Sanctuary – Serial sains-fiksi dari Kanada

Ide Cerita: Damian Kindler
Genre: Science-Fiction
Tayang TV perdana: Sci Fi Channel, 3 Oktober 2008
Pemain: Amanda Tapping, Robin Dunne, Emilie Ullerup, Ryan Robins, Christopher Heyerdahl

Kembali sebuah serial Kanada yang cukup menarik untuk dijadikan tontonan setelah sebelumnya saya telah membahas serial komedi Little Mosque on The Prairie. Kalau anda pernah menonton serial TV horor/misteri seperti Friday the 13th: The Series dan Poltergeist: Legacy yang masing-masing pernah diputar di TVRI dan AnTV, serial ini merupakan perpaduan tema antara keduanya. Kalau serial Friday the 13th: The Series mengetengahkan kisah pengumpulan barang-barang antik terkutuk, Sanctuary mengusung tema pengumpulan makhluk-makhluk tidak biasa (abnormal) kedalam tempat penampungan khusus yang diberi nama “Sanctuary for All” agar mereka tidak mengganggu komunitas manusia atau juga sebaliknya supaya masyarakat tidak mengganggu mereka (bagi yang berkelakuan baik). Hanya saja Sanctuary terdiri dari anggota-anggota dengan keahlian khusus dan melakukan pendekatan yang lebih kearah sains-fiksi seperti halnya dengan serial Kanada yang lain Poltergeist: Legacy.

Awalnya serial ini hanyalah merupakan webisode (serial yang ditayangkan lewat jaringan internet) hingga Sci Fi Channel yang melihat kesuksesan Sanctuary di jalur internet tertarik untuk melanjutkannya menjadi serial TV. Walaupun masih banyak kekurangan yang ditunjukkan, tetapi cerita yang dicoba untuk diangkat oleh penulis cerita lumayan menarik seperti legenda penyihir Inggris kuno Merlin dan Morgana le Fay, time traveler (mirip Hiro dari serial Heroes dari sisi negative), hingga sisi lain dari ilmuwan Nikola Tesla. Hanya saja serial ini memiliki kecenderungan untuk membosankan, jika tensi alur cerita tidak dijaga untuk tergarap dengan baik. Untuk ke 13 episode awal, sepertinya serial Sanctuary nggak jelek-jelek amat buat tontonan. Setelah episode pengenalan awal, mulai episode 7 (The Five) cerita mulai menegangkan.

Tokoh utama cerita:
Dr. Helen Magnus (Amanda Tapping). Salah seorang dokter wanita pertama Inggris yang lahir pada sekitar pertengahan abad 19. Diskriminasi gender pada abad 19 menyebabkan Helen sulit mendapatkan sertifikasi dokter walaupun hasil ujian menunjukkan kejeniusannya sehingga Helen meminta ayahnya Dr. Gregory Magnus yang juga seorang dokter dengan pendekatan keilmuan modern untuk mengajarinya secara langsung. Gregory Magnus akhirnya menyetujui untuk mendidik anaknya, hanya saja penelitian utama Gregory bukanlah penelitian biasa melainkan mempelajari makhluk-makhluk abnormal. Setelah kematian ayahnya, Helen melanjutkan usaha ayahnya hingga sekarang. Helen berumur 157 tahun dan tetap hidup hingga saat serial ini ditayangkan sebagai akibat dari pembuktian percobaan yang dilakukannya sendiri, yaitu menginjeksi diri sendiri dengan darah vampire yang dimurnikan. Helen yang lebih suka menyebut makhluk-makhluk tak biasa tersebut sebagai abnormal dari pada monster itu menganggap berhentinya penuaan umurnya adalah sebuah kutukan dari pada berkah.

Dr. Will Zimmerman (Robin Dunne). Anggota terbaru Sanctuary yang tadinya berprofesi sebagai psikiater forensik kepolisian sebelum direkrut oleh Helen untuk bekerja bagi Sanctuary untuk menolong pasien-pasien abnormalnya secara mental psikologis. Meski telah bekerja sebagai anggota Sanctuary, Will masih menyimpan perasaan skeptis tentang hal-hal yang menyimpang dari sains dan akal sehat walaupun secara perlahan mulai terbiasa menerimanya.

Ashley Magnus (Emilie Ullerup). Anak perempuan Helen dan John Druitt yang kelahirannya ditunda oleh Helen dengan membekukan janinnya. Ashley adalah agen lapangan dengan kemampuan mumpuni dalam hal memburu monster baik dengan senjata maupun tangan kosong dan tak segan-segan membunuh makhluk abnormal/monster (tidak seperti ibunya yang cenderung melindungi).

Henry Foss (Ryan Robins). Ahli desain senjata dan ilmuwan komputer yang bertugas menyuplai Ashley senjata dan alat-alat terbaru serta bertanggung jawab terhadap tetek bengek elektronik termasuk pertahanan dan perlindungan Sanctuary dari penyusup luar. Kakek dari kakeknya Henry adalah ahli senjata yang bekerja pada ayah Helen, Gregory Magnus. Henry Foss adalah werewolf yang pernah dirawat di Sanctuary for All.

Big Guy (Christopher Heyerdahl). Nama aslinya belum diketahui, tetapi Helen dan Will hingga saat ini selalu memanggilnya Big Guy. Pelayan, tukang masak, pengawal, hingga supir bagi Sanctuary. Tadinya merupakan pasien Helen yang menolak pergi setelah “disembuhkan”, sehingga Helen mengijinkannya tinggal dengan tugas seksi sibuk di bagian umum. Tampangnya yang berbulu mirip dengan Bigfoot atau Chewbacca tokoh Star Wars. Di situs resmi, nama panggilan sementaranya adalah Bigfoot.

John Druitt (juga diperankan Christopher Heyerdahl). Ayah biologis Ashley dan mantan tunangan Helen yang menguasai kemampuan teleportasi baik tempat maupun waktu yang menyebabkan dirinya mampu melakukan penjelajahan waktu. Sayangnya kemampuan teleportasi ini mengakibatkan otak John mengalami kerusakan sedikit demi sedikit setiap kali John melakukan teleportasi. Efek samping kerusakan otak ini menyebabkan John kehilangan rasa kemanusiaan dan peningkatan agresivitas untuk membunuh.

The Five. Kelompok lima ilmuwan jenius yang menyelidiki dan mempelajari makhluk abnormal dengan cara non-konvensional pada pertengahan abad 19. Helen Magnus, John Druitt dan tokoh ilmuwan sejarah asli Nikola Tesla juga termasuk anggota The Five. Salah satu percobaan yang dilakukan oleh The Five berdasarkan ide Helen Magnus adalah dengan menyuntikkan darah vampire yang dimurnikan akan memberikan kemampuan unik bagi yang disuntik. Seluruh anggota The Five disuntik dengan hasil kemampuan unik yang berbeda. Misalnya Helen dengan kemudaan dan keabadiannya, serta John Druitt dengan kemampuan teleportasinya. Anggota lainnya adalah James Watt, kepala Sanctuary Inggris.

3 Responses to “Sanctuary – Serial sains-fiksi dari Kanada”


  1. 1 Tigis December 20, 2008 at 1:26 am

    entah kenapa baca judulnya gue jadi inget poster pilem innersanctum yg menggiurkan ituh:mrgreen:

    ini serial produksi taon brapa sih pren. Ini makhluk2xnya lebih mirip ke MIB atau ke X-Men sih?

    @Tigis. Inner Sanctum yang Tanya Robert itu yah? Walah…..dikau mengingatkan masa-masa lampauku di Cisitu Baru😛

    Baca di bagian atas tuh info tayangan perdana, produksi 2008. Makhluknya macam-macam tapi lebih ke supranatural sih. yang biasa kayak werewolf, vampire atau yang jarang kayak penyihir (witch) dan folding-man (orang yg bisa ngelipat badannya dgn kelenturan yg kebablasan). Kalo pernah nonton stargate, kayaknya bakalan familiar sama beberapa makhluknya

  2. 2 Tigis December 22, 2008 at 10:46 pm

    oh 3 oktober ya. Wah berarti gress punya nih. N’tar deh coba gue tongton kalo uda masuk TV indonesia:mrgreen:

    @Tigis. Khas gaya Tigis, nyari gratisan:mrgreen:

  3. 3 Tigis December 22, 2008 at 10:48 pm

    btw, gambar di headernya asik nih pren.

    @Tigis. Thank You. Tengkyu juga buat orang yang punya gambar lalu gue embat buat headernya😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: