Detroit Metal City

efbd84efbd8defbd83

“Boku ga sitakatta no ha, Konna bando jyanai dayo….Okaaaasaaaannn!”
Band yang gue pengen jalanin, bukan yang beginian….Emaaaakkkkk!

Habis juga nonton anime OVA nya yang berjumlah 12 seri (tiap seri cuma 13 menitan) setelah habis membaca manganya. Aku juga cukup terkejut ketika menonton iklan di TV kalau versi LIVE bioskopnya akan ditayangkan. Karena kondisi keuangan yang terbatas plus bahasa Jepang yang masih nanggung ancurnya, terpaksa urung nonton di bioskop dan memilih nyari di Internet. Tak ada subtitle pun jadi, karena kalau nonton gratisan kan bisa diulang kalau ada dialog yang kurang ngerti bahasanya. Maklumlah, animenya saja banyak ngomong pakai bahasa slang. Sayangnya DVDnya baru keluar bulan februari nanti, terpaksa nunggu deh, namanya juga pengen gratisan😛

Manga dan Anime
Cerita dibawah ini mengandung spoiler. Tapi untuk sebuah film komedi dan bukan misteri/thriller, spoiler cerita tidaklah terlalu bermasalah.

Perbedaan cerita versi manga dan animenya tidak terlalu jauh, hanya saja versi anime sedikit lebih sopan dengan pengurangan kata-kata kasar plus menghaluskan adegan yang kurang senonoh.

Bercerita tentang Negishi Soichi seorang pemuda pemalu dari kampung di propinsi Oita. Penggemar lagu-lagu pop manis model ABBA ini pindah ke kota besar Tokyo untuk melanjutkan pendidikan ke universitas sekaligus mengejar cita-citanya. Cita-citanya nggak aneh, cuma kepengen membentuk pop band yang sesuai dengan hobinya setelah lulus kuliah. Apa daya yang terjadi justru Soichi terdampar menjadi vokalis sekaligus gitaris dan penulis lagu grup band death metal yang berorientasi panggung bergaya KISS (pake muka coreng moreng segala) bernama Detroit Metal City alias DMC.

Celakanya band yang cuma dianggap Soichii sebagai batu loncatan karir musiknya ini justru jadinya ngetop banget, untung saja ketiga personel band selalu memakai nama samaran plus make-up yang menyembunyikan identitas dirinya. Jadilah tidak ada yang mengetahui kalau sang vokalis si raja setan yang bernama Johannes Krauser II adalah alter ego dari Negishi Soichi.

Parahnya cewek taksirannya membenci sosok band DMC, keluarganya dikampung (terutama emak yang disayanginya) tidak mengetahui hal ini. Bisa mati jantungan emaknya Soichi kalau sampai tahu anak culunnya ternyata si setan vokalis bejat yang suka teriak dalam lagunya f@*k…f@*k….bunuh…bunuh…bunuh….rape….rape……tralalalala…….

Gawatnya walaupun Soichi tidak menyukai musik death metal, dianya sendiri adalah gitaris rock handal dan punya karisma sebagai vokalis metal yang hebat dan mampu menarik massa untuk menggilai DMC sampai banyak fans percaya kalau Krauser II adalah setan asli dari neraka. Jadinya Soichi setengah mati menutupi identitas Johannes Krauser II nya yang semakin hari semakin ngetop dan mulai dicari-cari orang, sosok asli dibalik riasan panggungnya.

Usahanya untuk pindah ke jalur musik pop semakin sulit plus sosok Johannes Krauser II yang kasar dan brutal dipanggung mulai mempengaruhi sifat asli kesehariannya yang kalem. Ditambah lagi semua anggota band termasuk Soichi sangat takut terhadap cewek manager perusahaan rekaman Death Record pemegang kontrak DMC yang galak tapi selalu punya ide cemerlang (sekaligus gokil) untuk membuat nama DMC semakin meroket.

Humor yang ditampilkan manga dan animenya benar-benar lucu dan mampu mengocok perut. Aku sendiri bisa tertawa sampai terpingkal-pingkal kalau melihat tingkah Negishi Soichi yang sial tapi beruntung. Sayangnya humor-humor yang ditampilkan benar-benar kasar baik audio maupun visual sehingga DMC bisa dikategorikan sebagai manga/anime dewasa. Entah bagaimana dengan versi LIVE bioskopnya, ada kemungkinan humor brutal dari versi manga/anime akan dipotong habis-habisan.

LIVE Action Movie

matsuyama

Karena aku belom menonton, seluruh info dibawah hanya berdasarkan website filmnya. Negishi Soichi diperankan Matsuyama Kenichi (Lihat foto atas, sesuai permintaan sylviapoetiga) yang dikenal sebagai L dalam trilogi Death Note. Matsuyama adalah aktor muda Jepang yang diyakini akan cemerlang karirnya dimasa depan, apalagi Matsuyama mampu memilih peran yang krusial baik untuk film komersil maupun film serius kelas festival. Seluruh lagu dalam LIVE movie yang dinyanyikan oleh tokoh Soichi maupun Johannes Krauser II dibawakan sendiri oleh Matsuyama Kenichi. Film ini juga menampilkan bintang tamu Gene Simmons si pembetot bass grup KISS yang didapuk sebagai legenda death metal asal amerika.

[edit 23 Feb 2009]
Udah nonton. Ulasan khusus tentang versi film live action-nya bisa dibaca ditulisan ini

Yang dibawah ini adalah theme song DMC yang berjudul Satsugai (bunuh/bantai) yang dinyanyikan sendiri oleh Matsuyama Kenichi sebagai Johannes Krauser II.

20 Responses to “Detroit Metal City”


  1. 1 si rudi January 12, 2009 at 7:52 am

    Link dari user ID ke blog ini nggak konek, Mas. Makanya jarang yg nyelonong mampir ke sini.

    @rudi. Gak papa koq mas. Lagian yang mampir kemari sebagian besar tukang nonton pilem yang nyari referensi pilem bagus kayak gue yg suka jalan2 ke situs tukang nonton pilem yg lain. Maklumlah, pilem itu candu:mrgreen:
    Tengkyu udah mampir kemari

  2. 2 syelviapoe3 January 13, 2009 at 5:43 am

    Matsuyama Kenichi yang mana? Kok gak ditampilin tampang mas Matsuyamanya ? he…he….

    @sylviapoe3. Lha, khan bisa liat tampangnya di trailer diatas? di Indonesia nggak bisa buka google video yah? Habis waktu nyimpen trailernya lwt youtube dihapus melulu (kopirait problem). Oke deh, gue tempelin tampang Matsuyama Kenichi pas dia tampil sbg L dalam trilogi Death Note sekalian tampangnya dlm film ini

  3. 3 nDoet January 13, 2009 at 2:15 pm

    yaaaaak.. ini dia film based on manga/anime yg amat sangat pengen gw tonton selain 20th Century Boys😀

    Satsugaaaaaaaaaaaiiii!!! Kacau abis dah. Duh tapi musti nungguin dvd bajakannya or link2 bertebaran di internet neh ^^

    @nDoet. DVD aslinya bakal keluar tanggal 13 februari ini. Biasanya kopian bajakan dan link internet ngopi langsung dari dvd aslinya. Selamat menunggu…ups, salah. Marilah sama-sama menunggu:mrgreen:

    20th Century Boys? Wah ini manga lumayan ribet untuk dibikin ulasannya. Terlalu banyak misteri yang kalau disinggung bakalan jadi spoiler. LIVE movie nya sendiri dibagi 3 film dan baru satu yang keluar, itupun cuma sampai cerita malam tahun baru berdarah. Ngomong-ngomong, 20th Century Boys the movie adalah film termahal yang pernah dibuat oleh dunia perfilman Jepang.

  4. 4 syelviapoe3 January 16, 2009 at 3:23 pm

    Serem eui !!

    Seperti orang yang menyimpan dendam kesumat..😀

    Bukan masalah di Indonesianya, pak..
    Tapi jaringan di kampus saya yang rada berat kalo kudu ngelihat youtube😀

    @syelviapoetiga. Hoalah, tokoh L dalam Death Note yang di perankan Matsuyama Kenichi itu orang baek2 koq bu. Malah dia dianggap detektif paling jenius sejagat Death Note. Kerjaannya mikir… makan… tidur… mikir… makan… mikir… makan… mikir… makan… tidur… mikir …makan………
    btw, Ibu putri dosen yah? Pantesan kalau dikampus nggak bisa buka youtube, malu sama kolega dan mahasiswa/i yah? Ngajar dimana bu?

  5. 5 amrinz January 24, 2009 at 12:03 am

    Aku dah abis nonton anime-nya – 12 eps (dapet gusuran dari temen). Baru tau ada film-nya.
    thx infonya.

    @amrinz. sama-sama

  6. 6 arkandas January 27, 2009 at 1:59 pm

    anime DMC ep 1-12 gokil habis. Kapannya muncul di indonesia versi inggrisnya ???

    @arkandas. Maksudnya yang the movie khan? walah… kalau yang beginian saya nggak tau. DVD nya aja belom keluar sampai februari nanti. Kalaupun ada yang iseng mau bikin bajakan paling keluarnya sekitar bulan maret kali

  7. 7 Savano February 23, 2009 at 5:44 am

    kk,, aku dah dapet neh film yg live action.. tapi RAW.. berhubung gue ga bisa bhs jepang blas.. sangat bergantung pada subsnya T_T.. kalo mau adah di blog ke.. torrent tapinya.. kalo kk punya eng subsnya mohon untuk di share kk ^^..

    @Savano.
    Aku barusan nonton live action nya hari minggu kemaren, kualitas DVD tapi tanpa teks terjemahan. Berhubung aku lumayan ngerti bhs Jepang, nggak terlalu masalah. Cuma pas adegan dialog Soichi dgn keluarganya rada blank dan agak nebak2, maklum aja mereka ngobrol pake dialek Hata-ben (dipakai di pulau Kyushu) yg aku nggak ngerti. Mungkin besok aku bikin resensinya kalau ada waktu.

  8. 8 Herry March 18, 2009 at 2:49 pm

    anu… aku baru aja nerjemahin subtitlenya…
    kalo mau bisa kirim email ke saya
    kamen_rider_666@yahoo.co.id

    @Herry
    Silahkan bagi siapa saja yang berminat untuk menghubungi Herry

  9. 9 chielicious March 20, 2009 at 6:07 am

    Tadinya gw nonton ini anime gara2 si Souichi demen Kahimi Karie ^^; ternyata parah abis kocak nya~

    @chielicious
    Yang versi anime dan manga memang parah abis, jauh dibanding versi movie yg lebih sopan

  10. 10 Dark Creator April 11, 2009 at 1:32 pm

    Mas, klo bs ksh dong link bwt download lagu2 soundtracknya DMC (selain satsugai, dah punya) oke2?
    —————————————–
    @ Dark Creator
    Cobain di alamat bawah ini
    OST Detroit Metal City
    Dalam album diatas cuma berisi lagu2 metalnya doang, lagu2 pop nya negishi nggak ada.

    Yang lagu popnya cuma nemu 2 biji:
    Amai Koibito
    Raspberry Kiss

  11. 13 hana May 3, 2009 at 4:08 am

    minta lagu dmc….

    tapi liriknya juga ga papa…

    arigatou
    —————————-
    @hana
    Lha, khan udah dikasih link download-nya di komentar atas.
    Kalau soal lirik, bisa dicari di google walaupun nggak banyak (rata2 liriknya bertulis huruf jepang). contohnya
    lirik lagu Satsugai

  12. 14 reviewdramajepang November 25, 2009 at 11:58 pm

    Kereeen ini film keren banget! Haha.. akting Ken’chi Matsuyama mantaf! :DDD

  13. 16 an99ong December 3, 2009 at 4:59 am

    suka benjed sama pelem ini!!!😄
    suka benjed sama kenichi matsuyama!!! ^^

  14. 17 Luphi February 16, 2010 at 6:18 am

    Haha,
    lum kelar bca mangany,ktnya ntar krauser I jg muncul y?
    Tp lucu gila, kasar bgt leluconny. Mantep abiz

  15. 18 Nano luqmanto October 26, 2012 at 12:57 pm

    tau lagu yang dinyanyi’in sama kenichi yang pas waktu ngamen,terus cuman diliatin sama anjing doank?tau g judul lagunya apa?please


  1. 1 Detroit Metal City | my world Trackback on July 13, 2010 at 3:25 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: