Gantz – Live Action Movie

Tahukah anda, apakah itu Gantz? Sepertinya kalau anda bukan penggemar animanga, mungkin tak tahu apa-apa tentang Gantz. Gantz adalah manga thriller psikologi campur sains fiksi karya Hiroya Oku yang berkisah tentang tim orang-orang mati yang dihidupkan kembali oleh sebuah bola hitam untuk mengikuti game survival memburu alien. Manga Gantz sendiri masih belum tamat hingga sekarang dan pola ceritanya sudah mulai baku untuk menceritakan inti dari plot aslinya yang awalnya kelihatan cuma main game survival.

Dua teman lama, Kei Kurono (Kazunari Ninomiya) dan Masaru Kato (Kenichi Matsuyama) bertemu di platform kereta bawah tanah hanya untuk tewas bersama dilindas kereta listrik gara-gara menolong orang yang jatuh ke atas rel kereta. Setelah mati, mereka berdua ditransfer dalam keadaan hidup sehat walafiat ke dalam sebuah apartemen di kota Tokyo yang berisi sebuah bola hitam besar. Selain mereka berdua, masih ada orang-orang lain yang ternyata juga mengalami nasib yang sama yaitu mati. Ketika menyadari mereka terperangkap di dalam ruangan tersebut, bola hitam yang bernama Gantz tiba-tiba saja memberikan instruksi secara paksa pada mereka semua untuk menjalani misi berburu dan membunuh alien. Untuk mempermudah menjalankan misi, Gantz menyediakan seperangkat seragam tempur berwarna hitam ditambah beberapa alat tempur yang terlihat futuristik. Siapa sih yang mau percaya? Sudah tahu mereka tewas, lalu tiba-tiba disuruh melakukan misi memburu alien! Tanpa mereka ketahui, ada satu orang dalam ruangan tersebut yang sebenarnya sudah berkali-kali ikut misi membunuh alien. Namanya Nishi (Kanata Hongo) dan dia tak mau membeberkan apa yang diketahuinya tentang Gantz beserta misinya pada peserta lain. Benarkah mereka yang ada di dalam ruangan Gantz semuanya telah mati? Lalu mengapa mereka bisa hidup kembali?

Manga Gantz diawal cerita sebenarnya tidak terlalu menarik buatku. Plot cerita game survival begini pernah kubaca/tonton lewat Battle Royal, walaupun lawan mereka bukan manusia biasa melainkan alien. Selain misi dan jenis alien yang kreatif dan unik, yang membuatku tertarik untuk terus membacanya adalah tokoh-tokoh di dalam manga yang mempunyai karakter kompleks dan friksi yang ditimbulkan akibat perbedaan masing-masing karakter tersebut, padahal mereka harus bahu membahu menyelamatkan diri dari keganasan alien. Misalnya saja dua karakter utama yang bertolak belakang sifatnya. Kurono yang memiliki sifat egois, selfish, penuh tipu muslihat, agak hentai (tipikal anti-hero) berbanding terbalik dengan temannya Kato yang lurus, alim, baik hati dan selalu ingin membantu orang lemah (tipikal hero). Walaupun makin kebelakang, plot baku Gantz mulai menunjukkan kekuatan ceritanya, plot awal Gantz tak terlalu menarik kecuali penampilan adegan gory dan ecchi yang bertaburan mengisi lembaran halaman manga. Kalaupun dibuat film live action, tentunya banyak hal yang disederhanakan demi mencukupi jam tayang bioskop. Padahal jika karakter-karakter kompleks dan menarik itu disederhanakan juga, apalagi yang bisa dijual oleh film live actionnya? Terlebih lagi jika konten ecchi dan gory juga banyak dipangkas demi rating PG13.

Karakter Kurono dalam film live action tidaklah serumit manganya. Kurono tak terlihat sangat selfish, malah dia kelihatannya masih perduli terhadap rekan setimnya di awal misi, sehingga perubahan karakter Kurono yang semakin care pada orang-orang sekelilingnya gara-gara pengaruh Kato, tidak terlihat jelas dalam film. Untungnya tokoh Kurono dinaikkan pangkatnya dari siswa SMA menjadi mahasiswa universitas yang hampir lulus dan sedang mencari pekerjaan, hal ini membuat pandangan Kurono terhadap masyarakat terlihat lebih dewasa. Sedangkan tokoh Kato ditampilkan terlampau kaku disini dan kadang kala kekakuannya menyebalkan. Selain itu, beberapa adegan yang seharusnya mempermainkan emosi malah terlihat dingin-dingin saja. Yang paling terasa adalah [spoiler] tewasnya salah satu tokoh utama yang kurang greget. Ini tokoh penting loh, koq kematiannya terasa biasa-biasa saja? Beberapa adegan menegangkan dalam manga, eksekusi dalam filmnya terasa biasa-biasa saja. Misalnya saja misi membunuh Tanaka Seijin tak seheboh manga, karena hanya ada 1 Tanaka Seijin disini. Bandingkan dengan manga yang menampilkan keroyokan gerombolan Tanaka Seijin, ditambah dengan paniknya Kurono yang lupa memakai seragam tempurnya.

Beberapa tokoh pembantu diperkecil peranannya atau malah dihilangkan. Misalnya saja Sei Sakuraoka dan si anjing berlidah cabul dihilangkan demi mengurangi konten ecchi. Tokoh biksu, nenek dan cucunya yang manja terlihat hanya sekedar tempelan, padahal dalam manganya mereka ditampilkan untuk mewakili masyarakat modern. Tokoh-tokoh pendamping lain yang punya peranan penting dalam cerita, tetap muncul. Nishi-kun yang egois dan sinis turut hadir sini. Kei Kishimoto alias Kyonyuu aka Sugeng atau Damon juga mucul sesuai dengan porsinya. Tae-chan juga hadir walau menurutku kehadirannya belum mempengaruhi karakter Kurono.

Dari segi akting, terlihat hanya Ninomiya dan Kanata Hongo yang menonjol. Ekspresi wajah hentai Kurono ketika si sugeng Kishimoto jatuh kepelukannya dalam kondisi telanjang bulat lumayan menggelitik. Matsuyama kali ini tak begitu bagus penampilannya, selain mungkin juga faktor skenario film yang membuat karakter Kato menjadi kaku turut berperan dalam mempengaruhi kualitas aktingnya. Sisanya bermain biasa-biasa saja walaupun mungkin penampilan Natsuna Watanabe sebagai Kishimoto lumayan membuat penonton pria rada ngiler:mrgreen:

Dari segi spesial efek sebenarnya lumayan keren. Aku suka dengan adegan aksi dalam misi Tanaka Seijin, hanya saja sayangnya tim Gantz cuma mendapatkan lawan 1 Tanaka Seijin. Dan itupun dikalahkan dengan susah payah. Seragam tempur Gantz juga keren, rasanya pengen punya satu buat dipakai untuk acara cosplay😛

Gantz live action movie sendiri dibagi menjadi 2 film, dan bagian keduanya yang berjudul Gantz: Perfect Answer akan tayang tanggal 23 April 2011 nanti. Walaupun aku agak kecewa dengan bagian satu ini, aku mungkin akan nonton bagian keduanya. Apalagi dalam trailer bagian dua, terlihat Shion Izumi akan muncul (dan mungkin juga kelompok Vampire). Selain itu, aku juga penasaran dengan cerita bagian kedua mengingat manganya sendiri belum tamat. Kemungkinan besar film live action akan membuat endingnya tersendiri.

Gantz Perfect Answer sudah di tulis reviewnya di sini

Rating: 2.75/5

22 Responses to “Gantz – Live Action Movie”


  1. 1 Kencana February 5, 2011 at 10:50 am

    Manga dengan volume banyal kayak Gantz lebih cocok jadi serial TV. Kalau film, pasti banyak bagian yang dipotong.

  2. 2 ik's February 5, 2011 at 2:42 pm

    waaahhh…kyny bgs d:D

  3. 3 lambrtz February 10, 2011 at 4:36 pm

    Ada adegan ecchi itu ratingnya PG13???😯

    Walaupun makin kebelakang, plot baku Gantz mulai menunjukkan kekuatan ceritanya, plot awal Gantz tak terlalu menarik kecuali penampilan adegan gory dan ecchi yang bertaburan mengisi lembaran halaman manga.

    Mengingatkan saya pada manga Rival… *eh*

    • 4 AnDo February 10, 2011 at 4:48 pm

      @Kencana
      Kalau dibikin serial TV live action, kayaknya makan ongkos gede. Bayangkan aja, gimana cara motong ongkos produksi buat adegan misi menaklukkan alien dinosaurus dan alien berbentuk setan di osaka?

      @ik’s
      iya:mrgreen:

      @lambrtz

      Ada adegan ecchi itu ratingnya PG13???😯

      Anu….. saya jawab pake tulisan saya diatas yah:mrgreen:

      Terlebih lagi jika konten ecchi dan gory juga banyak dipangkas demi rating PG13.

      Demi rating PG13, banyak adegan ecchi dan sadis dalam manganya dipangkas habis. Paling cuma adegan si sugeng masuk ke ruangan Gantz dalam kondisi telanjang bulat, itu juga cuma tampilan belakang doang😆

      btw, baca manga Gantz juga dong. Biar bisa diskusi😛

  4. 5 daris February 19, 2011 at 6:28 am

    brarti part 1 ini nyeritain sampek bagian mana?

  5. 7 jhoni April 1, 2011 at 1:12 am

    jiaaahhhhh………..saya baru ja nonton ini semalem……….bagus kok……tapi kok rasanya masih ada yg gantung gitu ya?!?!?!

    apa bakal ada sekuelnya ya?!?!?!

  6. 8 Mirza Joe April 11, 2011 at 8:30 am

    kalo menurutku yang paling menarik dari gantz Manga adalah perubahan karakter tokoh utamanya, Kei Kurono, dari seorang selfish arogan menjadi sosok yg care dan percaya pada orang lain.
    Inilah yg membuat gantz manga sangat menarik buatku, tidak seperti manga2 lainnya yg biasanya sang tokoh utama digambarkan seorang yg baik hati, penuh rasa keadilan dengan mimpi-mimpi “aku akan menjadi nomor 1 dan akan menyelamatkan dunia”. itu khan tipikal komik2 umum yg beredar selama ini.
    perubahan sifat dan karakter ini juga karna pengaruh dari tokoh Kato dan Tae Kojima, dan saya setuju dlm film-nya ini hal tersebut tidak terlihat dalam alur ceritanya.
    iniah menuruku point yang susah untuk diaplikasikan kedalam film layar lebar.
    Yang sangat disayangkan juga ketidakmunculan tokoh Reika.
    dan suzuki (the old man) dimunculkan dari awal cerita namun tidak menunjukkan karakter aslinya seperti di manga-nya.

  7. 9 zaproel April 23, 2011 at 2:16 am

    minta filemnya dunk,,,,,,q mu non uga,,,,,

  8. 10 Orewa April 30, 2011 at 4:10 am

    ko yg beredar video ny yg english dubber y T_T
    jadi g seru denger ny

    • 11 AnDo May 2, 2011 at 1:55 pm

      @Orewa
      Karena yg anda tonton film bajakan, terimalah apa adanya dgn lapang dada.:mrgreen:

      • 12 Mirza Joe May 7, 2011 at 8:22 am

        Memang film-nya di dub b.Inggris,
        kalo gak salah dengan alasan karna film gantz diputar di bioskop2 Hollywood. jd utk menghilangkan kesan kurang nyaman membaca subtitle-nya, bagi para penonton di Amerika di dubbing bahasa Inggris. padahal kalo menurut aku gara2 hal ini ada kesan kurang sreg nontonnya, kayak kurang seru gitu jadinya.
        makanya banyak org yang mengkritik masalah dubbing ini.

        baca aja review2 dari para kritikus film.

      • 13 AnDo May 7, 2011 at 5:39 pm

        @Mirza Joe
        Lah, saya nontonnya pakai bahasa Jepang koq dan seru-seru aja. Kalau nonton bajakan versi yang buat tayang di USA emang di dubbing bhs Inggris dan itu resiko nonton bajakan, gak bisa komplain.
        Kalau nonton di USA, mau gak mau harus ikutan penayangan orang sono.

  9. 14 diphtegh June 19, 2011 at 3:06 am

    aku ga lihat manganya sih, langsung nonton movienya. kalau denger cerita kamu jadi ingin baca manganya. kalo animenya gimana tuh?

    • 15 AnDo June 19, 2011 at 4:01 am

      @diptegh
      Versi anime punya sedikit detail berbeda dengan manga hingga season 2 episode 21.
      Tapi mulai episode 22 hingga habis (episode 26), anime juga punya ending tersendiri yang berbeda dengan manga maupun versi film. Hingga sekarang, versi manga belum kelar, dan masih terus bikin penasaran.

      • 16 ucrut June 20, 2011 at 3:26 pm

        @AnDo
        nontonnya gan dub japan, aku udah nungguin sampe sekarang belum nemu juga link download yang japan dub, padahal seru banget ceritanya karena bahasa jadi kurang greget nontonnya. animenya nggak seru endingnya maksa banget, yang paling seru ya tetep manganya ceritanya liar banget, nggak ketebak sama sekali, meskipun rada menjengkelkan karena ceritanya buat kayak nggak ada endingnya

      • 17 AnDo June 23, 2011 at 8:58 am

        @ucrut
        Gantz manga selalu saja ngasih kejutan-kejutan menarik disetiap akhir halaman episode terbaru. Kadang kala sama sekali nggak ketebak oleh pembaca, walaupun udah lumayan pengalaman karena ngikutin manga dari awal.

  10. 18 Rafasisafu Chu August 23, 2011 at 8:48 am

    gan,, waktu Gantz movie part I keluar, manganya sampe mana? terus, pas yg part II keluar, manganya jg sampe mana??

    • 19 AnDo August 28, 2011 at 8:59 am

      Gantz Movie: Tae diculik Alien raksasa yg menginvasi bumi ketika Kurono dkk dipaksa ikut misi kumpulan tim Gantz
      Gantz Perfect Answer: Kurono the clone, Kato, dkk mengajak tim Gantz lain di Jepang berkumpul utk membebaskan tawanan di pesawat Alien.

  11. 20 kimunhe June 12, 2012 at 10:55 am

    kenapa film gantz hanya berakhir sampai di gantz 2, itu sangat saya harapkan agar melanjutkan ceritanya seperti di komik (manga) yang berakhir lama….
    tolong siapapun yang berkaitan dengan film ini , tolong buatlah lanjutan ceritanya ke GANTZ PERFECT ANSWER 3 …. PLEASE

  12. 21 amrl June 15, 2012 at 6:27 pm

    ternyata gantz yang bagian kedua endingnya beber 2 aneh emang endingnya sih bagus dimana kei kurono mati dan dia dapet point 100 yang ga bkl abis trus point itu digunain ama dia untuk minta gantz agar semua orang mati dalam membru alien dihidupkan kembali dan diapus ingatanya itulah permintaan kei sblm ia mati pas itu ending dah smpai akhir ending tiba-tiba si kei nya yang jadi gantz itu juga jadi pertanyaan gimana kok si kei kurono bisa jadi gantz yang baru gantiin gantz yg lama?


  1. 1 Gantz: Perfect Answer « Toumei Ningen Trackback on April 25, 2011 at 12:09 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: