SHOOT! Live Action Movie adaptasi manga (bagian 2)

Toshi, Sakka suki ka? (Toshi, kau suka sepak bola?)
~ Yoshiharu Kubo ~

Setelah membahas Shoot! versi manga dan anime, kelanjutannya kali ini adalah review Shoot! versi live action movie. Film ini sendiri sebenarnya bukan film yang dibuat untuk ditayangkan di bioskop, melainkan TV movie yang diproduksi oleh Fuji Television. Ditayangkan oleh Fuji TV pertama kali pada bulan Maret 1994, satu tahun sebelum aku membaca versi manga di Bandung (maklumlah, sulit mencari taman bacaan lengkap di kota kecil di kampung halamanku). Keberadaan film ini sendiri baru kuketahui setelah berada di Jepang dan baru menemukannya 4 tahun kemudian. Memang DVD film ini telah dirilis dan dijual sejak lama, hanya saja karena produksi lawas agak sulit menemukannya di rental-rental DVD. Jadinya mendapatkan film ini bagiku seperti mendapatkan durian runtuh. Pada tanggal 4 Januari 2010, film ini tayangkan ulang oleh Fuji TV dalam bentuk remaster HD untuk peringatan acara tahunan SMAP x SMAP. Kira-kira apa jadinya jika Shoot! dibuat versi live actionnya?

Sebelum menonton film ini, pertama-tama aku sudah menyiapkan diri untuk tidak berharap terlalu banyak. Maklum sajalah, selain pernah kecewa dengan trilogi 20th Century Boys versi live action, keberadaan film sebagai TV movie dan juga produksi lawas mempengaruhi bobot penilaianku. Apalagi jika mengingat para pemain utama adalah anggota boy band SMAP yang masih berada diawal melejitnya karir mereka. Satu-satunya anggota yang mulai cemerlang karirnya sebagai aktor drama hanya Kimura Takuya yang dipuji permainannya sebagai Osamu Toride dalam drama Asunaro Hakusho (Ordinary People). Bagaimanakah hasilnya?

Kalau melihat akting para pemainnya, kecuali Kimura yang bermain bagus, sisanya berakting agak kaku walaupun termasuk lumayan alias tak separah akting pendatang baru artis sinetron Indonesia. Untuk adegan permainan sepak bolanya, walaupun mungkin mereka telah dilatih khusus oleh pelatih sepak bola professional, tetap saja gerakan mereka masih kurang becus untuk peran sebagai pemain yang sudah bergelut dengan sepak bola lumayan lama. Meskipun demikian, adegan legendaris ketika Kubo membawa bola dari gawang ke gawang ternyata lumayan keren. Tak heran untuk permainannya sebagai Yoshiharu Kubo, Kimura Takuya didaulat sebagai aktor pendatang baru terbaik dalam Nikkan Sports Film Award ke-7 pada tahun 1994. Kalau soal casting sih bisa dilihat lewat clip video dibawah, yang mana paling mirip dengan gambaran manga/anime. Hanya saja kayaknya tampang mereka sedikit terlalu dewasa buat anak SMA, lebih mirip anak kuliahan.

Dari segi penceritaan, boleh dibilang kurang gereget, agak lebay dan sutradaranya terlihat ngos-ngosan mengatur tempo. Sosok Kazumi Endo sebagai penyebab keretakan persahabatan Toshi dan Kazuhiro kurang mendapatkan perhatian, justru hubungan segi tiga Toshi-Kazumi-Kitahara (pacarnya Kubo) mendapatkan porsi lebih banyak. Pengembangan karakter juga sangat terbatas dan terfokus pada sosok Toshi dan Kubo semata, malah karakter Kamiya yang di dalam manga lebih dominan perkembangannya justru tak terlihat jelas dalam filmnya. Mengenai terlampau singkatnya durasi film untuk menampung 33 volume manga Shoot! memang tak bisa dihindari seperti halnya film yang diadaptasi dari manga puluhan volume. Banyak momen-momen kenanganku yang dilewatkan seperti halnya sekedar numpang lewat beberapa karakter lawan tanding Kakegawa (e.g. Sasaki dan Hirose si jago bola Knuckle dari Kakekita, dan juga Matsushita dari Fujita Higashi) serta hilangnya kisah usaha kenji untuk mengencani kakaknya Toshi.

Secara keseluruhan aku lumayan puas menonton film ini, walaupun tak terlepas dari faktor betapa ngefans nya aku pada manga-nya dan juga karena aku sudah menyiapkan diri untuk tak terlalu banyak berharap sendari awal menonton. Menonton Shoot! live action boleh dibilang sebagai sebuah guilty pleasure.

Bersambung: Profil tim Kakegawa

Trivia

– Karakter Mahori Keigo yang muncul agak belakangan (pulang dari Brazil) diperankan oleh anggota SMAP Goro Inagaki.
– Selain anggota SMAP, tampil juga sebagai cameo 2 orang anggota grup boy band V6 (Inohara dan Nagano) dan duo Domoto dari KinKi Kids.
– Miki Mizuno berperan sebagai Kazumi Endo dan Megumi Odaka berperan sebagai Kitahara.
– Sekolah yang dijadikan lokasi syuting film bukanlah SMA Kakegawa melainkan sebuah sekolah yang baru berdiri di prefektur Kanagawa.
– Di China, film ini dikenal dengan judul Hit the Goal.

Rating: 2.75/5

Yang berminat mengunduh harap kunjungi
Bagian satu
Bagian dua
Teks terjemahan bahasa Inggris
Program penyambung file
preview kualitas film dalam bentuk AMV

11 Responses to “SHOOT! Live Action Movie adaptasi manga (bagian 2)”


  1. 1 Adi June 11, 2010 at 2:48 am

    Sakka suki janai yo,, demo manga daisuki datta😀 yoroshiku na. .

  2. 2 Asop June 12, 2010 at 12:30 am

    Ah! Jadul sekali! ^__^

  3. 4 Poetra May 18, 2012 at 12:59 pm

    jadi yang main film ini anggota SMAP??
    aq cuma kenal kimu taku aja..hehehehe..
    klo dibanding live action buatan thn 2000an lmyn jauh ya kualitasnya..hehehehe..pantesan adikquw bilang jelek filmx..
    pertama kali sblm nnton aq g percaya, msa’ manga sebagus itu, live actionnya jelek??
    eh ternyata yg bikin adikquw bilg jelek krn ini film jadul + akting pemainnya kurang manteb..
    coba diremake ya..aq pngn yang main anak jhonny’s jr..^_^

  4. 5 hendri October 30, 2012 at 12:02 am

    masih da yg jual gk filmnya q mau bli

  5. 6 Wirahma August 29, 2013 at 3:50 am

    …. Aduh shootnya udah ilang ya dari mega upload? bisa minta tolong di uploadkan lagi?

  6. 7 ashar November 21, 2014 at 6:22 am

    min, bs di reupload nih movienya dah pada mati linknya, thanks

  7. 9 Earl Rizqi Kuhaku March 6, 2016 at 6:43 am

    live action nya dong, link mati😥

  8. 10 Xavier Zharief Muhammad July 31, 2016 at 7:44 am

    reupload dong gan link mati


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: