Detective Conan The Movie 13: The Raven Chaser

Judul asli: 名探偵コナン漆黒の追跡者 (Meitantei Konan Shikkoku no Tsuisekisha)
Produksi: Toho (2009)
Sutradara: Yasuichiro Yamamoto

Akhirnya sempat juga menulis resensi film layar lebar Conan keluaran tahun 2009 ini dan aku merasa lumayan puas dengan the movie ke 13 jika melirik 2 film layar lebar Conan sebelumnya secara berturut-turut. Harap maklum, karena baik the movie 11 maupun 12 mengalami penurunan kualitas baik secara cerita misteri, suspense maupun petualangan jika dibandingkan dengan the movie sebelumnya. Kali ini Conan kembali berhadapan dengan musuh bebuyutannya Kuro Sosiki (Organisasi Hitam) beserta para gembong utamanya Gin, Vodka dan tentu saja Vermouth. Sekedar info, The Raven Chaser ini juga merupakan penampilan terakhir Kamiya Akira yang mengisi suara Meitantei Mouri Kogoro untuk Detective Conan The Movie, karena kontrak Kamiya berakhir pada tahun ini. Pada Detective Conan The Movie 14 tahun depan, Koyama Rikiya akan mengisi suara Kogoro (dimulai sejak serial anime episode 553).

6 orang ditemukan tewas di 6 tempat berbeda di jepang tengah dengan penghubung keping mahjong, sehingga menyebabkan polisi di 6 prefektur bekerja sama untuk memecahkan kasus ini. Seperti biasanya, Conan ikut terlibat dalam kasus ini karena detektif partikelir Mouri Kogoro turut diundang sebagai tenaga bantuan. Tanpa sengaja Conan menemukan bahwa Kuro Sosiki ternyata ikut terlibat dalam penyelidikan kasus ini karena menyangkut chip tentang data daftar anggota NOC Kuro Sosiki yang hilang ketika salah satu korban terbunuh. Mereka menduga kalau sang pembunuh membawanya tanpa sadar. Perlahan, Conan mulai menyadari kalau salah satu dari anggota gabungan polisi adalah penyamaran anggota Kuro Sosiki dengan kode nama Irish, dan ternyata Irish sang polisi palsu mengetahui identitas asli Conan sebagai Kudo Shinichi.

Jika melihat trailer promosi yang diluncurkan sebelum film ditayangkan, terlihat seolah-olah Kuro Sosiki benar-benar sudah dekat dengan penyingkapan identitas asli Conan. Padahal pada kenyataannya tidaklah demikian, sehingga hal ini cukup mengecewakan aku sebagai penggemar konfrontasi Conan-Kuro Sosiki. Disisi lain, film ini tidak menawarkan suspense dan thriller yang intens sebagaimana keterlibatan Kuro Sosiki dalam film Detective Conan 5: Countdown to Heaven yang lebih menegangkan dibandingkan The Raven Chaser. Benar-benar trailer yang bombastis itu membuatku terlalu banyak berharap pada film layar lebar ke 13 ini, sehingga menyebabkan penilaianku menurun cukup drastis. Tapi bagaimanapun juga dengan keterlibatan Kuro Sosiki, film ini jatuhnya masih lebih baik dibandingkan dua film sebelumnya. Misteri siapa polisi palsu samaran Kuro Sosiki yang ditampilkan juga cukup membuat penasaran, walaupun tidak menampilkan trik pembunuhan yang aneh-aneh. Segi petualangan yang kuharapkan lewat penampilan Kuro Sosiki ternyata sangat kurang, sehingga bisa dibilang tidak ada hal baru yang menarik ditawarkan oleh the movie kali ini. Sedangkan berkumpulnya para tokoh polisi 6 perfektur kenalan Conan dari berbagai kasus dalam serial manga/anime, terlihat hanya sekedar tempelan yang menuh-menuhin layar saja. Memang sih, mereka semua ditampilkan demi menyamarkan sosok Irish si polisi palsu, sayangnya hanya sebatas itu saja.

Judul The Raven Chaser sendiri diambil dari lagu Nanatsu no Ko yang dihasilkan dari bunyi dial nomer telepon bigboss Kuro Sosiki dengan awalan liriknya Karasu naze naku no (Hai gagak, kenapa kau menangis). Jika sang gagak diasumsikan sebagai Kuro Sosiki, maka tugas Conan lah mengejar sang gagak. O iya, ada satu hal aneh yang menurutku ganjil (spoiler dikit). Apakah untuk menjadi seorang penggemar band The Beatles, harus berasal dari jaman McCartney berempat masih aktif nge-band? Aku sendiri yang lahir setelah The Beatles bubar, gemar dengan lagu-lagu mereka koq.

Rating: 3/5

8 Responses to “Detective Conan The Movie 13: The Raven Chaser”


  1. 1 jensen99 November 29, 2009 at 7:56 am

    Ratingnya 3 saja? Tapi katanya film ini yang paling laris dari semua film-nya Conan ya?

    Apakah untuk menjadi seorang penggemar band The Beatles, harus berasal dari jaman McCartney berempat masih aktif nge-band?

    Ya nggaklah. Kalo band 1960an-nya The Yardbirds atau The Animals, mungkin iya sih. Tapi yang sekelas The Beatles atau Rolling Stones gitu penggemarnya lintas generasi.😀

  2. 2 lambrtz November 29, 2009 at 9:02 am

    Apakah untuk menjadi seorang penggemar band The Beatles, harus berasal dari jaman McCartney berempat masih aktif nge-band?

    Adalah adik saya yang membuat saya untuk berkenalan lebih jauh dengan The Beatles.:mrgreen:

    • 3 安藤君 November 29, 2009 at 4:54 pm

      @jensen
      Soal paling laris sih emang iya, tentunya tak terlepas dari trailer bombastis yang ditayangkan di TV berkali-kali dan tentu saja jeleknya kualitas 2 film Conan sebelumnya yang membuat para penggemar Conan sangat antusias ingin menyantroni bioskop dengan penuh harapan. Lagian rating 3 dariku berarti layak tonton koq, walaupun mungkin nggak bakalan memorable:mrgreen:

      Soal The Beatles itu emang kurang masuk akal. Kalau nonton filmnya tentu bakalan mengerenyitkan dahi ketika Detective Sano bilang soal The Beatles (takut spoiler)

      @lambrtz
      Saya malah dicekokin sama koleksi kaset punya bokap:mrgreen:

  3. 4 alid abdul December 3, 2009 at 11:15 pm

    huaaaa gw dah punya neh film tapi kualitas low,,, jadi nunggu donlotan yang kualitas bagus baru bisa nonton… udah gw tunggu2 sejak promonya….

    • 5 安藤君 December 7, 2009 at 2:35 am

      @alid abdul
      kualitas bagusnya udah ada koq, soalnya DVD aslinya udah beredar dan versi DVDRips pasti udah ada kopiannya. coba cari di indowebster.

      • 6 alid abdul March 16, 2010 at 9:03 am

        udaaaaahh udaaaaa donlot udaaaaaa liattttttt…
        hiiiiiiiiii jauh dari harapan… ilfil banget liatnya… duohhh…

  4. 7 Snowie April 25, 2010 at 9:35 am

    Ando-kun, Conan movie yang terbaru baru udah ada kan?
    gak ingat judulnya, tapi kalo gak salah cerita tentang kapal yang hilang di angkasa…

    • 8 安藤君 April 25, 2010 at 9:45 am

      Iya, bintang tamunya si Kaito Kid. Udah main koq di bioskop (semalem liat di bioskop TOHO Cinema di Jusco, liat psoter Conan udah main sejak tgl 17), tp masih bokek gak punya duit buat bayar HTM:mrgreen:


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: