Tell No One – Film thriller ala Perancis

Judul asli: Ne le dis à personne.
Sutradara: Guillaume Canet.
Pemain: Francois Cluzet, Marie Josee-Croze, Marina Hands, Kristin Scott Thomas.
Genre: Drama Thriller.
Produksi: 2006.


Film Perancis ini menarik perhatian saya setelah masuk nominasi Cesar Award (Oscar perfilman Perancis) sebagai film terbaik 2007, walaupun akhirnya dikalahkan oleh film Lady Chatterley. Film drama thriller yang diangkat dari novel karya Harlan Coben disebut-sebut banyak orang lebih baik dari novelnya, bahkan Harlan Coben sendiri mengakui bahwa ending film lebih bagus daripada ending novelnya (saya sendiri belum pernah membacanya).

Cerita dimulai dari seorang dokter anak bernama Alexandre Beck yang kehilangan istrinya Margot akibat tewas dianiaya oleh pembunuh berantai delapan tahun yang lalu. Pembunuh berantai yang dimaksud hanya mengakui melakukan 7 pembunuhan saja, tidak termasuk kasus Margot. Setelah ditemukannya mayat 2 orang yang memiliki hubungan dengan kasus Margot, polisi mulai mencurigai Beck sebagai pelaku. Apalagi bukti-bukti baru yang ditemukan oleh polisi semuanya mengacu pada Beck. Pada saat yang sama Beck menerima e-mail anonim berisi link kamera pengawas yang memperlihatkan Margot yang terlihat masih hidup ditambah kata-kata “Jangan bilang siapa-siapa, mereka sedang mengawasi”.

Seperti kebanyakan film Perancis yang lain, Tell No One memulai cerita dengan lamban namun terarah dan misteri yang menjadi menu utama film benar-benar terjaga rapi hingga saat akhir. Jangan berharap thriller gaya Hollywood yang penuh aksi akan muncul di film ini, yang ada hanyalah jalur cerita rumit penuh misteri yang penyingkapannya dibuka secara perlahan dan teratur. Dengan gaya penceritaan demikian, wajar saja Guillaume Canet menyabet gelar sutradara tebaik Cesar Award 2007. Alexandre Beck yang depresi dengan kematian istri serta dituduh sebagai pelaku, dengan meyakinkan dimainkan oleh Francois Cluzet sehingga dia diganjar sebagai aktor terbaik Cesar Award 2007. Film ini juga didukung oleh Kristin Scott Thomas yang berperan sebagai Hélène, “suami lesbian” dari Anne adik perempuan Beck.

Bagi penggemar film thriller penuh misteri, film thriller ala Perancis ini jangan sampai terlewatkan. Film peraih 4 piala Cesar Award ini sendiri sukses dimata para kritikus dan para penonton, terbukti dari masuknya Tell No One sebagai film box office 2006 di Perancis dan mendapat review bagus dari para kritikus.

NB. Tampang Francois Cluzet mirip Dustin Hoffman. Mata saya yang salah atau emang benar mirip ya?

Rating: 4/5

2 Responses to “Tell No One – Film thriller ala Perancis”


  1. 1 Tigis October 3, 2008 at 8:42 am

    Hah, ada kristin scott thomas. di pilem dia keliatan cakep ya, tp koq kalo di foto koran biasa aja:mrgreen:

    dulu gue liat dia pertama di mission impossible ama english patient (entah mana yg duluan)

  2. 2 yusahrizal October 6, 2008 at 3:03 am

    Wajar dong. Foto koran khan “tidak bergerak”.
    Difilm ini dia cuma jadi aktris pembantu. Gue sebenarnya rada bingung bedain suami dan istri lesbian. Tapi peran si kristin kayaknya lebih agresif, mungkin dialah “si suami” itu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: