Menanti BECK: Live Action Movie

BECK is BACK!!!

Akhir-akhir ini dunia perfilman Jepang mulai sering mengangkat cerita manga/anime ke layar lebar dalam bentuk live action movie, bukan lagi hanya anime berdurasi panjang untuk konsumsi bioskop. Kebetulan kali ini salah satu anime bergenre musikal akan diangkat ke layar lebar. BECK memang cukup fenomenal hingga manga yang diciptakan oleh Harold Sakuishi ini pernah mendapatkan penghargaan manga terbaik dari Kodansha Manga Award kategori Shonen (manga untuk cowok). Walaupun anime serialnya telah dibuat sejak 2005, aku sendiri sebenarnya agak telat nonton versi animenya (baru nonton tahun 2007) dan lumayan suka dengan lagu-lagu yang ditampilkan dalam versi serial anime-nya

Aku masih ingat dengan 2 film yang dibuat berdasarkan cerita manga berlatar band yang cukup menarik perhatian penggemarnya (baca: otaku) untuk berduyun-duyun nonton ke bioskop. Film tersebut – Nana (2005) dan DMC (2008) – ternyata berhasil mengeruk keuntungan dan menarik minat produser untuk membuat film dengan genre yang sama. Sayangnya, kadang pembuatan yang asal-asalan membuat para penggemar malah kecewa dan menghujat. Lihat saja Nana 2. Film pertamanya lumayan menarik, sehingga membuat pemeran utamanya Nakashima Mika yang aslinya penyanyi R&B, melesat menjadi bintang Rock gara-gara membawakan lagu Glamorous Sky ciptaan Hyde vokalis L’arc en Ciel yang menjadi OST film tersebut. Tapi sequelnya benar-benar hancur. Sampai-sampai saking memalukannya, Nakashima jera untuk membawakan lagu Rock dan beralih kembali ke habitat R&B nya.

Kembali ke film live action, BECK kali ini menampilkan dua mantan Kamen Rider yang berperan sebagai aktor utamanya. Yang pertama adalah Mizushima Hiro sang pemeran Kamen Rider Kabuto sebagai Ryuusuke aka Ray, leader merangkap gitaris utama BECK. Karakter Ryuusuke yang lama tinggal di Amerika dan fasih berbahasa Inggris cukup membuatku khawatir dengan nominasi beberapa aktornya. Ketika Mizushima terpilih, paling tidak adegan dialog dalam bahasa Inggris tidak akan menjadi masalah (baca: japanese engrish pronunciation) mengingat Mizushima fasih berbahasa Inggris akibat dirinya cukup lama tinggal di luar negeri.

Aktor utama kedua adalah Satoh Takeru , si Kamen Rider Den-O yang didapuk sebagai Koyuki, anggota baru Beck dibelakang rythm guitar plus second vocalist. Peran Koyuki yang streotip mirip dengan karakter Nogami Ryotaro dalam Kamen Rider Den-O sepertinya tak akan sulit dibawakan Satoh. Fokus cerita sepertinya akan lebih mengarah ke karakter Ryuusuke dibandingkan Koyuki.

Sebelum bertemu kembali dalam film ini, Mizushima dan Satoh sebelumnya pernah main bareng dalam serial dorama Meichan no Shitsuji bersama Mukai Osamu sang pemeran bassist funky, Taira. Film ini juga didukung oleh Kutsuna Shiori (bintang iklan Pocky) sebagai Maho, Kiritani Kenta (Crows Zero) sebagai Chiba sang lead vocalist dan Nakamura Aoi sebagai Saku sang drummer anyar. Mengingat umur para pemerannya yang rata-rata telah berusia 20-an tahun, ada kemungkinan setting cerita anak SMP akan naik menjadi plot anak SMA atau malah mahasiswa perguruan tinggi.

Hanya saja yang agak bikin khawatir adalah Tsutsumi Yukihiko, sutradara film yang notabene pernah mengecewakanku dalam mengadaptasi cerita manga 20th Century Boys ke dalam versi live action layar lebar. Semoga saja kali ini Tsutsumi bisa belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya. Sepertinya BECK sulit dibikin komikal seperti DMC, sehingga ide-ide aneh bin ajaib gak masuk akal dalam DMC seperti memberi inspirasi kehidupan lewat lagu-lagu death metal tidak mungkin diaplikasikan dalam BECK yang tone-nya lebih serius.

O iya, sepertinya kalau bicara BECK kurang afdol jika tidak membahas original soundtrack-nya. Animenya saja bertaburan dengan lagu-lagu keren, ntah bagaimana dengan film ini. Aku sendiri belum mendapatkan info apakah film ini akan menggunakan lagu-lagu Beat Crusader dalam versi anime, ataukah mereka akan membawakan lagu-lagu baru. Kita lihat saja nanti setelah film ini tayang perdana pada musim gugur yang direncanakan tanggal 4 September 2010.

[edit tanggal 8 September 2010]
Film ini sudah saya tonton dan review film telah di publish di postingan BECK The Movie

Trailer BECK The Movie

24 Responses to “Menanti BECK: Live Action Movie”


  1. 1 Mizzy February 12, 2010 at 10:54 am

    Wuah, jadi kepingin nonton…

    Sama, penasaran juga dengan lagu2 apa yg akan tampil di fim ini😀

    Btw, Taira-nya lumayan keren😛

  2. 2 Arm Kai February 13, 2010 at 9:32 am

    wah, saya juga menantikan inih:mrgreen:

    Mengingat umur para pemerannya yang rata-rata telah berusia 20-an tahun, ada kemungkinan setting cerita anak SMP akan naik menjadi plot anak SMA atau malah mahasiswa perguruan tinggi.

    nah, ini, kalo tetep anak2 SMP yang masuk SMA, kayaknya rada maksa😛
    mirip2 kasusnya GTO live action itu ^^

    semoga OST-nya lagu baru tapi tetep Beat Crusader \m/:mrgreen:

  3. 3 Putri February 13, 2010 at 4:20 pm

    Wah..kalo untuk yang ini..putri ndak paham, mas…😀

  4. 4 AnDo February 13, 2010 at 7:30 pm

    @Sukma
    Masih lama tuh bulan 9:mrgreen:
    Saya juga penasaran sama lagu yang bakalan dimainin. Katanya sih Satoh bakalan menyanyikan sendiri lagu yang dibawakan tokoh Koyuki. Moga2 suaranya nggak jelek (rada pesimis sama aktor yg nekad nyanyi).

    Taira? Harus dong! soalnya dia karakter favoritku dlm manga ini:mrgreen:

    @Arm
    Ayo menanti bersama.😈
    btw, adegan di trailer 0:25 kayaknya event konser Grateful Sound pas ujan2 itu bakalan jadi adegan puncak😀

    Aku inget sama tokoh Light/Kira dalam film Death Note yang dibikin jadi karakter mahasiswa gara2 sutradaranya berpendapat kalau sbg anak SMA, Light gak masuk akal kalau udah punya ide2 gila, walaupun dia jenius.

    @Putri
    Hehehe.. Hobiku gak jauh dr seputar baca, nonton film dan main musik. Kalau ada yang menggabungkan hal itu semua (film yang diangkat dari komik tentang musik)tentu sangat menyenangkan.:mrgreen:

  5. 5 jensen99 February 15, 2010 at 11:49 am

    Saya aja sampai hari ini masih heran dengan manga-nya (dan kisah2 sejenis); soal bagaimana bisa manga yang notabene gambar doang bisa dipake tuk menceritakan musik?

    BTW, soal live action adaptation movie, saya cuma takut ceritanya jadi rada berubah karena mesti dikompres supaya masuk durasi film. Semoga aja porsi ngeband Ray dkk banyak dan keren2.😉

    • 6 AnDo February 16, 2010 at 3:43 am

      Bukannya musik itu bahasa universal?:mrgreen:
      dengan gambarpun musik bisa di “dengar”😆
      untung saja sekarang banyak manga yg di anime kan shg manga bergenre musik jg bisa didengarkan musik dan suaranya.

      ceritanya jadi rada berubah karena mesti dikompres supaya masuk durasi film. Semoga aja porsi ngeband Ray dkk banyak dan keren2.😉

      sepertinya hal ini tak bisa dihindarkan. Durasi pendek berarti banyak adegan yang kurang mendukung cerita dipotong. Setidaknya animenya gak jauh beda dibanding manga.
      kalau menurutku, porsi ngeband Beck bakalan dikit. Paling banyak 5 lagu, itupun paling cuma 1 lagu yg dimainkan full (naga2nya bakal dibawakan pas adegan akhir di pentas Grateful Sound)

  6. 7 reglest February 20, 2010 at 5:09 am

    Kritik dikit yaa..pemeran Nana itu Mika Nakashima, bukan Kawashima heheh

    Iya, gw juga nunggu2 film ini. Katanya sih bakal ada 30 lagu baru (heggg???) sepanjang film ini, ayo kita tunggu!!

  7. 9 Rachdian Cahyono Edhi March 18, 2010 at 2:37 am

    Gakuiiii!!!

    Gw rela deh nunggu BECK! Ga sabar pengen tau lagu full moon sama follow me nya!

    bersabar mode : on

  8. 10 AnDo March 18, 2010 at 4:50 am

    @Rachdian Cahyono Edhi
    Judul lagu, musik dan liriknya kemungkinan besar berubah. Malah mungkin saja adegan itu diperpendek tanpa lagu. Mari menanti bersama

  9. 11 Maulana April 20, 2010 at 12:33 am

    Yeah…

    Trailerx keren gan!!!

    Jadi makin gk sabar nih nunggu bulan September….

    hedegh….

    Time, go on!!!

    Masa’ lagu2x bakal berubah sech???

    Pdhal dah suka bngt sma lgu2 macem Slip Out sma Face…

    -_-…

  10. 12 Arm April 22, 2010 at 8:11 am

    suheng Ando…
    OP-nya bakal make lagunya RHCP yg Around The World
    ED-nya pake Don’t Look Back In Anger-nya OASIS!:mrgreen: \m/
    lagu lama sih, tapi boleh diharapkan laa…:mrgreen:

    saos

  11. 13 tirta April 24, 2010 at 3:26 pm

    hmmmm jd bulan september yah keluarnya film ini…kira2 tayang g yah di indonesia??

    • 14 AnDo April 24, 2010 at 4:34 pm

      @arm
      Mungkin spy gak terlalu bayar mahal lisensinya🙂
      thanks atas infonya

      @Maulana
      Mendingan lagu baru sih, buat perubahan suasana dan tambahan koleksi lagu2 dalam animenya. lagian lagu dr manga khan “tidak terdengar”😛

      @tirta
      Seperti kecil kemungkinannya tayang di bioskop, tp mari berharap akan muncul DVD dan VCD nya, setidaknya versi bajakan yg mulus.

  12. 15 ai_sih June 1, 2010 at 3:11 pm

    Mukai Osamuuuuuuuuuuuuuuuuuuu kereeeen❤

    ga sabar menantiiii

    @ai_sih
    mari menanti bersama

  13. 16 rivki August 28, 2010 at 4:58 am

    kira2 da yg upload film’y gk yaa….

  14. 18 Maulana September 1, 2010 at 4:18 am

    AYOO!!!

    tinggal beberapa hari lagi nieh!!!

    @Maulana
    saya rencananya nonton pas lagi acara nomad, mumpung murah:mrgreen:

  15. 19 Add It September 5, 2010 at 7:59 am

    Udah keluar belum ya?

    ———————

    @Add It
    Barusan di check tadi, udah main di bioskop Jepang. Tinggal nonton kalau mau atau nunggu bajakannya tahun depan😆

  16. 20 achmed September 27, 2010 at 3:49 am

    “aku pualing penasaran ma suara lucile gitar yang dijadikan rebutan itulo,,,,,,,, n dri triler tdi kayaknya aku kurang cocok ma karakter chiba,,,,,,,,, seharusnya chibakan berambut kribo n sedikit berkumis

  17. 21 AnDo September 27, 2010 at 9:31 am

    @achmed
    Percayalah, setelah anda nonton filmnya, anda bakalan bilang kalau Kiritani Kenta paling pas jadi Chiba. Mau pas lagi ngamuk, gaya sok cool, pas ngocol, bener2 kayak Chiba abis.

    Sebenarnya sih kalau mau dibikin kribo sarang tawon atau dikasih brewok juga gak sulit buat tim make up, mungkin ada pertimbangan lain.

    Suara Lucille sih kalau menurut kupingku sama aja kayak gitar Gibson Les Paul lain.

  18. 22 Khoerul MW September 28, 2010 at 7:45 am

    aq harus nonton nih……..
    byk artis doramanya…….

  19. 23 Maulana September 29, 2010 at 3:37 am

    udah ada yg nonton blom?

    udah keluar link buat nyedot gak?

    yg udah tau bilang ya…

  20. 24 AnDo September 29, 2010 at 10:39 am

    @Maulana
    Saya udah nonton.
    Silahkan tunggu link donlotannya tahun depan. Mungkin keluar sekitar bulan April atau Mei.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: