New TV Serial: FlashFoward vs The Forgotten

Akhir-akhir ini jadwal nonton filmku tergerus dengan kesibukan di kampus, kalaupun ada waktu yang terselip lebih kupakai untuk nonton serial TV yang selalu kuikuti setiap minggunya dari pada menonton film layar lebar. Belum lagi kini ada serial TV baru yang mulai masuk tontonan serial regularku.
Sebenarnya ada 3 serial baru yang menambah koleksi tontonan serial TV setelah Supernatural, Heroes, Little Mosque in the Prairie hingga Dexter. Kali ini aku hanya akan membahas serial FlashForward dan The Forgotten yang sudah tayang 7 episode lebih, sedangkan serial V yang baru tayang 2 episode akan dibahas nanti setelah cukup banyak episode tayangannya untuk dibuat resensinya.

FlashForward

Plot Cerita:
Pada suatu hari, diasumsikan manusia di seluruh dunia tiba-tiba saja jatuh pingsan mendadak selama 2 menit 17 detik dan pada saat tak sadarkan diri, masing-masing individu mendapatkan visi tentang masa depan diri pribadi pada 6 bulan yang akan datang (disebut dengan nama FlashForward). Mengetahui salah satu bagian dirinya di masa depan menyebabkan perubahan mendadak bagi masing-masing individu. Fenomena apakah yang menyebabkan orang-orang dapat melihat masa depan? Apakah ini suatu hikmah dari yang maha kuasa? atau mereka menjadi korban suatu eksperimen rahasia? Sang tokoh utama agen FBI Mark Benford (Joseph Fiennes) dan rekan-rekannya mendapatkan tugas untuk menyelidiki fenomena tersebut. Belum lagi masing-masing dari anggota tim harus berurusan dengan FlashForward yang mereka dapatkan selama jeda pingsan 137 detik serta interaksi dengan orang-orang yang mendapatkan visi masa depan yang saling berhubungan.

Komentar:
Terus terang saja, ketika selesai menonton pilot episode serial ini aku langsung penasaran dan tertarik untuk menanti tayangan kelanjutannya. Kekuatan utama serial ini adalah misteri mengenai FlasForward itu sendiri dan penokohan yang kuat dari masing-masing karakter cerita dengan pengaruh FlashForward yang mereka dapatkan dalam kehidupan mereka masing-masing. Apakah masa depan yang mereka lihat dalam FlashForward sudah pasti akan terjadi? Apakah dengan mengetahui masa secuil pandangan di masa depan akan mengubah hidup seseorang? Cerita tentang orang yang tidak mendapatkan FastForward seperti rekan Bunford yang bernama Agen Demitri Noh (John Cho) juga menarik untuk diikuti, karena mereka curiga kalau 6 bulan kedepan mereka semua diasumsikan sedang tidur, atau malah mati.

Selain plot utama tentang penyelidikan fenomena FlashForward, plot pendamping tentang berubahnya kehidupan para tokoh setelah mendapatkan FlashForward juga tak kalah menarik untuk diikuti. Bagaimana jika seorang istri mendapatkan FlashForward berselingkuh dengan pria yang sama sekali tak dikenal, padahal sang istri merasa sebagai pribadi yang setia dengan keluarga bahagia, dan sang istri menganggap FlashForward bagaikan kutukan. Ada pula tokoh lainnya yang frustasi dan ingin bunuh diri, justru mendapatkan FlashForward yang membuat dirinya lebih positif memandang hidup, dan dia menganggap FlashForward sebagai anugrah. Tidak semua orang mendapatkan FlashForward menarik dan mengubah jalan hidupnya, ada pula orang yang hanya melihat hal yang sama dan monoton dengan kehidupan dimasa sekarang, dan dia menganggap FlashForward hanya omong kosong.

Menurutku serial ini akan mendapatkan premis positif kedepan dan akan terus mendapat perhatian dari para penggemar serial thriller dan drama. Sebagai info tambahan, serial ini merupakan adaptasi bebas dari novel karya Robert J. Sawyer

NB. Adegan pingsan 2 menit 17 detik yang membuat kekacauan jauh lebih menarik dibandingkan adegan matinya para surrogate dalam film Surrogate-nya Bruce Willis. Kecelakaan, pesawat jatuh, kematian di ruang operasi rumah sakit cukup masuk akal untuk menggambarkan kekacauan yang diakibatkan FlashForward.

Trailer bisa dilihat di link ini

The Forgotten

Plot Cerita:
Serial ini mengisahkan sebuah grup sukarelawan yang membantu polisi dalam mencari latar belakang korban kriminalitas yang ditemukan tanpa identitas. Biasanya polisi sudah menangani kasus si Polan dan si Polanah (mereka menyebut korban sebagai John dan Jane Doe) sudah belalu sekitar 1 bulan lebih tanpa titik terang, sehingga pencarian identitas korban dilimpahkan kepada grup sukarelawan yang bernama The Forgotten. Fokus serial ini adalah grup The Forgotten cabang Boston yang dipimpin oleh seorang mantan polisi bernama Alex Donovan (Christian Slater) yang kehilangan anak perempuannya tanpa kabar sebagai korban penculikan. Anggota lainnya memiliki latar belakang berbeda dalam keterlibatan mereka dalam grup sukarelawan ini. Ada karakter seorang istri pembunuh (berantai??) yang sepertinya ingin menebus dosa mantan suaminya, akuntan yang membenci kerja monotonnya sehingga butuh tantangan seperti kerja sukarela dalam The Forgotten, karyawan Telkom yang rasa ingin tahunya terlalu besar, hingga anggota baru seorang seniman.

Pada setiap episode, si Polan dan si Polanah bertindak sebagai narator yang menceritakan awal kasus sejak ditemukannya mayat tanpa pengenal, ungkapan perasaan si korban, hingga penutup.

Komentar:
Dengan ide cerita dan karakterisasi tokoh seperti diatas, sepertinya The Forgotten bisa saja masuk ke dalam drama kriminal favorit pemirsa TV. Sayangnya harapan itu sepertinya semakin jauh seiring dengan perkembangan serial yang setiap minggunya menampilkan ritme yang stagnan. Seharusnya seluruh anggota The Forgotten yang kaya dengan karakter unik itu bisa dikembangkan seiring dengan penyelidikan setiap kasus. Yang ada dalam tayangan malah fokus cerita tentang penyelidikan si korban saja, tanpa adanya keterlibatan emosi para tokoh dalam The Forgotten. Memang ada sih beberapa cuil ekspresi dalam menghadapi kasus, seperti misalnya Donovan dengan kasus pembunuhan seorang bapak yang mencari anak perempuannya, mengingatkannya pada kondisi dirinya sendiri. Tapi tetap saja hal itu tidak cukup menolong perkembangan karakter karena tidak berkesinambungan, apalagi kalau ingin melihat konflik dari interaksi antar anggota The Forgotten yang memiliki latar belakang dan tujuan masuk The Forgotten yang berbeda. Hingga episode 8 yang telah kutonton, serial ini terlalu lambat dalam berusaha untuk mengembangkan karakter tokoh utama sehingga cenderung mulai membosankan.

Bagi anda yang suka nonton serial dengan episode terputus-putus tanpa ada hubungan antar episode, mungkin bisa menyukai serial ini. Namun bagaimanapun juga, serial TV adalah sebuah kontinyuitas cerita yang terbagi dalam beberapa episode, bukan film layar lebar yang sekali tonton langsung habis. Sayang sekali jika kekayaan kompleksivitas serial ini justru mubazir begitu saja tanpa adanya rangkaian yang menghubungkan dengan rapi. Ibarat memiliki bumbu masak yang lengkap dan racikannya menghasilkan masakan enak, namun rasanya cuma itu-itu saja. Tetap saja 2~3 episode awal cukup layak tonton karena menampilkan prosedur kerja anggota kelompok The Forgotten dalam menelusuri identitas Jane/John Doe, hingga akhirnya bukan hanya identitas korban berhasil ditemukan melainkan juga pelaku kejahatan itu sendiri. Hanya saja perulangan yang sama membuat hal ini justru akhirnya menjadi semacam ritual biasa-biasa saja. Melihat cukup banyak bahan dasar yang bisa membuat serial ini menjadi lebih menarik, semoga saja episode-episode mendatang The Forgoten bisa diperbaiki.

NB. Jerry Bruckheimer yang tercatat sebagai executive producer dalam serial ini sepertinya turut memberikan pengaruh. Kalau melihat daftar riwayat hidupnya yang membidani beberapa serial menarik seperti CSI, kali ini Jerry Bruckheimer cenderung mengikuti gaya pembuatan film layar lebar buatannya. Penuh dengan ide unik dan terlihat megah dimata tapi kering dengan isi dan eksekusi cerita.
Tokoh Donovan tadinya diperankan oleh Rupert Penry-Jones pada pilot episode sebelum akhirnya diganti oleh Christian Slater dan adegan-adegan yang melibatkan Penry-Jones di take ulang.

Trailer dapat dilihat di link ini

13 Responses to “New TV Serial: FlashFoward vs The Forgotten”


  1. 1 itikkecil November 13, 2009 at 7:38 am

    sepertinya the forgotten akan sangat menarik untuk disaksikan karena saya juga suka dengan CSI yang beranak pinak itu….

    • 2 安藤君 November 15, 2009 at 7:52 pm

      @itikkecil
      Silahkan coba nonton, mungkin cukup menarik perhatian setelah nonton 2-3 episode awal, terutama sub-plot penyelidikan kriminalnya. Walaupun menurutku, perkembangan karakternya terlalu lambat hingga plot dramanya cenderung semakin membosankan. Semoga saja tim kreatif serial The Forgotten cepat tanggap memperbaiki hal ini, mumpung masih season 1 (itupun kalau mau dibikin season 2).

  2. 3 Disc-Co November 13, 2009 at 7:59 am

    Saya lagi pengen nonton Flash Forward nih, sejak nonton trailernya keliatan seru banget.:mrgreen:

    • 4 安藤君 November 15, 2009 at 8:04 pm

      @Disc-Co
      Hati2 ntar ketagihan.:mrgreen:
      O iya, ada satu hal lagi yang menarik dari serial ini. Mereka kadang menyelipkan lagu-lagu keren yang ngepas dengan beberapa adegan dalam cerita, beberapa diantaranya seperti Across the Universe-nya The Beatles yang dibawakan Rufus Winwright, atau adegan shotfight yang diiringi lagunya Bob Dylan Like A Rolling Stone (versi The Rolling Stones). Tapi kadang memang beberapa lagu lain justru jadi mengganggu suasana😦

  3. 5 fariz November 15, 2009 at 6:27 am

    wah iya nih kayaknya The Forgotten seru bgt, pengen nntn deh… awalnya saya kira The Forgotten nya Julianne Moore yg jelek itu hahhaha

  4. 7 gilasinema November 16, 2009 at 12:24 am

    Penasaran dengan FlashForward. Premis ceritanya membuka banyak kemungkinan menarik dan bisa menawarkan jalinan cerita yang tak terduga. Kalau Forgotten kurang tertarik. Kok kayak The Mentalist ya? Bosen aku ngikutin The Mentalist yang formatnya terlalu baku dan tokoh utamanya yang luar biasa perfect.
    Sekarang kok banyak bintang layar lebar yang masuk ke TV ya?

    • 8 安藤君 November 16, 2009 at 4:45 am

      @gilasinema
      Setuju dengan pendapat mas gila dengan FlashForward, aku saja yang sudah nonton sampai episode 8 masih belum bisa menduga akan dibawa kemana arah cerita selanjutnya. Malah boleh dikatakan konflik yang ada sekarang berpotensi untuk memberikan kejutan tak terduga, seperti minggu kemaren tak kusangka salah satu karakter pendamping justru bunuh diri dan bikin shock. Sepertinya season 2 tinggal menunggu deal saja, karena kayaknya peminat serial ini semakin banyak.

      Mengenai The Forgotten sih gimana yah. Karakter utama pada dasarnya cukup menarik, tidak terlalu baku dan juga tidak sempurna. Hanya saja koq tidak dikembangkan lebih lanjut sehingga segi drama nya semakin membosankan. Tadinya kukira kisah hilangnya anak Donovan bakalan menjadi fokus utama season 1, walaupun kenyataannya malah baru sedikit disinggung karena terlalu fokus ke cerita dramatisir korban tanpa identitas yg semakin bertambah episodenya justru semakin monoton. Hingga sekarang aku tetap nonton krn udah kepalang mengikuti dari awal. Jika sampai habis season 1 makin tetap begitu2 saja, ada kemungkinan bakalan ku drop seperti serial Sanctuary yang udah gak kuikuti lagi sejak season 1 habis.

  5. 9 Zephyr November 17, 2009 at 11:38 am

    FlashForward sepertinya lebih menarik🙂

    ———————-
    @Zephyr
    Bagiku iya, tp bagi yg lain belum tentu😛

  6. 10 Oni Suryaman November 25, 2009 at 4:15 am

    ini toh, yang kamu singgung di 2012. kelihatannya mantap, my kind of sci-fi, gak kayak surrogate. cari bajakannya ah..

  7. 12 mauritia January 1, 2010 at 4:51 pm

    Waahh.. saya juga sedang nonton Flash Forward, baru ampe episode 10. *donlot dari situs langganan*
    Tapi denger-denger sih penayangannya Season 2nya lagi direview dulu ya, mengingat rating disana yang ngga bagus-bagus banget..

    Penasaran gimana nantinya, apa hubungannya ama (spoiler dikit) gagak dan 137 Sekunden.
    Tapi pasti saya ga mau mereka ceraai. Sampe deg-degan sendiri pas liat baju tidur yang dikasih Mark ternyata yang dipake ama istrinya di tanggal FF itu.

    Oh ya, salam kenaal..😀

    • 13 安藤君 January 2, 2010 at 9:28 am

      @mauritia
      Salam kenal juga.
      Season 1 saja belum kelar koq. total 24 episode, jadinya masih ada 14 episode yg masih bisa dinikmati.
      Soal penasaran, saya juga termasuk didalamnya koq.
      “What did you see? in your flashforward?”:mrgreen:


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: