Judy and Mary

efbd8aefbd8d1

Bagi para penggemar serial animasi di Indonesia, bisa dipastikan mengenal salah satu Punk-Pop band terkemuka asal Jepang yang satu ini. Rurouni Kenshin alias Samurai X yang pernah diputar disalah satu televisi swasta turut memperkenalkan band beraliran Punk bercampur Pop dan Rock yang satu ini di Indonesia lewat opening theme song yang mereka bawakan berjudul Sobakasu (Freckles). Memang kebanyakan para penggemar Judy and Mary di Indonesia berawal dari menonton anime samurai bermata pedang terbalik tersebut.

Band ini terbentuk pada tahun 1991 berawal dari bertemunya pemain bass bernama Onda Yoshihito dengan sang penyanyi Isoya Yuki. Berturut-turut ikut bergabung drummer Igarashi Kouta dan gitaris Fujimoto Taiji melengkapi komposisi band dan mulai meluncurkan album indies pertama mereka Be Ambitious pada tahun 1992. Menurut Onda nama Judy and Mary merupakan symbol dua sisi humanisme kayak Dr Jeckyl and Mr. Hyde gitulah (mungkin maksudnya positif-negatif ala Yin-Yang). Tahun 1993, Fujimoto keluar dan digantikan oleh Asanuma Takuya yang dikemudian hari nanti akan mempengaruhi Judy and Mary dengan banyaknya lagu ciptaan Takuya yang semakin melambungkan nama band mereka.

Musik yang mereka bawakan sangat menarik bagi para pecinta musik, terutama yang bergenre Punk. Komposisi hingar bingar penuh dengan noise khas punk yang dipadu dengan gitar melodik ala Hard Rock menghasilkan paduan yang unik didengar. Saya sendiri bukan termasuk penggemar musik Punk, tapi untuk band yang satu ini saya mengalah untuk mulai menyukai mereka. Dengarkan saja beberapa contoh lagu mereka seperti Radio , Kurasikku, dan Sanpomichi

Isoya Yuki atau biasanya dipanggil Yuki saja adalah biang dari keunikan dan kekhasan Judy and Mary. Suara Yuki memang sangat khas, dengan karakter mirip dengan suara anak TK yang manis dan cute. Anda bisa bayangkan musik Punk yang gaduh dipadu dengan penyanyi cewek bersuara anak kecil pasti sangat unik. Belum lagi aransemen musik yang dikelola oleh Takuya dan Onda memang asyik untuk didengar kuping. Penampilan mereka diatas panggung sendiri unik dimana masing-masing personel bebas bergaya. Yang paling rapi jali adalah Kouta sang penggebuk drum dan Yuki sendiri berpakaian sangat mengikuti fashion (karena cewek kali yah). Kostum panggung Takuya bisa dikatakan seenak perutnya, kadang pake jersey klub sepak bola, kadang kaos buntung biasa, malah pernah pake baju tentara. Beda lagi sama Onda yang nge-punk abis (jadi inget vokalisnya brit-punk The Cure). Dengan suksesnya Punk band bervokalis cewek ini, beberapa Punk band lain mulai mengikuti formula memakai penyanyi cewek seperti Judy and Mary.

Bagaimana dengan musikalitas mereka sendiri? Biasanya pemusik Punk punya kualitas permainan yang biasa saja (jago tapi hanya sekedar jago dibidangnya), Judy and Mary justru berbeda. Memang demi mendongkrak popularitas, mereka mau tidak mau mencampur musik mereka dengan irama pop yang lebih easy listening. Namun yang membuat saya terkesan adalah penampilan Acoustic Live mereka di ZEPP Tokyo yang jelas-jelas memperlihatkan bahwa mereka bukan cuma Punk band biasa saja. Lagu hasil rekaman dan aksi LIVE mereka disini benar-benar berbeda. Mereka berani mengundang pianis Jazz dan music orchestra untuk mendukung penampilan Judy and Mary. Coba dengarkan contoh lagu dibawah ini sebagai pembandingnya. Sobakasu yang bercorak Punk abis disulap jadi ngejazz. Lalu Birthday Song yang penuh dengan sound effect dan noise malih rupa jadi funk fushion. Kemudian lagu Cheese Pizza dengan distorsi gitar yang kasar malah diberubah menjadi lebih manis dan ngepop.

Sayang akhirnya band ini bubar pada bulan maret 2001. Yuki meneruskan karirnya menjadi penyanyi solo dengan sajian musik utamanya cenderung lebih ngepop, Onda bersama Kouta membentuk grup band punk-rock Zamza N’Banshee atau biasanya disingkat Zamza, sedangkan Takuya meneruskan karir musiknya lewat Robots band walau sekarang lebih fokus menjadi produser dan musical arranger (salah satunya penyanyi pop-rock Takahashi Hitomi), juga bersolo karir dengan nama panggung TAKUYA.

Contoh lagu rekaman album dan live

Sobakasu record version listen and click here (taken from The Power Source album)

Sobakasu acoustic live version (taken from LIVE in ZEPP)

Birthday song record version listen and click here (taken from The Power Source album)

Birthday Song acoustic live version

Cheese Pizza record version listen and click here

Cheese Pizza acoustic live version

Irotoridori no Sekai record version listen and click here

Irotoridori no Sekai acoustic live

26 Responses to “Judy and Mary”


  1. 1 syelviapoe3 January 7, 2009 at 5:05 am

    Hm…meski saya [dulunya] senang nonton SAMURAI X..saya kok ya, kurang tahu dengan band ini..

    @syelviapoe3. Tentu saja yang saya maksudkan adalah penggemar musik Jepang di Indonesia banyak yang kenal Judy and Mary lewat Samurai X. Sekedar mengenang masa lalu, dibawah ini klip opening pertama Samurai X ngembat dari youtube

    Samurai X first opening song “Sobakasu” by Judy and Mary

    Versi full song-nya bisa diklik di contoh atas.

  2. 2 Riza Supercharge January 16, 2009 at 2:20 pm

    Ini band yang hebat menurut saya. Dari segi komposisi dan musikalitasnya two thumbs up, sangat kaya dan variatif sekali. Mulai swing sampai punk rock diusung semua sama ini band tanpa sedikitpun menghilangkan ciri khasnya. Sampai sekarang saya suka hampir semua lagu2nya. Denger over and over again tetep tidak bosan. Personelnya juga skillnya high semua, baik dari segi skill itu sendiri ataupun pengetahuan musik dan olah komposisinya. Saya dengan band kecil saya sering membawakan lagu2 mereka, seperti sobakasu, overdrive, jitensha, bathroom, kaze ni fukarete, classic, motto, chese pizza large, kujira 12 gou, stereo zenkai, brand new wave upper ground, chisana koro kara, radio dan beberapa lain saya sampe lupa. We’re all membawakannya dengan hati gembira coz we love their music. Feels great to play their music. Selalu saja ada yang baru kalo kita latian lagu apa selanjutnya yang kita bawain. Just Happy.

    @Riza Supercharge. Wah, anda ternyata bukan hanya penggemar. Malah lebih dari sekedar mendengar bahkan ikut memainkan lagu-lagu mereka. Salut!!!
    btw, band anda itu cover-band Judy and Mary bukan?

  3. 4 Febri March 12, 2009 at 2:28 am

    Waaah.. saya fans berat Judy And Mary lho. Saya punya lengkap album mereka, single-nya juga tinggal beberapa single aja yang belum punya. Last Live mereka di Tokyo Dome bener2 dahsyat! Sampe sekarang pun saya masih mengikuti karir YUKI. Sayangnya personel yang lain udah nggak tau pada ke mana.

    @Febri
    Daifansu yah? Kalau YUKI memang yg paling sering muncul di panggung, yg lain lbh banyak bergerak dibelakang layar. Yang paling keliatan itu si gitaris Takuya yg skrg aktif jd produser musik. Coba aja dengerin lagu2 dlm album terbarunya Hitomi Takahashi BAMBOO COLLEGE, rata2 lagu2nya diciptakan dan di aransemen oleh Takuya. Gue jd suka sama Hitomi Takahashi tuh (selain emang tampang cute-nya).
    Personil yg lain emang kurang terdengar kiprahnya. mungkin krn mereka join sama grup band lain, bukan aksi solo kayak YUKI dan Takuya.

  4. 5 yafeth March 25, 2009 at 9:35 am

    Sobakazu emang lagu yang keren. Walaupun lagu orang yang ditinggal pergi jauh oleh pacarnya (kekasih) tapi nggak kedengaran kayak gitu. bahkan kedengarannya kayak orang gembira sekali. Freckles lebih enak kalo diterjemahkan sebagai noda, menggambarkan sebuah titik hitam dalam hati (kesedihan) mungkin.

    @yafeth
    雀斑 – Sobakasu sendiri dalam bahasa Jepang berarti bercak-bercak kecil berwarna coklat yang banyak terlihat pada kulit orang bule. Memang terlihat mengganggu pemandangan tetapi pada dasarnya sih tidak menyakitkan. Lagunya sendiri lebih bercerita tentang orang yang ditinggalkan kekasih hatinya dan meninggalkan bercak bagai sobakasu dalam bentuk kenangan. Ada orang yang memandang kenangan sebagai sesuatu yang mengganggu walaupun tidak menyakitkan, ada pula yang memandangnya sebagai sebuah hal yang umum yang tak perlu diingat. Silahkan menafsir arti lirik Sobakasu sendiri, menurutku Judy and Mary membuat lagu ini dengan arti ambigu antara kenangan yang dibenci yang justru terlupakan begitu saja.

    どうしてかしら、あの人の涙も思い出せないの – Kenapa yah aku tak bisa mengingat air mata si dia?

  5. 6 Gian April 10, 2009 at 5:33 pm

    Absen !! penggemar JAM juga nih, di kampus juga dah nemu beberapa yg suka juga. Niatnya mau bikin jaket + kaos JAM, bkl-an dikit yg make, tp disitulah asiknya, cuma fans yg punya. Hehehehe…

    Really2 falling in love with JAM, meski baru kenal setelah mereka bubar… TT
    ————————————
    @Gian
    Cobain dengan lagu2nya Hitomi Takahashi yang di dalam album Bamboo College. Semua lagunya di aransemen sama Takuya gitarisnya JAM, aransemen musiknya agak mirip dgn JAM walau beda genre.

  6. 7 fikri April 22, 2009 at 7:43 am

    hee… betul sekali.. awal mula kenal jam, rata2 smuanya dari anime rurouken.. tp sampe skrg kynya lagu2 mrk masi enak didengerin, terutama buat nyegerin suasana n nambah spirit… overall band ini ga ada duanya deh…

    n satu lg, lagu sanpomichi itu jadi op-song dorama seri anchor woman yg pernah ditayangin indosiar, dan jd insert song lg di dorama movie lovely complex… kynya bnyk yg suka tuh lagu…. hehehe…. jam sukses mengukir sejarah…
    ————————-
    @fikri
    Gw pribadi memang kenal JAM pertama kali lwt Sobakasu-nya Rurouni Kenshin, tp yg justru bikin gw jatuh cinta sama JAM itu lagu RADIO dan Irotoridori no Sekai.

  7. 8 syafik May 27, 2009 at 8:12 am

    sobakasu,,,cukup aneh untuk di jadikan sebuah lagu,,,tapi jeniusnya,,anak2x JAM bs membuat lagu yang fantastis dengan lirik yang unik dngn judl tersbt,,menggunaka kata2x kiasaN YANG BAIK

    kalo di tanya soal kenal jam dari kapan? w jg taunya pas soundtracknya kenshin….tapi sebernya sh,,,lagu jam yang pertama kali w dengerin itu yang sanpon michi,,,,sumpah keren abizzz th lagu….permainan melodi ribetnya takuya,,,top abizzzz……………………………………….!!!!!!
    karna jam bnyk musikus indonesia yng ngikutin gt,,,terutama soal vokal cewe yang suaranya kaya anak2x….tapi bnd itu ga berthn lama,,,,(jiplak se,,,,,) ~~~~~

    mudah-mudahan ga da yang jiplak jam lg….!!!!! and yang terakhir mudah-mudahan jam balik lg/////hehehehehe
    ———————————
    @syafik
    sori kalau komentarnya digabung, toh sama-sama dibikin di postingan JAM.
    Pernah dengar lagu Kissu no Ondo? Itu salah satu JAM yg kurang ngetop tp unik punya. Salah satu lagu fave-ku. bayangin aja, genre bossanova jg sampai dirambah sama JAM bua eksplorasi musik mereka.
    Kayaknya nggak bakalan balik tuh. soalnya mereka semua udah sibuk sendiri2. Paling cuma model Luna Sea yg gelar tur reuni tanpa ada maksud balik lg. itu pun kalau mau….:mrgreen:

  8. 9 rengga May 29, 2009 at 4:18 am

    Hehe.. kirain cuma aku yang suka koleksi lagu-lagunya JAM😀
    Kalo aku sih pertama kali denger malah Sanpomichi. Dulu pas lagi cari-cari MP3nya Mayumi Itsuwa buat nyokap eh malah nemu si JAM ini hehehe…

    Sampe sekarang sih memang lagu2nya masih enak banget didengerin. Bener kalo dibilang bisa nambah semangat🙂
    ————————————
    @rengga
    Seingatku banyak koq penggemar JAM di Indonesia, terutama semenjak Samurai X hadir di Indonesia

  9. 10 azie May 29, 2009 at 8:47 am

    gw suka ma samurai x, tapi kug susah ya cari propertyx yg lucu??
    n dptin klirik lgunya aja susah…
    bantu dunk distribusix di indonesia…khsusnya KALTIM
    —————————-
    @azie
    Ada yg bisa bantu?

  10. 11 kurararan August 8, 2009 at 3:41 am

    Wahhh.. Ternyata ada disisni toh, para JAM mania. kirim kirimlah lagu lagunya

  11. 12 bandengmentah August 15, 2009 at 2:17 pm

    Hi semuanya salam kenal,

    saya juga penggemar berat JAM kebetulan blog ini sedang membahas JAM, jadi saya mau nanya2, apakah diantara rekan2 penggemar JAM ada yang punya video Acoustic Live Zeep Tokyo, kalo ada dan tidak keberatan bolehkah berbagai video tersebut? atau mungkin kita bisa bertukar video JAM, saya punya beberapa diantaranya : Miracle Night Diving Tour 1996 (live), Warp Tour, Pop Life Suicide 2 (ebisu live), JAM All Clips.
    TERIMA KASIH
    —————————–
    @bandengmentah
    Lam kenal juga. video acoustic di Zeep Tokyo itu barang langka. Kalau pun ada, belum tentu ada yang mau tukeran sam barang JAM yang lain. Aku sendiri udah ngubek2 sana sini, tp blm pernah ketemu.

  12. 13 ic22qp October 7, 2009 at 11:38 am

    minta teu link download JAM yang live acustic…sukur2 format HD..terimakasih rekan2 pecinta JAM…!!

  13. 14 Lelo Ray October 13, 2009 at 4:47 pm

    Sy jga pnggemar Judy and Mary.Prtama kali dgr lagu Sobakasu di Samurai X yg easy listening,trus membekas di hati.Lagu plg sy gemar adalah Daydream! Best amat lagunya diambil dari debut album.Sy pikir lagu2 top Judy & Mary sprti Sobakasu,Daydream di compose oleh si bassist yg juga former Judy and Mary,Onda Yoshihito.Takuya mgkin part arrasmennya aja…

  14. 15 Ando-kun October 13, 2009 at 5:29 pm

    @Lelo Ray
    Memang Sobakasu, Daydream dan doki doki di ciptakan oleh Onda. Tapi tidak sesuai dgn pikiran anda karena kenyataannya, kebanyakan lagu-lagu ngetop JAM yang lain dibikin oleh Takuya seperti KYOTO, Lover Soul, Chiisana Korokara, Overdrive, Radio dan Irotori dori no sekai. Anda bisa cek sendiri seluruh komposisi dan penciptanya lewat album asli JAM yang anda miliki.

    Ingat, penulisan lirik sebagian besar dilakukan oleh Yuki termasuk lagu Sobakasu dan Daydream. Penulis lirik lainnya adalah duet Yuki/Takuya.

    Mengenai aransemen lagu kebanyakan dilakukan bersama oleh duet Takuya/Onda.

    O iya, Kohta memang jarang bikin lagu, tapi lagu terkenal Sanpomichi adalah lagu garapan Kohta (walau liriknya ditulis Yuki)

  15. 16 giru October 14, 2009 at 3:58 pm

    kalo setauku si di awal karirnya mayoritas lagu dibikin sama onda, cuma beberapa album belakangan baru didominasi ma takuya, cuma persisnya gimana ak juga kurang tau si^^

    anyway ak paling suka ma classic

  16. 17 Ando-kun October 14, 2009 at 5:14 pm

    @giru
    Seperti yang sudah diketahui, JAM didirikan berdasarkan proyek ngeband Onda dan Yuki. Wajar saja kalau di awal karir mereka konsep musik dan lagu2 ciptaan Onda dan Yuki mendominasi. 2 album awal yaitu JAM dan Orange Sunshine didominasi oleh karya Onda dengan lirik yang ditulis Yuki seorang. Dari 12 lagu dalam album JAM, Onda membuat 11 dan Yuki membuat 1 lagu (11 lirik lagu ditulis Yuki dan 1 lagu ditulis liriknya oleh Onda).

    Baru pada album kedua, Takuya mulai memasukkan karyanya sebanyak 4 biji. Kalau menurutku sih semacam proses adaptasi, krn Takuya adalah anggota terakhir yang bergabung dgn JAM, itu juga dalam posisi menggantikan gitaris pertama JAM Fujimoto yang keluar tahun 1993.

  17. 18 jojoPi January 12, 2010 at 1:05 pm

    waaa. suka bgt sm JAM
    awalny emang udah pernah denger sobakasu,tp wkt itu ga suka2 bgt
    tp hbs denger lagu Joy nya Yuki jd penasaran ama JAM n sampe skrg jd ngefans
    pengennya mereka reunited lagi
    lagu fave ku CHEESE PIZZA(apalagi video clipnya), MUSIC FIGHTER, SOBAKASU, ma SANPOMICHI

  18. 19 Ando-kun January 12, 2010 at 11:13 pm

    Kayaknya udah sulit buat JAM utk reuni.😦

  19. 20 KumaNyon February 7, 2010 at 7:05 pm

    gw juga penggemar JAM nih!!!

    btw, ada yang tau arti dari liriknya irotoridori no sekai??

    mantep banget liat YUKI nanyiinnya. . . .

  20. 22 pik_cute April 28, 2010 at 2:15 am

    tetep sukses slalu buat personil JAM (wlpun dah bubaran)
    _sobakasu no kazu o kazoete miru yogoreta nuigurumi daite mune wo sasu toge wa kienai kedo kaeruchan mo usagichan mo waratte kureru no_

    @pik_cute
    iya… semoga

  21. 24 ciskos August 18, 2011 at 5:39 am

    4 jempol buat judy and mary

  22. 25 iyus November 29, 2011 at 5:45 pm

    Doki doki….
    Lagu JAM yg pling MƠ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴̴͡ ♏♏♏ªªªªñÑñ†††ªªªªªPPPP …dn owee sngt suka itu..

  23. 26 EfLah June 8, 2012 at 10:49 pm

    Wah wah… Pera JAM mania minta terjemahan lirik sobakasu dong… Kliatannya asik nih kata2mohon bantuannya…🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: