A Step into The Past

Judul: Xun Qin Ji
Produksi: 2001
Genre: Wuxia, drama, sejarah
Episodes: 40

Serial ini buatan TVB Hongkong tahun 2001, malah sempat ditayangkan ulang pada tahun 2005 dengan rating tinggi, tidak kalah dari tayangan perdananya pada tahun 2001. Dibuat berdasarkan novel Xun Qin Ji hasil karya Huang Yi (nama pena pengarang yang bernama asli Huang Zuciang) yang di kenal sebagai penulis cerita silat modern yang kadang menggabungkan unsur sejarah dengan science-fiction.

Ringkasan cerita
Cerita diawali dengan penggalian patung-patung terakota peninggalan dinasti Qin di kota Xian, yang secara mengejutkan dengan ditemukannya sebuah alat detektor modern bersama dengan patung-patung kuno tersebut. Cerita dilanjutkan dengan pengenalan tokoh utama Xiang Xiao Long (Louis Koo), seorang petugas anggota G4 (pasukan pengawal khusus kepolisian Hongkong) di abad 21, lebih suka hidup melajang, dengan pembawaan happy go lucky, punya pacar tetap tapi tidak ingin hidup terikat. Setelah berhasil melaksanakan tugas melindungi seorang konglomerat muda Li dengan sukses, Xiang Xiao Long yang lebih suka pacaran dari pada menikah, harus menghadapi kenyataan ditinggal pergi oleh pacarnya Xiao Qing yang menikah dengan pria lain.
Sementara itu konglomerat Li yang sedang mengadakan proyek akhir mesin waktu memberikan penawaran kepada Xiao Long untuk mengadakan perjalanan waktu ke masa lampau dengan iming-iming kalau proyek berjalan sukses, dia akan dikirim ke masa lampau untuk memperbaiki hubungannya dengan Xiao Qing. Xiao Long hanya ditugaskan untuk memotret prosesi pemahkotaan Ying Zheng (yang akan menjadi kaisar pertama Dinasti Qin Shi Huang) selama 30 menit di tahun 247 sebelum masehi.

Cerita sesungguhnya dimulai ketika mesin waktu yang digunakan Xiao Long mengalami Error dan menyebabkan Xiao Long terlempar ke waktu 3 tahun sebelum pemahkotaan Ying Zeng dan terdampar di daerah kerajaan Zhao yang notabene musuh kerajaan Qin. Dimasa ini selain Qin ada 6 kerajaan lain yang saling berperang satu sama lain, dan Ying Zheng yang berstatus putra mahkota kerajaan Qin masih berada dalam tawanan kerajaan Zhou. Terjebak dalam situasi yang rumit ini, mulailah Xiao Long berpetualang untuk mencari jalan pulang kembali ke masa depan. Dalam perjalanannya Xiao Long bertemu dan menjadi murid tak resmi pendekar pedang Mozhi, Yuan Zhong (Yuen Wah), kemudian bersahabat dengan pembunuh bayaran Shanrou (Joyce Tang); gadis manja putri bangsawan, Wu Tingfang (Jessica Hsuan); Putri raja Zhao, Qian (Michele Saram); Adik ipar Raja Zhao, Zhao Ya; menjadi guru putra Zhao Ya, Zhao Pan (Raymond Lam), mengangkat saudara dengan Teng Yi dan Jin Jun, juga bertemu dengan ilmuwan wanita Qing Qing yang mirip dengan kekasihnya dimasa depan Xiao Qing (dimainkan oleh artis yang sama Sonija Kwok). Dalam perjalanannya pula dia bertemu dengan banyak musuh seperti musuh bebuyutannya Lian Jin (Kwong Wah), bangsawan Zhao Mu (Waise Lee), dan perdana menteri Qin Lu Buwei (Kwok Fung)

Petualangan Xiao Long juga banyak bertemu dengan tokoh sejarah China yang dia ketahui melalui buku-buku sejarah, dan secara tidak langsung ikut mempengaruhi terbentuknya sejarah China, seperti merekomendasikan Li Si dan Wang Jian yang diketahui Xiang Long dalam sejarah akan berperan besar membantu kaisar Qin Shi Huang menaklukkan kerajaan lain.

Berbagai macam rintangan muncul menghalangi Xiao Long untuk kembali ka masa depan, dari batere detektor mesin waktu yang habis tenaganya, hingga horror yang paling menakutkan Xiao Long yaitu tewasnya Ying Zheng (dengan matinya Kaisar pertama dinasti Qin, berarti mengubah alur sejarah). Satu persatu rintangan yang menghadang dihadapi Xiao Long dengan pengetahuan yang didapatnya di abad 20-an. Siapa sih yang dapat mengalahkan orang yang mengetahui masa lampau dan masa depan?

Karakter penting dalam sejarah yang bertemu Xiao Long
Ying Zheng, raja Qin yang akan menaklukkan 6 kerajaan lain dan menjadi kaisar Qin pertama bergelar Qin Shi Huang. Semenjak kecil, Ying Zheng menjadi tawanan kerajaan Zhao. Merupakan kaisar yang terkenal dengan kekejamannya dalam kerja paksa membangun tembok raksasa, pembunuhan para sastrawan beserta pembakaran buku-buku pengetahuan.
Lu Buwei, Perdana menteri kerajaan Qin yang ambisius. Rumor mengatakan dia adalah ayah kandung Ying Zheng, karena ibu Ying Zheng merupakan selir Lu Buwei sebelum dihadiahkan ke raja Zhou.
Li Si, penasehat Ying Zheng yang membantu dinasti Qin menyatukan china dan memperkenalkan penyatuan sistem hitungan, timbangan, dan bahasa untuk seluruh china. Tewas dihukum mati di atas mesin penyiksa yang dirancang sendiri oleh Li Si untuk menyiksa musuhnya. Kematiannya diakibatkan trik rancangan Zhao Gao yang ingin menguasai kaisar kedua Qin Er Shi sendiri. Didalam serial ini, Xiao Long yang mengetahui posisi Li Si dalam sejarah, merekomendasikannya pada Ying Zheng.
Zhao Gao, Kasim yang setia pada Ying Zheng. Setelah kematian Qin Shi Huang, dia berkomplot dengan Li Si untuk menyingkirkan putra mahkota Fusu dan mengangkat putra kedua, Qin Er Shi menjadi kaisar Qin yang kedua. Qin Er Shi sendiri dipaksanya bunuh diri. Zhao Gao akhirnya mati dibunuh oleh anak Fusu, kaisar terakhir dinasti Qin, Ziying sebelum menyerah pada Liu Pang dan mengakhiri masa kekuasaan dinasti Qin. Ziying sendiri diserahkan Liu Pang kepada raja muda Chu, Xiang Yu yang kemudian membunuh Ziying.
Han Fei, seorang ilmuwan murid filsuf Xun Zi (pengikut Kong Hu Chu) yang memperkenalkan filosofi Legalisme bersama Li Si. Kematiannya tragis karena Li Si yang iri dengan kemampuannya menggunakan kekuasaannya untuk memaksa Han Fei ditangkap dan Han Fei akhirnya mati bunuh diri didalam penjara.
Zou Yan, ilmuwan ahli dibidang perbintangan dan filsuf yang memadukan prinsip lima unsur dan yin-yang. Didalam serial ini digambarkan sebagai ayah angkat Qing Qing.
– Zhu Ji, ibu Ying Zheng, yang merupakan selir raja Qin Zhuangxiang hadiah persembahan dari Lu Buwei. Zhu Ji merupakan selir Lu buwei sebelum dihadiahkan kepada raja Qin Zhuangxiang. Menjadi ibu suri setelah Ying Zheng naik tahta.
– Liao Ai, seorang aktor opera yang dekat dengan Zhu Ji dan berselingkuh dengannya. Menjadi jenderal karena rekomendasi ibu suri dan Lu Buwei. Didalam serial ini digambarkan sebagai ahli silat bertangan kidal.
Wang Jian, jenderal dinasti Qin yang memimpin pasukan untuk menaklukkan Handan (ibukota kerajaan Zhao). Salah satu dari 4 jenderal besar masa perperangan. Didalam serial ini, seperti Li Si, Xiao Long juga merekomendasikan Wang Jian kepada Ying Zheng berdasarkan pengetahuannya akan sejarah berdirinya dinasti Qin.
Li Mu, jenderal kerajaan Zhao yang tak terkalahkan sampai masa akhir kerajaan Zhao, sampai kaisar Qin Shi Huang sendiri menyatakan kekagumannya. Tewas setelah difitnah dan ditangkap kemudian dieksekusi mati atas perintah raja Zhao. Tewasnya Li Mu memudahkan kerajaan Qin menaklukkan kerajaan Zhao. Salah satu dari 4 jenderal besar masa perperangan. Didalam serial ini digambarkan sebagai kakek angkat Zhao Pan (murid Xiao long).
– Long Yang, bangsawan kerajaan Wei yang menurut rumor seorang wanita yang selalu menyamar menjadi pria. Ada pula yang berpendapat Long Yang sebagai lelaki homoseksual. Didalam serial ini digambarkan sebagai murid Zao Yan
Xiang Yu, raja muda Chu yang dijuluki sebagai sang penakluk. Walaupun seorang ahli tempur dan jendral perang nomor satu dijamannya, dengan kemampuan manajemen yang lemah, akhirnya dia kalah pengaruh dengan Liu Pang yang mendirikan dinasti Han.

Komentar Penulis
Serial ini mengadung banyak kelebihan yang jarang ditemukan diserial lain seperti thriller dan kejutan cerita, komedi yang diakibatkan perbedaan budaya modern yang dibawa Xiang Long dengan jaman baheula, trik-trik modern yang dipakai Xiang Long untuk mengatasi masalah, pemutar balikan sejarah (bagi yang baca sejarah asli, mungkin lebih menarik), belum lagi pernik-pernik kecil kehidupan sehari-hari seperti Xiao Long yang kehabisan bekal dijalan terpaksa harus cari kerja untuk mendapatkan uang, hingga tak lupa pula ending yang mengejutkan. Pendek kata, skenario dan jalan cerita adalah kekuatan utama serial silat ini.

Sedangkan kekurangan dari serial ini, banyaknya pengembangan karakter yang kurang kuat, terutama karakter pendukung. Beruntung sekali serial ini dibuat dari novel yang memiliki penceritaan tokoh yang kuat sehingga hal ini bisa ditutupi. Akting yang paling berkesan adalah Raymond Lam yang berperan sebagai Zhao Pan yang awalnya lugu dan manja berakhir menjadi orang yang dingin dan kejam Selain itu juga agak aneh kalau dipikir dengan logika, koq bisa-bisanya bahasa China masa sekarang dengan bahasa China 2000 tahun yang lalu sama pelafalannya dan dapat dipahami Xiang Long (walaupun digambarkan tulisan China 2000 tahun yang lalu berbeda dengan huruf China modern sehingga membuat Xiao Long menjadi orang pintar yang buta huruf).

Adegan fighting dalam serial ini tidak menggunakan banyak special effect berlebihan (malah sangat kurang untuk film yang dibuat pada tahun 2000-an) dan ilmu silat yang ditampilkan juga tidak berlebihan. Tidak ada tokoh yang punya ilmu meringankan tubuh yang dapat membuat orang terbang, juga tidak ada ilmu tenaga dalam yang menyebabkan efek seperti angin topan dan dan ledakan bom.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, secara keseluruhan, serial ini sangat mengesankan dan mungkin merupakan interpretasi novel Huang Yi yang terbaik. Dengan tema yang berbeda dengan cerita silat ortodoks seperti karya Jin Yong dan Liang Yusheng, membuat serial ini semakin menarik perhatian penonton dan memberikan tontonan yang berbeda pula.

Saran saya, supaya lebih menarik, sambil menonton serial ini, ada baiknya belajar sedikit sejarah awal berdirinya dinasti Qin. Selain mendapatkan totonan menarik, nggak rugi koq belajar sejarah.

Rating: 4.25/5

0 Responses to “A Step into The Past”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Ando-kun

I write all of my reviews and postings in this site with Bahasa Indonesia. You may use internet translator if you want to read my review in another language. Just bear in your mind if you want to write comments, I only understand Bahasa Indonesia, English, and Japanese.

Live Traffic


%d bloggers like this: