” yang diadaptasi dari anime jadul (mungkin tahun 70an), lalu ada lagi movienya Kamen Rider the Next yang mulai melangkah ke arah yang lebih dewasa (walau menurut saya ceritanya agak2 melenceng dari cerita Kamen Rider yg seharusnya). Mudah2an perfilman Jepang makin maju lagi baik dari sisi spesial efek, penceritaan, dan akting (jangan lebay melulu).

  6. 10 oren August 18, 2011 at 5:29 pm

    oh…..jadi…..
    kurofuku ichi gak ada dalam manga…..??
    aku gak tau sih , kerna aku baru aja mulai baca Gantz manga….
    sayang sekali deh , karakternya cool

  7. 11 Kuro2 August 28, 2011 at 5:56 am

    nanya dong, memangnya ada gantz animenya???

  8. 13 kero August 29, 2011 at 12:26 pm

    kalo untuk link download sih udah ada..
    cuma ya itu.. sub nya..😦

  9. 15 gandhi September 24, 2011 at 12:19 pm

    kalau menurut q wajar saja plot filmnya banyak berlubang, karena di komiknya pun seperti itu, plotnya sangat banyak bolongnya, belum selesai penjelasan tentang apa itu gantz, dateng misteri lain, yaitu vampir, belum jelas vampir, dateng misteri lain yaitu gantz itu buatan manusia yang dapet wahyu, belum juga selese yang itu, bumi keburu di invasi alien, n finally kurono bisa ada 2
    klo q yang jadi penulis scriptnya, belum tentu bisa buat ending yang konklusif kayak di filmnya

  10. 16 SIMONE September 27, 2011 at 8:41 am

    baru nonton nih, tadi malam baru beli dvdnya, tp masi agak bingung endingnya, kok jadi si Kurono yang control Black sphere… kok bukan om botak ? dia kemana? pensiun ? LOL.. kalau di manga black spherenya kan jatuh dari apartement dan om botak yg control gantz mati .. hmm bingung

  11. 17 gogo November 26, 2011 at 3:50 am

    akhirnya udah nonton keduanya… satu kata, mantab !! masih bisa dibuat film ke tiganya neh.. terutama misteri ttg asal usul gantz, penggalian karakter lbh dlm, kenapa kurono gantiin si botak, knp org yg harusnya mati bs idup lg, gmn caranya.. dan segudang pertanyaan lainnya..

  12. 19 hyuknesness December 12, 2011 at 8:54 am

    telat banget nih gue baru nonton film GANTZ 1 & 2.. habis nonton langsung penasaran, banyak yang gak jelas di filmnya, walopun gue gak baca manga nya..
    contohnya seperti: habis ledakan bola hitam di apartemen itu, yg dsebabkan oleh ditetesi sm cairan dari alien, apa yang terjadi?? toh alien nya jg masih hidup.. anggota tempur nya gantz juga masih pada hidup.

    terus, pas ending, tiba2 kurono gantiin posisi nya om botak yg di dalam bola hitam.. koq bisa? kemana si om botak itu? emang om botak itu siapa?

    hahaha.. but overall, film ini buat gue jadi suka sama Kazunari Ninomiya.. :p

    thanks for the review of the film!😀

  13. 20 meli April 22, 2012 at 2:40 pm

    kecewa ma ending Gantz 2…
    Kurono mati begitu sja…

    Kenapa g hidup aj??
    Ayo, hdupkan Kurona Gantz-san…

    masih adakah Gantz 3???

  14. 21 shisio January 10, 2013 at 10:08 am

    wah! Sampe sekarang aku belum nonton film ini, padahal film ini udah berbulan2 teronggok di drive…. Aku cenderung menyukai animenya

  15. 22 egi October 6, 2013 at 9:40 am

    kecewa berat gua sama gantz part II

  16. 23 fantasydream98 June 11, 2014 at 11:12 pm

    ending animenya itu kayak gimana sih? masih ga mudeng =.=
    tiba-tiba gantz nya menghilang, begitupun dengan kurono =.=
    ada yang bisa menjelaskan?


  1. 1 Gantz – Live Action Movie « Toumei Ningen Trackback on April 25, 2011 at 3:05 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: