Mobil Suit Gundam 00 – Serial Gundam paling realis

Judul asli: Kidou Sensi Gandamu Daburu O (機動戦士ガンダムダブルオー)
Sutradara: Seiji Mizushima
Produksi: Sunrise ( 2007 )
Episode: season 1 (25 episode), season 2 (ongoing)

“戦い!お前の信じる神のために!”
“Tatakai! Omae no sinjiru Kami no tameni!”
“Bertarunglah! Demi Tuhan yang engkau percaya”
(Setsuna F. Seiei aka Soran Ibrahim, pilot Gundam Exia)

300 tahun yang akan datang, tepatnya pada tahun 2307 masehi, bahan bakar fosil yang menjadi andalan masa sekarang sudah hampir habis sehingga umat manusia mengandalkan sumber energi baru yang lebih potensial yaitu energi matahari. Sumber energi didapat dari panel surya yang ditempatkan berjejer di orbit bumi supaya dapat menangkap tenaga matahari secara sangat efisien. Panel surya di luar atmosfer bumi tersebut disambung langsung ke permukaan bumi lewat pilar panjang yang disebut Orbital Elevator (lihat gambar bawah) sebagai penyalur energi yang ditangkap oleh panel surya. Sayangnya teknologi Orbital Elevator untuk mendapatkan energi matahari dengan cara ini sangat terbatas. Hanya ada 3 pilar Orbital Elevator yang eksis dan dibangun oleh tiga blok perserikatan negara pada masa itu yaitu: AEU (blok negara Eropa), Union (blok negara Amerika dan pendukung USA termasuk Jepang) serta Jinrui kaku renmei atau Liga Reformasi Rakyat yang disingkat Jinkakuren (Rusia, Asia timur kecuali Jepang, Asia barat kecuali Pakistan dan Bangladesh, serta ASEAN). Negara non-blok yang tidak termasuk tiga blok besar, tidak mendapatkan akses energi matahari tanpa persetujuan blok yang bersangkutan. Anda sendiri tentu bisa membayangkan kondisi negara-negara kaya di timur tengah penghasil minyak bumi dimasa depan, jika minyak bumi yang ditambang dibumi mereka habis disedot atau tidak laku lagi dijual.

180px-orbital_satellitePeta politik pada masa itu sangat dipengaruhi oleh masalah ekonomi (terutama masalah energi) sehingga sering terjadi konflik bersenjata oleh negara ataupun kelompok kecil yang didukung salah satu dari tiga blok besar tersebut. Dalam keadaan seperti ini tiba-tiba muncul sebuah kelompok paramiliter swasta yang misterius bernama Celestial Being dengan tujuan utamanya menghentikan perang dengan cara kekerasan. Setiap konflik militer di manapun di dunia ini dan oleh siapapun baik atas dasar konflik agama, ras maupun yang lain akan di intervensi oleh Celestial Being dengan kekerasan. Tidak ada yang dapat menghadapi Celestial Being yang memiliki Mobile Suit paling canggih di dunia yang diberi nama Gundam. Empat unit Mobil Suit Gundam ternyata lebih dari cukup untuk mengobrak abrik kekuatan militer masing-masing blok. Celestial Being tidak akan berhenti memporak porandakan seluruh kekuatan militer kelompok yang bertikai sebelum konflik/perang dihentikan. Dengan keberadaan Celestial Being, tatanan politik dan kekuasan pada saat itu jadi hancur berantakan.

Kelompok seperti apakah Celestial Being itu? Saking misteriusnya, seluruh anggota yang direkrut untuk menjadi anggota sendiri tidak saling mengenal latar belakang satu sama lain. Bahkan nama yang diperkenalkan pertama kali hanyalah nama alias, bukan nama asli. Sistem perekrutan anggota dilakukan oleh super komputer bernama Veda dan anggota yang direkrut dipilih sendiri oleh Veda tanpa ada yang tahu alasan perekrutan. Belum cukup kemisteriusan organisasi ini, pimpinan utama Celestial Being adalah seorang ilmuwan yang bernama Aeolia Schenberg, penemu teknologi GN Drive yang diketahui sudah meninggal dunia 200 tahun yang lalu. Lagipula apakah benar tujuan utama Celestial Being adalah menghentikan perang? Segampang itukah perang dapat dihentikan?

Kalimat pembuka diatas yang saya tulis saja belum cukup untuk menggambarkan betapa rumit plot cerita anime ini karena saya belum memaparkan tokoh-tokoh utama cerita. Dalam tubuh Celestial Being sendiri terdapat 4 pilot Gundam beserta awak pesawat induk tempat “parkir” Gundam bernama Ptolomeus yang masing-masing memiliki karakter dan latar belakang tersendiri. Belum lagi tokoh-tokoh dalam blok AEU, Union, dan Jinkakuren, juga PBB serta rakyat biasa sebagai pengamat luar yang juga memiliki karakteristik masing-masing dan sangat menarik. Konflik politik dan benturan budaya yang mewarnai serial ini menambah panjang kerumitan yang membuat penasaran para penonton.

Tapi anda jangan takut. Walaupun rumit, sutradara sangat pandai mengatur tempo sehingga satu demi satu keruwetan dapat dijelaskan pada setiap episode. Dan konflik yang mewarnai cerita, sangat menarik untuk disimak. Apalagi konsep cerita yang mewarnai serial Gundam kali ini lebih realistis. Lihat saja tahun yang dipakai mengikuti standar Masehi (Anno Domini) bukan tahun khayalan seperti serial Gundam sebelumnya. Konflik politik dan budaya juga benar-benar mengacu pada cerminan konflik masa sekarang seperti krisis energi, masalah perang terhadap terorisme, manipulasi media untuk membentuk opini publik, hingga masalah perang etnis. Saya sendiri bukanlah penggemar berat anime mecha (anime bertema robot raksasa), karena itu saya tidak tahu apakah Gundam yang ini merupakan pengulangan tema Gundam sebelumnya atau bukan. Yang pasti paling tidak saya memberanikan diri menyebut serial Mobile Suit Gundam 00 adalah serial Gundam paling realistis.

Kalau Neon Genesis Evangelion berat dicerita teori evolusi, maka Gundam 00 sarat dan berat dicerita politik dan konflik budaya. Bagi penggemar film berat dan banyak mikir, Mobile Suit Gundam 00 adalah pilihan yang cocok untuk anda. Sengaja saya tidak bercerita lebih lanjut karena takut merusak fantasi dan menghindari spoiler. Yang pasti 25 episode pada season 1 akan membuat anda ketagihan untuk lanjut ke season 2 yang juga direncanakan berjumlah 25 episode. Setting cerita season 2 sendiri dimulai 4 tahun setelah kejadian terakhir pada episode akhir season 1.

Ini adalah serial Gundam pertama yang menggunakan teknologi HDTV (High-Definition Television) dan widescreen sehingga para penonton dipastikan akan terpesona dengan detail visual effect dan desain robot Gundam serta animasi gambar yang menakjubkan. Kalaupun anda pusing dan bingung dengan plot cerita berbelit, anda bisa menonton berulang dan menonton ulangpun tidak terasa membosankan dengan animasi keren seperti ini.

(Edit 8 Februari 2009)
Barusan nonton season 2 episode 18. Ada adegan lucu yang bikin aku tertawa, ketika Ptolemaios dikepung pihak musuh seluruh pilot pergi menghadang musuh dengan alat tempur masing-masing. Masing-masing pilot baik dari pihak Celestial Being maupun musuh membisikkan nama orang yang disayanginya. Misalnya sepasang kekasih Saji dan Louise saling menyebut nama satu sama lain, lalu Marie membisikkan nama Kolonel Smirnov yang seperti ayahnya sendiri, Allelujah menyebut nama Marie, Andrei membisikkan nama ibunya, Lyle menyebut nama pacarnya Anew, Tieria menyebut Veda, dan terakhir si tokoh utama Setsuna F. Seiei membisikkan sebuah nama dengan mesra ……. “GUNDAM”. Hahahahaha….😆

20 Responses to “Mobil Suit Gundam 00 – Serial Gundam paling realis”


  1. 1 lambrtz February 2, 2009 at 5:08 pm

    Wah sepertinya menarik ini🙂 *nonton streaming*
    Omong-omong, NGE berat di evolusi? Buat saya kok cenderung konspirasi dan eskatologi ya😕

    @lambrtz. Terus terang aja, penafsiran tema cerita NGE tergantung pada cara pandang penontonnya masing2, karena NGE sendiri merupakan kombinasi bermacam2 tema.
    Kedatangan para “ANGEL” aku pandang sebagai bentuk penghancuran bumi yang sudah korup demi kelahiran kembali (yang tidak mampu bertahan dibantai habis, yang survive membuat tatanan dunia baru). Bagi anda mungkin ini bentuk dari teori armagedonnya eskatologi yah? nggak salah jg koq. Hanya saja cara pandang lwt kacamata saya dipengaruhi judul “Genesis” itu lho.

    Lagi pula penggunaan nama ADAM bagi robot pertama yg datang dan pemilihan nama EVA sebagai robot buatan manusia dengan “bahan” tubuh ADAM (tulang rusuk kaleee😀 ) sangat berbau evolusi dan lagi-lagi kisah penciptaan manusia dalam “Genesis”.

    Jadi nggak bisa membayangkan betapa sang sutradara Hideaki Anno menulis ulang cerita NGE dalam keadaan depresi dan stress di rumah sakit jiwa. Jadilah karakter2 tokoh yang mewarnai anime ini lebih “sakit” daripada versi manga yg aslinya karya Sadamoto.

    Konspirasi? Kalau anda nonton seri Gundam 00, anda akan menemukan banyak konspirasi politik disini termasuk motto “musuh lawanku adalah teman”. Percayalah! Kalau anda suka menyimak NGE, anda akan rugi besar jika melewatkan Gundam double O ini.:mrgreen:

  2. 2 roghuzshy February 4, 2009 at 4:38 am

    penggemar gundam ya bro..
    hahaha.. ok lah.. oh iya makasih dah mampir blogQ..
    regard,
    Perusahaan Beton Buatan Indonesia, Dak Lantai Keraton!
    http://daklantaikeraton.wordpress.com

    Lebih tepat lagi penggemar film bagus. Mau anime kayak gundam, mau film TV seri, film bioskop layar lebar, kalau bagus saya tonton.
    OK juga deh, tengkyu udah mampir. Cuma seingat saya, nggak pernah tuh berkunjung ke website perusahaan beton??? Dulu saya nyasar kali yah😀

  3. 3 Disc-Co February 7, 2009 at 6:34 am

    Saya belum nonton, kata teman saya gak bisa menandingi Gundam era UC soalnya.😛

    @Disc-Co.
    Setiap orang punya selera masing2. Saya sendiri tidak pernah 100% percaya “kata orang lain”, yang ada hanya masukan dan saran buat pertimbangan nonton dari review orang lain.
    Tidak bisa menandingi Gundam era UC? UC yang mana, anda sepertinya tahu banyak ttg serial Gundam dan juga tahu kalau UC era punya banyak seri, mulai dari Mobil Suit Gundam, Gundam Zeta, Gundam ZZ sampai yg baru Gundam MS IGLOO.
    Kemudian dalam segi apa? cerita? politik? tema? gambar? fighting? karakterisasi tokoh? desain robot?
    Paling tidak Gundam 00 yang memakai tema politik aktual pada masa sekarang membuat saya tidak hanya berkhayal ttg koloni-kolonian, tetapi juga memikirkan kemungkinan situasi yang akan dihadapi umat manusia dimasa depan.
    Ma kasih sudah berkunjung, tapi lain kali saya mohon untuk menulis agak lengkap (karena sepertinya anda penggemar Gundam yg punya banyak info bagus) . Selain untuk menambah pengetahuan pembaca termasuk saya sendiri, saya juga tidak bingung menanggapi komentar.

  4. 4 jensen99 February 7, 2009 at 5:44 pm

    Saya belum pernah nonton tapi saking bekennya serial ini, jadi familiar dengan nama2 macam Setsuna Seiei, Allelujah Haptism dan Lockon Stratos.:mrgreen:

    @jensen99. Familiar karena sering disebut-sebut dalam komentar blog yah?😛

  5. 5 Oni Suryaman February 10, 2009 at 6:13 am

    baru mau nonton an. streaming di kampus. kayaknya mantap nih…

    @Oni. Dikampus? Nggak kena tegur gitu kalau nonton film:mrgreen: Menurutku sih yang ini lebih mantap konflik politiknya daripada Gundam Seed. Gak bakalan nyesal nonton panjang2 nih

  6. 6 Asop April 5, 2009 at 3:36 am

    Setuju!

    Nih anime keren banget!😀

  7. 7 Roux May 5, 2009 at 11:12 am

    sedikit koreksi genre anime mecha sebetulnya bukan sekedar anime berupa robot raksasa saja tetapi juga dirancang serealistis mungkin, kadang menggunakan hukum2 fisika, dll, nggak seperti super robot yang memang punya senjata tapi entah asalnya dari mana..seberapa jauh mendekati realitas, itu tergantung pengarangnya..

    afaik, latar belakang gundam 00 season 1 realistis untuk kondisi dunia sekarang, yang season 2 cenderung kembali ke pengulangan kisah2 gundam sebelumnya, semacam homage begitu..dan cerita season 2 juga masih pilih2 siapa yang tewas, kebanyakan yang bajingan dan tokoh pemeran pembantu….lol…

    anyway, review yang lengkap..
    ———————————-
    @Roux
    Maaf, mungkin anda benar. Tp seperti yg saya tulis, saya sendiri bukan penggemar anime genre tertentu shng pengetahuan saya masih kurang mendetail ttg genre. Info anda menambah pengetahuan tersendiri.

    Maaf, awal saya menulis resensi Gundam 00 sebenarnya pada saat season dua baru mulai, hanya saja postingnya sangat telat. Jadinya yang saya tulis hanya berdasarkan pengetahuan saya pada saat season satu. Apa yg anda sebut itu benar, tp terus terang saja membuat saya sedikit kecewa krn saya merasa season dua sepertinya tidak setia pada alur cerita awal (season satu). Karena itu, saya menganggap Gundam season dua berdiri sendiri, walau ceritanya menyambung season satu.

  8. 8 remora June 25, 2009 at 10:41 am

    setuju banget! emang paling realistis!
    nggak banyak berkhayal, tapi ceritanya fantastis!

    begitu nonton ini, rasanya semua serial gundam sebelumnya terlihat cupu.😀
    ————————
    @remora
    saya berani bilang Gundam 00 (terutama season 1) sbg Gundam paling realistis, tp untuk bilang Gundam2 sebelumnya cupu? saya tidak berani, karena saya masih menyukai beberapa Gundam lama dgn alasan beragam (bukan hanya karena realistis atau terlalu banyak mengkhayal doang).

  9. 9 Armmaleslogin June 26, 2009 at 2:15 pm

    @ remora :
    itu karena pengaruh penanggalan yang sama (Anno Domini) dan kemajuan teknologi animasi saja, sehingga tampak sangat realistis🙂
    coba Anda lihat seri UC yg The 08th MS Team, itu seri gundam favorit saya😉 kapan lagi ada Gundam dan Zaku bergerilya di hutan2😀
    dengan setting sebagian besar di darat, adegan2 pertempuran antar mobile suit IMO menjadi sangat realistis karena tidak ada beam bertebaran😉
    atau, kalo menurut Anda seri itu terlalu kuno, coba Anda menonton MS Igloo, ini versi 3D dari Gundam jaman UC. coba nonton yg seri Gravity Front (dari sudut pandang prajurit EF), di situ terlihat sisi realistisnya bahwa untuk menghancurkan 1 Zaku saja dibutuhkan pengorbanan 1 peleton pasukan anti-tank🙂
    —————–
    @Armsimaleslogin
    Anu… kayaknya ada yg salah pengertian nih. realis yg aku maksud disini adalaha plot cerita yg ditampilkan mengacu pada situasi sekarang. Yang punya ide cerita Gundam 00 mengandai-andai jika problem masyarakat jaman sekarang terus berlanjut (krisis ekonomi, krisis energi, masalah terorisme, dll) hingga beratus tahun kedepan, kira2 kondisi latar cerita Gundam 00 yg bakalan terjadi.

  10. 10 Arm June 27, 2009 at 12:52 am

    ^ iya, makanya saya tulis gini dulu di awal kalimat,

    itu karena pengaruh penanggalan yang sama (Anno Domini) dan kemajuan teknologi animasi saja, sehingga tampak sangat realistis🙂

    :mrgreen:
    hehehe… selain intrik politik dan krisis energi yg terjadi:mrgreen:
    cuma ya itu, lama2 dobel 0 jadi rada mirip dewa juga di akhir2 season 2 (meskipun hancur juga akhirnya)😛
    —————–
    @Arm
    udah di perindah tuh tulisannya.😆
    karakter Setsuna emang jd mirip dewa, tp mobil suits-nya malah jadi mirip Gundam jadul.:mrgreen:

  11. 11 rukia^^ July 6, 2009 at 6:34 am

    tanya Gundam 00 ada berapa episode total (season 1 & 2)? Saya punyanya 1 – 50 itu sudah sampe akhirkah? Tapi kapan ya nontonnya *sama sekali belum disentuh, masih berkarat di HDD* kok keknya bagus
    ———————
    @rukia
    season 1 habis sampai 25 episode,season 2 jg tamat 25 episode. total 2 season 50, sesuai dengan jumlah yang anda miliki. Jangan nonton pas lg stress, kurang bisa dinikmati kalau kepala pusing. met nonton…:mrgreen:

  12. 12 farez August 28, 2009 at 3:49 am

    mmm…..sebenarnya klo maw bicara realistis film mecha menurut saya ya patlabor……dari segi physics mungkin……liat aja gag ada labor yang bisa terbang selincah gundam……

    trus mengenai plot cerita….gundam 00 menurut saya lebih mirip gundam wing…..

    o iya saya jg penggemar gundam….:)
    ———————
    @farez
    liat setting tahunnya juga lah. Patlabor bersetting awal tahun 2000, Gundam 00 bersetting 300 tahun mendatang. Beda teknologi 10 tahun juga lumayan terasa koq, apalagi sampai ratusan tahun.

    plot cerita Gundam 00 season 2 memang mirip Gundam Wing, tetapi season 1 nggak. Coba bandingkan sekali lagi. Bagiku Gundam 00 season 1 masih lebih baik dari season 2

  13. 13 E. KASPERSKY December 1, 2009 at 1:15 pm

    HAILED FOR GUNDAM EXIA , GANBATTE KUDASAI

  14. 14 setan March 6, 2010 at 3:19 pm

    sy sebenarnya cukup senang dgn konsep ini awal2nya
    tetapi makin jauh liat ke ep.2 kok jadi kayak gundam wing ya?

    tampaknya kental sekali dgn perulangan akhir2 ini.

    Betul. Season 1 terkesan orisinil, tapi season 2 mulai mengikuti gaya plot Gundam lama seperti Gundam Wing. Gundam Seed sendiri banyak mengulang momen2 seri sebelumnya jg. Nonton saja serial terbaru, Gundam Unicorn yg sudah tayang

  15. 15 Raka f seiei April 7, 2010 at 8:05 am

    1 kata untuk Gundam 00
    KEREN

  16. 16 Angga June 11, 2010 at 6:23 am

    gila seru bgt ceritanya dari season 1 ampe 2 …… ketagihan coyy

  17. 17 dr.dre October 19, 2010 at 2:22 pm

    baru download mpe eps10 saya..gundam daburu 0..
    eh,kamen rider daburu haha

  18. 18 natsu January 7, 2012 at 1:01 am

    klw gw pasti brkata gini : Allah swt akan membimbing kita untuk menyelesaikan misi kita. strike freedom maju hehehehehe

  19. 19 Sasukiya Rin January 21, 2015 at 4:14 am

    hmm.. kayaknya harus nonton nih.
    saya memang gak ngikutin gundam dari seri awal, tapi saya cuma pernah nonton gundam seed, gundam seed destiny.
    Mobile Suit Gundam 00 masuk list download.
    thank you review nya^^

  20. 20 Dirgita March 30, 2015 at 12:54 pm

    Belum nonton serialnya, tapi saia gegabah mesen movie-nya lebih dulu, cuma karna penasaran 00 itu seperti apa^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: